apa itu kelas internasional

Apa Itu Kelas Internasional? Ini Perbedaannya dengan Kelas Reguler

Apa Itu Kelas Internasional – Dalam dunia perkuliahan, tidak hanya ada kelas reguler saja, ada juga kelas internasional yang sudah banyak tersedia di berbagai kampus. Kelas reguler dan kelas internasional ini memiliki banyak sekali perbedaan, mulai dari jalur masuk, sampai dengan bahasa pengantarnya dalam pembelajaran. Tapi, apa sih yang membuat kelas internasional ini berbeda? Simak selengkapnya di pembahasan ini.

Apa Itu Kelas Internasional?

apa itu kelas internasional

Kelas internasional merupakan program kuliah yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dengan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi lain di luar negeri. Jadi sesuai namanya, program kuliah ini memberlakukan sistem internasional, mulai dari penggunaan bahasanya, sampai dengan pembelajarannya yang berada di luar negeri.

Tidak hanya diberlakukan untuk mahasiswa Indonesia saja, karena mahasiswa asing juga bisa mendaftar program ini. Tentunya program kelas internasional ini sudah mendapatkan persetujuan dari lembaga yang berwenang di bidang pendidikan, karena sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi.

Baca juga: Kapan Pengumuman Administrasi CPNS 2024? Cek Jadwal dan Tahapan Selanjutnya

Ada tiga program gelar dalam kelas internasional yang umumnya diperbolehkan yaitu:

  • Program gelar ganda reguler atau double degree/dual degree
  • Program gelar bersama atau joint degree
  • Program gelar ganda percepatan atau akselerasi

Perbedaan Kelas Internasional dan Kelas Reguler

Secara pastinya, ada beberapa perbedaan antara kelas internasional dan kelas reguler, di antaranya:

1.    Seleksi Masuk

Perbedaan pertama adalah seleksi masuknya, yang mana biasanya seleksi masuk kuliah reguler akan diselenggarakan melalui jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri. Sedangkan untuk kelas internasional tidak melalui itu semua, karena akan langsung diadakan oleh pihak perguruan tinggi yang menyelenggarakan. Contohnya untuk Kelas Internasional UI menggunakan jalur SIMAK UI dan KKI UI.

2.    Materi yang Diujikan

Untuk materi seleksi masuk kelas reguler, calon mahasiswa akan diuji tes potensi akademik, tes kemampuan skolastik, dan tes lain berdasarkan jurusan yang dipilih. Sedangkan untuk kelas internasional, materi tesnya akan cenderung memfokuskan pada kemampuan bahasa Inggris, namun materi lainnya juga tetap penting untuk dipelajari. Untuk syarat umumnya, calon mahasiswa biasanya harus memiliki sertifikat TOEFL ITP minimal 500, dan untuk skor iBT minimal 61, lalu untuk IELTS minimal 5,5.

3.    Biaya Kuliah

Pada kelas reguler, biaya kuliah rata-rata akan ditentukan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan besaran biaya pendidikan yang terbagi dalam beberapa kelompok/golongan. Sedangkan untuk kelas internasional, biaya kuliahnya tidak menggunakan sistem UKT.

4.    Bahasa Pengantar

Untuk kelas reguler rata-rata akan menggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajarannya, kecuali untuk jurusan bahasa asing. Nah, untuk kelas internasional ini akan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka dari itu pada seleksi masuknya calon mahasiswa harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Kampus yang Membuka Kelas Internasional

Saat ini sudah ada banyak sekali kampus yang membuka program kelas internasional, mulai dari kampus negeri sampai dengan kampus swasta. Berikut di antaranya:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Padjadjaran
  6. Institut Teknologi Bandung
  7. Institut Pertanian Bogor
  8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  9. Universitas Bina Nusantara
  10. Universitas Telkom

Jadi sudah ada gambaran apa itu kelas internasional? Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan di kelas internasional? Seleksinya sangat ketat, yuk persiapkan diri dengan bimbel kelas internasional di Indonesia College! Kamu akan dapat materi lengkap dan try out gratis progresif yang mirip aslinya. Ada pendampingan juga sampai akhir tahap tes. Ribuan siswa sudah membuktikannya, cek informasi selengkapnya di sini yuk!.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.