jurusan yang berhubungan dengan kesehatan mental

5 Rekomendasi Jurusan yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Jurusan yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental – Isu kesehatan mental beberapa tahun ini sangat ramai dibicarakan, terutama di generasi muda. Isu ini bahkan cenderung menjadikan orang lebih mengutamakan diri mereka sendiri demi kesehatan mental dan ketenangan diri.

Namun masalah kesehatan mental ini tidak bisa didiagnosis sendiri, dan butuh banyak belajar seputar ilmu kesehatan mental bahkan sangat perlu konsultasi ke ahli psikologis jika dirasa mengalami masalah dalam diri. Nah, kalau kamu tertarik untuk mempelajari masalah kesehatan mental, kamu bisa memilih jurusan kuliah ini.

Jurusan yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Berikut beberapa pilihan jurusan yang akan mempelajari secara mendalam seputar kesehatan mental:

1.    Psikologi

Tentu di urutan pertama sudah bisa kamu tebak, jurusan psikologi ini sangat berkaitan erat dengan kesehatan mental. Bahkan dalam praktik kerjanya, para ahli psikologi ini berperan penting dalam menangani pasien-pasien dengan gangguan mental.

Dalam perkuliahannya, mahasiswa jurusan psikologi akan mempelajari perilaku manusia secara mendalam, mulai dari cara berpikirnya, cara berperilaku dan juga melihat dari sejarah di baliknya.

Lalu dalam jurusan ini ada beberapa pembagian peminatan, yakni Psikologi Klinik, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Psikologi Kepribadian dan Sosial.

2.    Bimbingan dan Konseling

Rekomendasi selanjutnya adalah jurusan Bimbingan dan Konseling, yang sering disangka sama dengan jurusan psikologi. Perbedaan keduanya adalah bahwa jurusan ini lebih mempelajari ilmu pendidikannya.

Prospek kerjanya pun adalah sebagai guru BK yang membantu siswa-siswa dalam memecahkan masalah pribadi, termasuk juga membantu siswa untuk membuat pilihan atau keputusan dalam melanjutkan pendidikan/karir yang sesuai minat, bakat dan potensi masing-masing.

Dalam pembelajarannya, mahasiswa jurusan BK ini akan mempelajari etika konseling, asesmen psikologis, dan juga penggunaan teknologi dalam praktik konseling. Mahasiswa juga akan mengikuti pelatihan praktis dan magang, untuk mengembangkan kemampuan dalam mendengarkan aktif, memfasilitasi refleksi diri, dan juga memberikan dukungan emosional kepada individu yang butuh bimbingan dan konseling.

Baca juga: Kenalan dengan Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM, Prospek Kerja Menjanjikan?

3.    Kedokteran

Seorang dokter tidak hanya membantu menangani pasien yang terluka secara fisik, karena seorang dokter juga memiliki kesempatan untuk mendalami dunia kesehatan mental. Setelah lulus dan menjadi dokter umum, kamu bisa melanjutkan spesialisasi di program studi spesialis Kedokteran Jiwa. Dokter spesialis kejiwaan juga biasa dikenal sebagai psikiater dengan gelar SpKJ.

Dalam pembelajarannya, seorang psikiater akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan dan penanganan masalah kejiwaan atau kesehatan mental. Secara praktis, peran psikiater lebih condong dalam menangani pasien-pasien dengan gangguan jiwa yang sudah parah. Saat berada di bangku perkuliahan, calon psikiater akan belajar psikologi umum, psikoterapi, rehabilitasi mental, psikofarmakoterapi, dan juga terapi-terapi yang membantu mengatasi beragam gangguan mental.

4.    Keperawatan

Selanjutnya adalah jurusan keperawatan, yang selain menangani pasien-pasien yang sakit fisik juga akan ada yang menangani pasien-pasien dengan gangguan mental. Dalam praktik kerjanya, perawat juga diharuskan untuk menjaga kesehatan mental pasien bahkan dalam keadaan gawat darurat, dan memberikan dukungan emosional kepada pasiennya.

Mahasiswa keperawatan ini akan mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan aspek psikologis dari perawatan, termasuk evaluasi kesehatan mental, intervensi, dan dukungan psikososial. Masa pendidikannya adalah 4 tahun Sarjana dan 1 tahun pendidikan profesi.

5.    Kesejahteraan Sosial

Rekomendasi terakhir adalah jurusan Kesehatan Sosial, yang sangat cocok jika kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi. Jurusan ini akan berisi pemahaman tentang manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia serta cara beradaptasi dengan lingkungan sosial. Menganalisis suatu masalah sosial dan dampaknya bagi yang mengalami juga akan dipelajari jurusan ini.

Mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari bagaimana memberikan bantuan untuk individu yang mengalami masalah kesehatan mental, dan bagaimana mempromosikan kesehatan mental untuk individu, kelompok dan juga masyarakat.

Bagaimana, tertarik untuk memilih jurusan yang berhubungan dengan kesehatan mental yang mana? Pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut sebelum memilih ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.