keuntungan menjadi Paskibraka

4 Keuntungan Menjadi Paskibraka HUT RI, Bisa Dapat Gaji Juga!

Keuntungan Menjadi Paskibraka – Setelah momen upacara HUT RI yang ke-79 kemarin, pasti para pasukan pengibar bendera pusaka baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Untuk tingkat Nasional kemarin pembawa baki Bendera Merah Putih adalah Livenia Evelyn Kurniawan yang juga menjadi pembawa baki pertama di upacara perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Livenia ini merupakan siswa dari SMA Katolik Santo Pransiskus, yang berhasil lolos seleksi Paskibraka Nasional sebagai pembawa baki. Setiap tahunnya pembawa baki selalu menjadi sorotan, yang juga mewakili pasukan Paskibraka lainnya. Nah pasti banyak yang penasaran kan, selain mendapatkan kebanggaan, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan sebagai Paskibraka?

3 Keuntungan Menjadi Paskibraka HUT RI

Sumber: Sekretariat Negara

Menjadi Paskibraka bukan suatu hal yang mudah yang bisa diikuti oleh semua orang. Banyak tahapan seleksi yang harus dilewati, setiap peserta juga harus mengorbankan jam belajar di sekolah untuk ikut tahapan seleksi. Lalu apa yang bisa didapatkan setelah berhasil menjadi Paskibraka?

1.    Mengharumkan Nama Sekolah dan Nama Keluarga

Keuntungan pertama tentunya adalah kebanggaan karena bisa mengharumkan nama sekolah dan nama keluarga. Anggota Paskibraka akan menjalani seleksi dari seleksi paling awal, dengan ribuan peserta dari berbagai sekolah. Mulai dari bersaing dengan teman-teman satu sekolah, satu kecamatan, satu kabupaten/kota, provinsi kemudian bisa sampai di tingkat nasional.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta 2024, Kampus Impianmu Masuk Daftar?

2.    Honor

Anggota Paskibraka akan mendapatkan honor atau gaji dari tugasnya dalam upacara peringatan HUT RI, sesuai dengan standar biaya dari Menteri Keuangan. Besaran gaji atau honor anggota Paskibraka akan didasarkan pada tempat latihan dan tugasnya. Contohnya bagi yang menjalani pelatihan di Cibubur, Jawa Barat akan mendapatkan gaji atau honor mengikuti standar biaya di provinsi tersebut yaitu Rp 150.000 per harinya.

Sedangkan untuk yang menjalani pelatihan di Lemhanas RI Jakarta, per harinya akan mendapat Rp 180.000. dan penggajian ini akan terhitung sejak mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan. Jika ditotalkan dari dasar penggajian tersebut, untuk satu bulannya setiap anggota bisa mendapatkan Rp 4.470.000. Namun untuk pastinya belum diumumkan untuk tahun 2024 ini.

Untuk honor Paskibraka tahun 2023 adalah:

  • Gaji Paskibraka Nasional 2023: Rp 3.000.000 – Rp 10.000.000
  • Gaji Paskibraka Provinsi 2023: Rp 1.500.000
  • Gaji Paskibraka Kabupaten/Kota 2023: Rp 500.000 – Rp 1.500.000.

3.    Dana Apresiasi

Keuntungan kedua adalah mendapatkan dana apresiasi atau dana tambahan dari perusahaan BUMN. Setidaknya ada 12 perusahaan yang memberikan apresiasi kepada para anggota Paskibraka Nasional untuk tahun 2023 kemarin, dan 9 perusahaan di antaranya akan memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk.

“Perusahaan akan memberikan dana langsung seperti Bank Mandiri, BRI, dan Pegadaian. Selain itu, ada asuransi, emas batangan, tabungan, e-money, dan dari Telkomsel berupa alat komunikasi bernama Orbit,” ucap Kepala Subdirektorat Pengendalian III BPIP Kenny Tawarnate.

Jika diperkirakan, masing-masing anggota Paskibraka Nasional akan mendapatkan gaji/honor dan dana apresiasi total sebesar Rp 20 juta.

Baca juga: Cara Cek Formasi CPNS 2024 di SSCASN dan Link Alternatif Lain

4.    Sertifikat

Keuntungan lainnya, setiap anggota akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa pernah menjadi bagian dari Paskibraka di HUT RI. Sertifikat ini akan sangat bermanfaat dan bisa digunakan dalam keperluan pendaftaran ke jenjang pendidikan selanjutnya, melamar pekerjaan dan sebagai bentuk apresiasi dan dedikasi serta kedisiplinan. Bahkan anggota Paskibraka ini berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan.

Jadi itu dia keuntungan menjadi Paskibraka baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan juga Nasional. Bagaimana, sangat memotivasi bukan?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.