jurusan meteorologi di Indonesia
Sumber: Sekretariat Kabinet

3 Universitas yang Buka Jurusan Meteorologi di Indonesia, Apa Prospek Kerjanya?

Jurusan Meteorologi di Indonesia – Kalau dilihat dari namanya, pasti banyak yang mengira jurusan ini akan mempelajari seputar meteor atau benda-benda luar angkasa lainnya. Tapi ternyata bukan, karena jurusan ini akan banyak mempelajari seputar iklim dan cuaca yang terjadi di Bumi.

Kalau kamu tipe orang yang mudah penasaran dengan cuaca, bagaimana bisa terjadi panas, hujan, salju, atau bahkan bertanya-tanya mengapa bisa terjadi perubahan cuaca, jurusan ini sangat cocok untuk menjawab rasa penasaran kamu. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar seputar atmosfer dan hidrosfer yang terkait dengan gejala alam cuaca, iklim dan daur hidrologi.

Universitas yang Buka Jurusan Meteorologi di Indonesia

Kehadiran ahli meteorologi sangat membantu manusia, terutama di bidang-bidang keilmuan lain. Contohnya bagi bidang arsitektur di seluruh penjuru dunia, karena para arsitek jadi bisa memperkirakan desain bangunan yang cocok dengan cuaca dan iklim lokasi pembangunan.

Ilmu meteorologi ini bisa memberikan penjelasan secara logis mengenai mengapa ada perubahan iklim, termasuk juga terjadinya bencana alam. Selain itu jurusan ini akan mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mengatasi dan meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut. Tertarik untuk mempelajari keilmuan ini? Berikut universitas yang menyediakan jurusan meteorologi di Indonesia:

1.    Institut Pertanian Bogor

Jurusan Meteorologi IPB ini diselenggarakan dalam program Sarjana, di Departemen Geofisika dan Meteorologi (GFM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan meteorologi IPB akan banyak mempelajari aplikasi ilmu meteorologi terapan untuk perencanaan pertanian, pengelolaan sumber daya alam, penanggulangan bencana, dan perlindungan lingkungan.

Baca juga: Segera Berakhir! Jangan Sampai Ketinggalan Seleksi Mandiri UNPAD 2024

2.    Institut Teknologi Bandung

ITB membuka jurusan Meteorologi di jenjang Sarjana (S1) di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian. Jurusan ini akan mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara. Selain itu, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memprediksi cuaca, dan ilmu-ilmu yang terkait.

3.    Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

STMKG merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jurusan meteorologi di sini dibuka dalam jenjang Diploma 4.

Jurusan ini mulai dibuka pada 2013 sejak berlakunya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pada Akademi Meteorologi dan Geofisika.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Meteorologi

Lulusan jurusan ini akan memiliki kompetensi memprediksi dan mengetahui bagaimana kecenderungan gejala-gejala cuaca dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia. Untuk prospek kerjanya antara lain:

1.    Instansi Pemerintahan

Lulusan jurusan ini akan banyak dibutuhkan, khususnya di badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, dan institusi sejenisnya. Kemampuannya dalam menganalisis cuaca dan membuat prakiraan cuaca akan sangat dibutuhkan. Profesi peneliti di LIPI dan RISTEK juga bisa jadi peluang.

2.    Dosen

Peluang lainnya, lulusannya bisa menjadi dosen Meteorologi di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Namun tentunya juga harus menempuh pendidikan lanjut untuk mendapat gelar Magister sebagai syarat rata-rata dosen.

3.    Pertanian

Peluang lainnya ada di bidang pertanian, yang ternyata sangat banyak membutuhkan ilmu meteorologi. Di bidang ini, lulusan meteorologi bisa menjadi analis.

4.    Industri

Sarjana Meteorologi juga berpeluang untuk menjadi ahli atau konsultan dalam membuat alat-alat yang terkait dengan bidang Meteorologi.

Prospek lainnya, lulusan jurusan ini bisa bekerja di lembaga penerbangan dan antariksa nasional, BRIN, bahkan perusahaan di sektor perkebunan dan agroindustri.

Demikianlah pembahasan seputar jurusan meteorologi di Indonesia, beserta dengan kampus dan prospek kerjanya. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk mendalami jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.