Pendaftaran Sekolah Kedinasan – Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022 sudah dibuka. Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka pada 9 sampai 30 April 2022. Bagi kamu yang ingin mendaftar sekolah kedinasan, kamu hanya bisa memilih satu Sekolah Kedinasan saja.
Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Setiap tahun, sekolah kedinasan memang banyak peminatnya. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan studi di sekolah kedinasan, Simak Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Di sini!
Hal-hal yang Harus Disiapkan
Peserta wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan, dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut antara lain:
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk
- Ijazah
- Rapor SMA/Sederajat
- Pas Foto
- Dokumen Lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.
Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022
- Peserta harus masuk ke portal SSCASN di laman https://sscasn.bkn.go.id
- Peserta memilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di laman https://dikdin.bkn.go.id
- Peserta melakukan login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
- Peserta melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian. Perlu diingat, peserta hanya dapat melamar satu Sekolah Kedinasan saja.
- Peserta memasukkan Nilai.
- Peserta melengkapi Biodata.
- Peserta mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan.
- Peserta mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (resume).
- Peserta mengklik “Kirim”. Data yang telah dikirim tidak dapat diubah.
- Peserta mengecek hasil verifikasi.
- Peserta yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode pembayaran tes seleksi. Aturan pembayaran silakan cek di website instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih.
- Peserta yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian.
- Peserta mengikuti tahapan tes seleksi.
- Peserta mengecek hasil kelulusan tes seleksi.
- Peserta yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap memghubungi instansi atau Sekolah Kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.
Baca juga Berbagai Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Daftar Sekolah Kedinasan
Cara Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
Apabila peserta sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah:
- Klik “registrasi” atau “daftar” akan tampil sebagai berikut:
- Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
- Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga.
- Nama lengkap sesuai dengan KTP.
- Tanggal lahir sesuai dengan KTP.
- Kabupaten/Kota sesuai dengan KTP.
- Masukan kode captcha yang terlampir.
- Setelah data di atas dimasukan, klik “lanjutkan”. Bila data sesuai maka akan tampil form pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.
- Lengkapi data-data yang terdapat pada form dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data: alamat, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, email, password, konfirmasi password, pertanyaan pengaman 1, jawaban pengaman, pertanyaan pengaman 2, jawaban pengaman, captcha.
- Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb.
- Pastikan kamu mengisi semua data dengan benar dan lengkap.
- Selanjutnya klik “Lanjutkan”.
- Halaman pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data kamu. Jika ada yang perlu diperbaiki klik “kembali” dan jika sudah benar klik “Proses Pendaftaran Akun”.
- Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa peserta berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.
- Klik “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk ke form berikutnya.
Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
Setelah kamu berhasil mendaftar, silakan login ke https://dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol “Log In” yang tertera di sudut kanan atas. Masukan NIK dan password yang telah kamu daftarkan, lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta. Langkah selanjutnya yaitu:
- Upload swafoto. Upload swafoto dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Klik tombol “Choose File” cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb.
- Mendaftar Formasi.
- Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan.
- Klik tombol “Pilih”
- Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK kamu berada.
- Isi nama Sekolah kamu sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat).
- Isi Tahun Lulus.
- Isi Nomor Ijazah pendidikan terakhir kamu.
- Isi Tahun Lulus pendidikan terakhir kamu.
- Isi kode captcha yang tampil.
- Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol “Selanjutnya”. Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi peringatan.
- Pengisian Nilai. Peserta memasukkan nilai rata-rata rapor terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.
Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.
Leave a Reply