jurusan kuliah film

6 Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Kuliah Film di Indonesia

Jurusan Kuliah Film – Kamu suka menonton film dan ingin mendalami dunia perfilman? Perfilman ini memang tidak akan ada habisnya, bahkan setiap harinya banyak perusahaan perfilman yang berkompetisi untuk menghasilkan karya-karya baru. Dunia perfilman di Indonesia juga semakin berkembang baik, yang menandakan jurusan ini memiliki prospek menjanjikan di masa depan.

Lulusan jurusan ini akan memiliki prospek karir menjadi sutradara, penulis naskah, produser, editor, sinematografer, kritikus film, dan lain-lain.

Kampus dengan Jurusan Kuliah Film

jurusan kuliah film

Untuk mendalami dunia perfilman, ada beberapa pilihan kampus dengan jurusan kuliah perfilman yang bisa kamu ambil, di antaranya:

1.    Institut Kesenian Jakarta

Kampus ini memiliki fakultas film dan televisi, mahasiswanya akan belajar tentang produksi film, program televisi dan karya fotografi dan juga pengembangannya. Selain itu akan dibekali prinsip-prinsip teknis dan teori produksi film, program televisi, animasi dan karya fotografi yang disesuaikan dengan perkembangan teori, teknologi dan industri.

Sebagai kampus yang berfokus di bidang kesenian, mahasiswanya akan ditempa secara maksimal untuk menjadi pribadi yang profesional di bidang kesenian perfilman.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Kampus Sebelum Tahu Perguruan Tinggi Negeri Jurusan Hukum Terbaik Ini!

2.    Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Kampus ini memiliki program studi Film dan Televisi, yang berada di fakultas Seni Media Rekam. Kampus ini cukup terkenal di Yogyakarta, bahkan di Indonesia, karena terkenal dengan jurusan Seni Rupanya.

Di program studi film dan televisi ISI Yogyakarta, kamu akan diajarkan pengetahuan seputar perfilman, mulai dari manajemen produksi televisi sampai dengan editing elektronik. Untuk fasilitas penunjang pendidikannya pun sudah sangat unggul, ada studio standar penyiaran, peralatan tata cahaya untuk produksi televisi dan lainnya.

3.    Universitas Bina Nusantara

Kampus ini jadi salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia. Kampus ini sudah membuka jurusan perfilman sejak tahun 2010 lalu, dan sekarang ini sudah berakreditasi A dari BAN-PT. Program Studi Film di Binus menggabungkan penggunaan teknologi terbaru dengan pengetahuan serta estetika berstandar tinggi supaya bisa bersaing secara global khususnya di Asia Tenggara. Pembelajarannya pun menarik, contohnya memproduksi Film pendek, pembangunan set Film, menganalisa dan mengkritisi Film.

4.    Institut Seni Indonesia Surakarta

ISI Surakarta juga menyediakan jurusan perfilman, dengan nama jurusan Film dan Televisi. Kampus ISI Surakarta lokasinya berada di kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat. Mahasiswa jurusan ini akan didedikasikan untuk menjadi insan di bidang perfilman dan pertelevisian yang profesional, berwawasan budaya Nusantara, berintegritas, memiliki etos kerja tinggi, mampu bekerja baik di lingkungan industri film dan televisi, maupun di lembaga lain yang memiliki unit audio visual, lembaga riset media, instansi pemerintahan di bidang diseminasi informasi, maupun mandiri.

5.    Universitas Padjajaran

Program studi perfilman yang dibuka Universitas Padjadjaran adalah bernama Prodi Televisi dan Film, yang dibuka di fakultas Ilmu Komunikasi. Unpad sendiri memang bukan kampus yang bergerak di bidang seni, namun untuk program studi Televisi dan Film ini sudah berhasil mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

Untuk mata kuliah yang akan dipelajari antara lain: Penulisan Skenario, Produksi Program TV, Tata Artistik dan Estetika, Kajian Film, Produksi Film, Audio Visual, Fotografi, Dasar-Dasar Penulisan Naskah, Komunikasi Visual, Penyutradaraan dan banyak lagi lainnya.

6.    Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung

ISBI Bandung sebagai universitas di bidang kesenian dan budaya, juga membuka jurusan perfilman bernama Televisi dan Film yang tergabung dalam Fakultas Budaya dan Media. Nantinya selama perkuliahan, kamu akan mempelajari dan mengembangkan program berbasis kultural atau film dokumenter.

Jadi dari 6 rekomendasi kampus dengan jurusan kuliah film tadi, kamu tertarik untuk masuk di jurusan dan kampus mana? Mau persiapan lebih matang untuk ikut SNBT dan seleksi mandiri? Bimbel PTN Indonesia College siap menambah kemampuan kamu agar siap ikut seleksi masuk PTN impian. Ada fasilitas modul dan materi super lengkap, try out progresif yang mirip BKN dan gratis konsultasi & pendampingan. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.