Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna
Sumber: https://www.itokindo.org/

54 Daftar Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna, Awas Ada Jurusan Impian Kamu!

Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna – Di dunia perkuliahan saat ini sudah ada banyak sekali pilihan jurusan, dan pada saat seleksi masuknya setiap jurusan akan menerapkan persyaratannya masing-masing. Salah satunya adalah persyaratan bebas buta warna. Buta warna merupakan suatu kondisi gangguan penglihatan di mana seseorang tidak bisa membedakan warna-warna tertentu. Nah, jurusan apa saja yang tidak boleh buta warna?

Persyaratan Bebas Buta Warna

Ada 2 macam buta warna, yaitu buta warna parsial dan buta warna total. Buta warna parsial ini adalah ketika seseorang mengalami kesulitan untuk membedakan warna-warna tertentu, namun tidak sepenuhnya kehilangan kemampuan untuk melihat semua warna. Buta warna parsial ini bisa juga disebut sebagai Diskromatopsia.

Sedangkan seseorang yang mengalami buta warna total tidak bisa membedakan warna sama sekali. Sebagian besar penderita buta warna total hanya bisa melihat warna putih, abu-abu dan hitam saja.

Lalu kenapa dalam perkuliahan ada persyaratan bebas buta warna? Jurusan perkuliahan yang dipilih kebanyakan akan menentukan karier ke depannya. Rata-rata jurusan yang memberikan ketentuan bebas buta warna ini nantinya memiliki prospek karier yang berkaitan dengan keselamatan diri maupun orang lain.

Selain itu di beberapa jurusan yang akan sering dihadapkan dengan warna-warna yang beragam tentunya akan menyulitkan mahasiswa yang mengalami buta warna dalam belajarnya. Contohnya di jurusan kedokteran, mahasiswa dengan kondisi buta warna akan mengalami kesulitan dalam memilih obat atau saat harus melakukan operasi bedah, pasti akan sangat membahayakan pasien nantinya.

Calon mahasiswa nantinya harus melampirkan surat keterangan bebas buta warna apabila jurusan yang dipilih menerapkan ketentuan tersebut. Surat keterangan ini harus dikeluarkan dan ditandatangani oleh dokter spesialis mata, yang artinya calon mahasiswa harus memeriksakan diri di rumah sakit, klinik maupun di puskesmas terdekat.

Baca juga: Mau Belajar yang Beda? Ini 10 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna

Dari sekian banyaknya pilihan jurusan di perkuliahan, ada sebagian di antaranya yang menerapkan persyaratan bebas buta warna baik total maupun parsial. Berikut beberapa jurusan yang tidak boleh buta warna total maupun parsial:

  1. Agroekoteknologi
  2. Teknik Sipil
  3. Teknik Elektro
  4. Arsitektur
  5. Teknik Industri
  6. Teknik Kimia
  7. Kedokteran
  8. Ilmu Keperawatan
  9. Ilmu Gizi
  10. Farmasi
  11. Kebidanan
  12. Teknologi Hasil Perikanan
  13. Kimia
  14. Biologi
  15. Instrumentasi
  16. Kedokteran Hewan
  17. Kedokteran Gigi
  18. Teknik Komputer
  19. Ilmu Perpustakaan
  20. Budidaya Perairan
  21. Akuakultur
  22. Ilmu Kelautan
  23. Manajemen Sumber Daya Perikanan
  24. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
  25. Seni Rupa Murni
  26. Fisioterapi
  27. Okupasi Terapi
  28. Geografi
  29. Matematika
  30. Arsitektur Interior
  31. Teknik Metalurgi dan Material
  32. Teknik Perkapalan
  33. Kesehatan Masyarakat
  34. Studi Gizi
  35. Ilmu Tanah
  36. Penyuluhan Pertanian
  37. Ilmu Biomedis
  38. Teknologi Hasil Pertanian
  39. Sistem Komputer

Jurusan yang Boleh Buta Warna Parsial

Namun selain itu ada juga beberapa jurusan kuliah yang masih membolehkan mahasiswa dengan kondisi buta warna parsial atau sebagian. Jurusan-jurusan tersebut di antaranya:

  1. Teknik Pengairan
  2. Perencanaan Wilayah dan Kota
  3. Ilmu dan Teknologi Pangan
  4. Bioteknologi
  5. Keteknikan Pertanian
  6. Teknologi Industri Pertanian
  7. Teknik Informatika
  8. Teknologi Informasi
  9. Agrobisnis Perikanan
  10. Sosial Ekonomi Perikanan
  11. Teknologi Bioproses
  12. Sistem Informasi
  13. Teknik Geofisika
  14. Fisika
  15. Ilmu Kelautan

Namun biasanya setiap perguruan tinggi akan menerapkan ketentuan yang berbeda-beda, jadi ketika kamu ingin masuk di salah satu kampus silakan perhatikan lagi ketentuannya untuk masing-masing jurusan.

Demikianlah jurusan-jurusan yang tidak boleh buta warna di perkuliahan. Bagi kamu yang memiliki kondisi ini, pastikan untuk mencari tahu persyaratan selengkapnya untuk jurusan yang akan kamu pilih. Jangan berkecil hati, ya!

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.