kampus pelayaran di Indonesia

10 Kampus Pelayaran di Indonesia Milik Kementerian Perhubungan, Semuanya Ikatan Dinas!

Kampus Pelayaran di Indonesia – Sebagai negara maritim, banyak sekali orang yang mengandalkan kelautan Indonesia, mulai dari nelayan yang mencari ikan sampai dengan pelayar yang mengarungi samudera. Karena tingginya minat masyarakat, di bidang pendidikannya pun sudah ada banyak pilihan jika kamu ingin mendalami untuk menjadi seorang pelayar. Mulai dari sekolah menengah kejuruan sampai dengan perguruan tinggi yang berfokus di pelayaran.

Kementerian Perhubungan juga memfasilitasi sekolah kedinasan pelayaran yang dinaungi oleh Kemenhub langsung. Apa saja pilihannya?

Kampus Pelayaran di Indonesia Milik Kemenhub

kampus pelayaran di Indonesia

Kementerian Perhubungan membuka banyak sekali perguruan tinggi kedinasan, yang terbagi untuk matra laut, darat dan udara. Untuk PTK di matra laut antara lain adalah:

1.    Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Makassar

Kampus pelayaran pertama adalah PIP Makassar yang menyediakan studi di jenjang Diploma 4, dengan pilihan program studi Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK). Lokasinya berada di Jl. Tentara Pelajar No.173, Malimongan Tua, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90165.

2.    Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Semarang

Masih dengan nama yang sama, kali ini ada PIP Semarang yang berlokasi di ibu kota Jawa Tengah. PIP Semarang ini membuka kuliah di jenjang Diploma 4 dengan program studi Nautika, Teknika, dan juga Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

3.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sorong

Untuk masyarakat Indonesia Timur, tersedia juga kampus pelayaran Poltekpel Sorong yang berfokus di bidang pelayaran dan kepelabuhan. Untuk jenjang studi yang disediakan adalah jenjang Diploma 4 dengan pilihan program studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

4.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sulawesi Utara

Selanjutnya ada Poltekpel Sulawesi Utara yang berlokasi di Jl. Trans Sulawesi KM.80 desa Tawaang kecamatan Tenga, Kec. Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara 95355. Jenjang studinya adalah Diploma III dengan pilihan program studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

5.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Banten

Kampus pelayaran yang berlokasi di bagian barat pulau Jawa ini membuka pendidikan untuk jenjang Diploma III dengan pilihan jurusan antara lain Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

6.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Barombong

Poltekpel Barombong berlokasi di Jl. Permandian Alam No.1, Barombong, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90225. Perguruan tinggi kedinasan ini membuka pendidikan di jenjang Diploma III dengan pilihan program studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

7.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Malahayati

Provinsi yang berada di ujung utara pulau Sumatera ini juga memiliki kampus pelayaran di bawah naungan Kemenhub, bernama Poltekpel Malahayati. Jenjang pendidikannya Diploma III, dengan pilihan program studi Nautika, Permesinan Kapal, dan juga Sistem Kelistrikan Kapal.

8.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sumatera Barat

Kemenhub juga membuka Politeknik Pelayaran yang berlokasi di Sumatera Barat. Untuk jenjang pendidikannya ada Diploma III dan Diploma IV, dengan jurusan: D3 Studi Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut.

9.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya

Untuk yang berlokasi di sekitar Surabaya, ada juga Poltekpel Surabaya yang banyak pilihan program studi antara lain: D4 Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal, D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal, D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal, D4 Transportasi Laut, D3 Elektro Pelayaran, D3 Nautika.

10. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP Jakarta

Untuk wilayah Jakarta juga sudah ada STIP Jakarta yang berwilayah di Jakarta Utara. Untuk jenjang pendidikan yang dibuka adalah Diploma 4 dengan pilihan jurusan Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Dari 10 pilihan kampus pelayaran di Indonesia yang dinaungi oleh Kementerian Perhubungan, kamu tertarik melanjutkan di kampus mana? Belum ada persiapan untuk ikut seleksi masuk kedinasan? Bimbel kedinasan Indonesia College siap memaksimalkan persiapan kamu. Kamu akan dapat materi lengkap akurat dengan pembelajaran aktif yang menyenangkan. Tersedia juga try out progresif mirip BKN. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

 

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.