tips lolos CPNS

7 Tips Lolos CPNS Ampuh yang Harus Kamu Terapkan

Tips Lolos CPNS – Pembukaan seleksi CPNS sudah dimulai pada 20 Agustus kemarin. Pasti semuanya menaruh harapan besar untuk bisa lolos di semua tahapan seleksi CPNS kali ini. Namun seleksi CPNS dibuka serentak dengan persaingan yang sangat ketat, yakni dengan kandidat dari berbagai wilayah di Indonesia. Maka dari itu kamu yang sangat berharap untuk lolos CPNS ini bisa mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Kamu juga bisa menerapkan beberapa tips lolos CPNS 2024 di bawah ini.

Rangkaian Tips Lolos CPNS 2024

Dalam seleksi CPNS setiap tahunnya, banyak sekali peserta yang ikut seleksi, dan banyak juga yang akan gugur dalam seleksi yang sangat ketat. Nah, berikut ada tips-tips untuk bisa lolos CPNS yang bisa kamu terapkan:

1.    Buat Jadwal Belajar Rutin

Tidak sedikit orang yang ingin lolos CPNS namun merasa malas sekali untuk belajar. Padahal semua peserta yang lolos seleksi administrasi harus mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes SKD dan SKB untuk mengerjakan soal-soal. Tentunya soal yang diujikan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, dan belajar jadi cara yang ampuh untuk bisa menguasai soal-soal yang diujikan.

Jadi kamu bisa mulai meluangkan waktu untuk belajar, usahakan belajar jauh-jauh hari sebelum waktu tes.

Baca juga: Apa Itu SKS dalam Dunia Perkuliahan? Ini Penjelasannya

2.    Rajin Latihan Soal-Soal Tes

Cara belajar paling ampuh adalah dengan latihan soal-soal. Kamu bisa mencari soal-soal tahun sebelumnya melalui internet, buku-buku, atau juga aplikasi yang sudah banyak menyediakan soal CPNS, karena biasanya soal tidak akan berbeda jauh. Cobalah untuk mengerjakannya secara rutin, sampai kamu paham tipe-tipe soalnya.

Semakin sering mengerjakan, kamu juga mungkin akan bisa menemukan strategi tepat dan cepat untuk mengerjakannya. Mengingat tes CPNS pasti akan menerapkan batas waktu pengerjaan.

3.    Ikut Bimbingan Belajar

Belajar sendiri sering kali membuat orang merasa malas dan menunda-nunda, dan berakhir tidak belajar. Jika seperti ini, solusi paling ampuh adalah mengikuti bimbel atau kelompok belajar supaya kamu bisa belajar terstruktur dan teratur.

Kamu juga akan belajar bersama teman-teman lain yang membuat semangat juang kamu lebih tinggi, karena memiliki teman seperjuangan. Bimbel CPNS juga sudah banyak yang menyediakan kelas tatap muka maupun online seperti di Indonesia College yang tentu memiliki kualitas yang sama baiknya.

4.    Update Informasi Seputar CPNS

Sebagai pejuang ASN, kamu juga harus selalu update akan informasi seputar CPNS, entah itu jadwal, formasi, persyaratan maupun informasi lainnya yang harus kamu ketahui. Hal ini berguna supaya kamu tidak salah informasi yang membuat kamu lebih mudah gugur.

5.    Pahami Lokasi Tes

Kalau kamu sudah lolos administrasi dan lanjut ke tahap selanjutnya yakni tes SKD, kamu harus memperhatikan betul-betul akan lokasi tesnya. Tidak semua peserta akan mengerjakan tes di satu lokasi yang sama, maka dari itu jangan sampai salah datang. Kamu juga wajib datang lebih awal, supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6.    Perhatikan Waktu Pengerjaan

Sewaktu latihan, kamu mungkin akan mengerjakan soal-soal dengan santai. Namun wajib diingat, bahwa saat tes waktu pengerjaan sangat penting diperhatikan. Soal-soal SKD akan berjumlah 110 soal dan waktu pengerjaannya hanya 100 menit saja. Jadi pastikan kamu mengerjakan soal-soal yang menurutmu mudah terlebih dulu supaya tidak membuang-buang waktu di satu soal yang susah.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta 2024, Kampus Impianmu Masuk Daftar?

7.    Rutin Ikut Simulasi atau Try Out

Belajar dengan sering mengikuti try out juga bisa membuat kamu semakin mantap untuk mengikuti tes CPNS. Try out ini biasanya banyak diselenggarakan di akun-akun besar di media sosial. Kamu juga bisa mengukur kemampuan kamu dengan mengetahui skor akhir.

Jadi apakah kamu sudah menerapkan tips-tips ini? Yuk maksimalkan persiapanmu dengan bimbel CPNS Indonesia College sekarang! Kamu akan belajar soal-soal prediktif dan akan ada try out progresif yang mirip BKN. Segera ambil kesempatan ini dengan harga spesial dengan menghubungi CS kami di sini!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.