Pendaftaran Amikom – Ada banyak perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, salah satunya yaitu Universitas Amikom. Universitas Amikom merupakan perguruan tinggi IT swasta di Yogyakarta. Kampus ini memiliki 2 program Diploma, 13 program Sarjana, dan 1 program Pascasarjana.
Terdapat tiga jalur dalam penerimaan Amikom yaitu Reguler, Internasional (WNA), dan Alih Jalur. Setiap jalur memiliki ketentuan dan jadwal yang berbeda-beda. Berikut ketentuan, berkas, dan jadwal pelaksanaan jalur Reguler dan Alih Jalur.
Reguler
Ketentuan Pendaftaran
- WNI.
- Khusus Prodi D3 Teknik Informatika, S1 Informatika, S1 Teknik Komputer: SMA/MA IPA atau SMK Teknik.
- Unggah berkas pendaftaran.
- Bebas biaya pendaftaran.
Berkas Pendaftaran
- Scan Nilai UN/Ujian Sekolah/Nilai Rapor semester 5/Skor UTBK.
Alih Jalur
Ketentuan Pendaftaran
- Telah dinyatakan lulus jenjang Diploma dengan bukti Ijazah dan Transkrip Nilai.
- S1 Informatika, berasal dari D3 prodi: Elektronika dan Instrumentasi, Elektro (Konsentrasi Bidang Komputer), Teknik Informatika, Ilmu Komputer.
- S1 Sistem Informasi, berasal dari D3 prodi: Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Elektronika dan Instrumentasi, Elektro (Konsentrasi Bidang Komputer)
- Berasal dari prodi yang sudah terakreditasi minimal B/Baik Sekali.
- Bebas tes tulis bagi Alumni Universitas Amikom Yogyakarta dengan IPK ≥ 3.
- Bebas biaya pendaftaran.
- Ketentuan setelah dinyatakan diterima: konversi mata kuliah sebelum registrasi.
Berkas Pendaftaran
- Scan Ijazah Asli/Fotocopy Legalisir
- Scan Transkrip Asli/Fotocopy Legalisir
- Scan Sertifikat Akreditasi Prodi Legalisir (minimal terakreditasi B/Baik Sekali).
- Screenshot Data Forlap Mahasiswa
Baca juga Simak Informasi Mengenai Pendaftaran Binus University di Sini!
Alur Pendaftaran
- Pembuatan akun dan pendaftaran online:
- Akses ke pmb.amikom.ac.id
- Pembuatan akun dan proses verikasi
- Verifikasi kode OTP melalui SMS atau email yang didaftarkan
2. Pendaftaran dan tes online:
- Login ke cmhs.amikom.ac.id
- Pengisian data asal sekolah
- Proses tes masuk: Jalur Bebas Tes, Jalur CBT
3. Melengkapi data dan unggah berkas pendaftaran:
- Input data diri
- Input data orang tua
- Input data riwayat kesehatan
- Unggah dokumen persyaratan dan dokumen pendukung lainnya
4. Verifikasi berkas: berkas yang telah diunggah akan diverifikasi oleh Customer Service
5. Pengumuman kelulusan: calon mahasiswa dapat melakukan pengecekan status kelulusan di login akun cmhs.amikom.ac.id
Alur Registrasi Pembayaran Semester 1
- Telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi pendaftaran.
- Cetak surat keputusan.
- Melakukan pembayaran ke salah satu nomor Virtual Account (VA) mahasiswa baru atau rekening Amikom.
- Konfirmasi bukti pembayaran di cmhs.amikom.ac.id
- Lunas registrasi, NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) terkirim ke email.
- Melengkapi data pribadi di cmhs.amikom.ac.id
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru
- Gelombang Khusus: 6 Desember 2021 – 13 Maret 2022
- Gelombang 1: 14 Maret – 8 Mei 2022
- Gelombang 2: 9 Mei – 30 Juni 2022
- Gelombang 3: 1 Juli – 31 Agustus 2022
Pelatihan Super Unggul (PSU)
- Kegiatan dasar untuk penentuan nilai mata kuliah Etika Profesi (2 SKS).
- Wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa baru.
- Dilaksanakan secara online.
- Mengisi Form Pendaftaran PSU melalui s.id/daftarpsu22
- Berpakaian formal (hem, rapi, dan sopan).
- Menyiapkan alat tulis dan kertas/buku.
Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM)
- Merupakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).
- Dilaksanakan pada tanggal 19 – 24 September 2022.
- Wajib diikuti bagi seluruh Mahasiswa Baru yang sudah memiliki NPM.
- Wajib mengunggah berkas Her-Registrasi pada cmhs.amikom.ac.id
Bagi kamu yang ingin melajutkan studi di Universitas Amikom, perhatikan Yuk, Cari Tahu Persyaratan, Berkas, dan Jadwal Pendaftaran Universitas Amikom di Sini! Semoga membantu!
Leave a Reply