universitas jurusan perkeretaapian

5 Daftar Universitas Jurusan Perkeretaapian, Ada Kampus Negeri, Swasta Sampai Kedinasan!

Universitas Jurusan Perkeretaapian – Memiliki impian untuk bisa berkarir di dunia perkeretaapian setelah lulus nanti? Peluang kamu bisa lebih besar untuk terwujud dengan mengambil jurusan kuliah yang relevan. Bidang perkeretaapian juga tidak selalu tentang menjadi Masinis, karena ada banyak aspek lain yang dibutuhkan untuk keberlangsungan bidang perkeretaapian ini.

Jadi kamu bisa memikirkan dulu ingin berkontribusi menjadi Masinis atau aspek lain di bidang perkeretaapian ini. Nantinya kamu bisa melanjutkan pendidikan di kampus-kampus yang membuka jurusan perkeretaapian. Apa saja kampusnya?

5 Daftar Universitas Jurusan Perkeretaapian

universitas jurusan perkeretaapian

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dengan jurusan di bidang perkeretaapian, berikut 5 pilihan kampus ternama di Indonesia yang bisa kamu pilih:

1.    ITERA

Perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di kota Bandar Lampung menyediakan program studi Teknik Perkeretaapian. Prodi ini sudah resmi dibuka sejak 5 Agustus 2020 dengan tujuan sebagai upaya untuk mendukung usaha pemerintah yang ingin menjadikan kereta api sebagai transportasi yang bisa melayani seluruh wilayah di pulau Sumatera.

Program studi ini menekankan bidang manajemen, sistem operasi, prasarana dan mekanik dalam perkuliahannya. Setiap mahasiswanya akan dibebankan sebanyak 144 SKS yang bisa ditempuh dalam waktu 8 semester.

Karena perkeretaapian di Indonesia masih terbilang belum maksimal secara operasionalnya jadi ilmu teknik perkeretaapian ini jadi ilmu dinamis yang tentunya akan berkembang sangat cepat, yang membuat materi pembelajarannya pun harus diperbarui menyesuaikan kemajuan dan perkembangan perkeretaapian di masa depan.

Contohnya Sistem Signaling Kereta Api, Elektronik untuk Sistem Kereta Api, Mekanik Sistem Kereta Api, Desain dan Analisis Kendaraan dan Komponen Kereta Api, Perencanaan dan Manajemen Proyek Investasi Kereta Api, Pengoperasian Sistem Transportasi Kereta Api Urban.

Baca juga: Gratis! Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Dibiayai Negara Sampai Lulus

2.    Universitas Pancasila

Kedua ada universitas swasta satu-satunya yang sudah membuka program studi Teknik Perkeretaapian di Indonesia. Prodi ini sudah di jenjang Sarjana dan sudah mendapatkan predikat Baik, dengan tujuan sebagai pembuktian kepada masyarakat bahwa fakultas Teknik Universitas Pancasila serius dan mau berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional di bidangnya.

3.    Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Setelah PTN dan PTS, ada sekolah kedinasan yang secara spesifik berfokus di perkeretaapian.  Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, dengan 4 pilihan program studi bidang perkeretaapian yang ada di jenjang Vokasi, di antaranya:

  • DIII Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
  • DIII Teknologi Elektro Perkeretaapian
  • DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • DIII Teknologi Mekanika Perkeretaapian

4.    PTDI-STTD

PTDI STTD juga merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, yang turut andil dalam memberikan pendidikan di aspek perkeretaapian. Sekolah kedinasan ini sendiri berfokus di transportasi darat, yang menyediakan pendidikan di program vokasi dan magister. Berikut pilihan-pilihan jurusannya:

  • D-IV Transportasi Darat
  • D-III Manajemen Transportasi Jalan
  • D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif
  • S2 Pemasaran, Inovasi, Dan Teknologi
  • S2 Teknik Keselamatan Dan Resiko

5.    Politeknik Negeri Madiun

Pilihan terakhir adalah Politeknik Negeri Madiun yang juga menyediakan jurusan di bidang perkeretaapian yang sudah dibuka sejak 2018 lalu. Jurusan tersebut adalah Teknik Perkeretaapian dengan jenjang Diploma IV (D4) atau Sarjana Terapan. Untuk beberapa mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswanya di jurusan ini antara lain:

  • Infrastruktur Perkeretaapian
  • Konstruksi Kereta Api
  • Analisis Rangkaian Listrik
  • Elektronika Digital
  • Sistem Daya Listrik Kereta Api

Jadi itu dia daftar universitas jurusan perkeretaapian yang bisa jadi pilihan kamu. Bingung harus mempersiapkan belajar apa untuk seleksi masuknya? Bimbel Indonesia College sangat recommended untuk jadi pilihan kamu. Kamu akan dapat materi lengkap prediktif yang mirip aslinya, dengan try out progresif untuk memantau perkembangan kemampuan kamu. Jangan sampai ketinggalan, cek informasi selengkapnya di sini dan dapatkan harga spesialnya!

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.