ptn yang bebas uang pangkal

Terbebani dengan Uang Pangkal? Ini Daftar 6 PTN yang Bebas Uang Pangkal

PTN yang Bebas Uang Pangkal – Setelah SNBP dan SNBT selesai, sekarang pendaftaran kuliah jalur mandiri sedang berlangsung, dan bahkan sebagian sudah mulai berakhir. Yang menjadi pembeda jalur mandiri dengan jalur pendaftaran lainnya, biasanya terletak di biaya kuliahnya.

Sistem uang pangkal dalam perkuliahan hampir selalu berlaku di semua perguruan tinggi negeri di Indonesia. Uang pangkal sendiri merupakan biaya pembangunan yang rata-rata berlaku untuk mahasiswa yang mendaftar lewat jalur mandiri.

Pembayarannya biasanya akan dilakukan hanya satu kali dalam masa perkuliahan, atau bisa juga dibayarkan sebelum perkuliahan dimulai. Namun ada juga beberapa kampus yang tidak memungut uang pangkal.

PTN yang Bebas Uang Pangkal

Berikut beberapa kampus yang tidak menerapkan uang pangkal untuk mahasiswanya di jalur mandiri:

1.    Universitas Indonesia (UI)

Jalur mandiri Universitas Indonesia yakni SIMAK UI, membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa yang mendaftar di jalur seleksi mandiri.  Mahasiswa jalur mandiri UI akan dikenakan biaya kuliah sama dengan mahasiswa dari jalur seleksi nasional, baik SNBP maupun SNBT. Yang menjadi  pembeda antara mahasiswa jalur seleksi nasional dengan jalur mandiri, terletak pada biaya pendaftaran SIMAK UI.

Namun tidak semua jurusan atau golongan bisa terbebas dari uang pangkal. Sementara uang pangkal UI menggunakan istilah IPI, yang merupakan komponen biaya bagi mahasiswa yang diterima jalur mandiri (SIMAK UI). Besaran biayanya berdasarkan prinsip kewajaran, proporsional, dan berkeadilan, dengan memperhatikan kemampuan ekonomi mahasiswa dan orang tua/penanggung biaya pendidikan mahasiswa.

2.    Universitas Gadjah Mada (UGM)

Terdapat sistem yang diterapkan oleh UGM untuk jalur mandiri, yakni Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU). Tidak semua mahasiswa yang lolos dari jalur mandiri akan dikenakan biaya SSPU, karena SSPU ini merupakan presentase solidaritas dari keluarga mahasiswa yang lebih mampu secara finansial untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Sistem ini tentunya sangat membantu mahasiswa yang kurang beruntung dalam ekonomi untuk bisa berkuliah di UGM dengan UKT gratis.

3.    Universitas Sriwijaya (Unsri)

PTN yang berada di Palembang, Sumatera Selatan ini juga tidak menerapkan uang pangkal untuk jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB). Namun untuk mahasiswa jurusan kedokteran tetap membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 200juta, biaya Preklinik sebesar Rp 30juta per semester dan biaya klinik sebesar Rp 45juta per semesternya.

Baca juga: Masih Dibuka! Ini Jadwal, Daya Tampung SIMAK UI 2024 dan Tata Cara Pendaftarannya

4.    Universitas Terbuka (UT)

Selanjutnya ada UT yang merupakan PTN terbesar di Indonesia. Mahasiswa yang lolos jalur mandiri tidak dibebani uang pangkal, karena sistem perkuliahannya dilakukan secara online atau jarak jauh. Sistem pembayaran UT menggunakan Sistem Paket Semester (SIPAS) yang terintegrasi dengan materi kuliah. Ada juga sistem Non-SIPAS yang mana mahasiswanya membayar sesuai materi kuliah yang dipilih secara mandiri.

5.    Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS membebankan mahasiswa yang lolos seleksi jalur prestasi dengan biaya uang pangkal di jalur mandiri. Sementara untuk Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) tidak dikenakan biaya, begitu juga untuk program studi yang sudah terakreditasi A atau Unggul dapat didaftar oleh mahasiswa yang terdaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

6.    Seluruh Kampus PTKIN

Selain PTN, kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) juga tidak menerapkan uang pangkal untuk mahasiswa yang lolos jalur mandiri. Ketetapan ini diberlakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Agama 2023, bahwa PTKIN dilarang memungut uang pangkal. Kampus-kampus yang tidak membebani uang pangkal antara lain: Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Demikianlah 6 PTN yang bebas uang pangkal yang di dalamnya termasuk ada PTKIN. Jadi bagaimana, tertarik untuk masuk kampus yang mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.