Apa Saja Jurusan Kuliah Kesehatan

Apa Saja Jurusan Kuliah Kesehatan? Ini 10 Pilihannya Selain Kedokteran

Apa Saja Jurusan Kuliah Kesehatan – Dalam kuliah di bidang kesehatan, banyak orang yang langsung tertuju pada jurusan kedokteran. Padahal banyak sekali pilihan jurusan di bidang kesehatan selain kedokteran. Dalam dunia pekerjaan, bidang kesehatan jadi salah satu yang paling dibutuhkan setiap waktunya.

Pemerintah menginginkan kesehatan yang merata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah-wilayah kecil. Maka dari itu tenaga kesehatan sangat dibutuhkan, dan tentu ada banyak profesi dibutuhkan, tidak hanya kedokteran saja. Meskipun dokter juga banyak dibutuhkan, baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter hewan.

Apa Saja Jurusan Kuliah Kesehatan Selain Kedokteran?

Apa Saja Jurusan Kuliah Kesehatan

Selain kedokteran, berikut beberapa jurusan di bidang kesehatan yang bisa jadi pilihanmu. Di antaranya:

1.    Farmasi

Jurusan farmasi ini sudah banyak dikenal orang, yang akan selalu berkecimpung dengan dunia obat-obatan. Biasanya lulusan jurusan farmasi akan menjadi seorang Apoteker, analis kontrol kualitas, dosen, dan profesi lainnya.

Mahasiswa jurusan ini akan sering melakukan praktik untuk belajar membuat obat, supaya bisa menghasilkan obat yang sesuai dengan aturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang layak dikonsumsi oleh khalayak umum.

2.    Ilmu Gizi

Sesuai namanya, jurusan di bidang kesehatan ini akan secara khusus mempelajari seputar asupan kesehatan tubuh manusia. Bagi kamu yang suka menganalisis makanan dan kesehatan tubuh manusia, jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu. Nantinya lulusannya bisa menjadi nutrisionis, konselor diet, konselor rehabilitasi dan banyak lagi lainnya.

3.    Kebidanan

Jurusan kesehatan ini akan berfokus mempelajari seputar persalinan, yang sangat berkaitan erat dengan ibu dan bayi. Tidak hanya persalinan saja, jurusan ini juga akan belajar teori dan praktikum seputar kehamilan, ibu menyusui, dan juga kesehatan balita. Setelah lulus, seorang bidan juga akan banyak berkolaborasi dengan dokter kandungan untuk membantu persalinan.

4.    Keperawatan

Jurusan ini juga masih satu ruang lingkup dengan ilmu kedokteran dan kebidanan. Namun untuk jurusan keperawatan ini akan lebih umum, dengan mempelajari proses perawatan pasien, cara menyuntik dan juga cara melakukan perawatan pada pasien yang mengalami luka. Lulusannya banyak bekerja di rumah sakit, klinik maupun fasilitas kesehatan lainnya untuk pelayanan masyarakat.

Baca juga: 5 Daftar Universitas Jurusan Perkeretaapian, Ada Kampus Negeri, Swasta Sampai Kedinasan!

5.    Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesmas jadi salah satu pilihan jurusan di bidang kesehatan yang tidak menangani pasien nantinya. Kesehatan masyarakat akan mempelajari berbagai risiko kesehatan di lingkup masyarakat sampai dengan bidang proyek. Jadi dalam jurusan ini kamu tidak hanya mendapat ilmu medis, tapi juga ilmu sosial.

6.    Fisioterapi

Jurusan fisioterapi merupakan jurusan yang akan mempelajari cara penanganan masalah gerak tubuh manusia, seperti permasalahan tulang maupun otot dengan cara terapi. Dalam pembelajarannya, kamu akan belajar anatomi tubuh manusia untuk bisa memahami cara gerak otot maupun sendi manusia.

7.    Radiologi

Jurusan radiologi ini adalah jurusan yang nantinya akan berperan dalam membaca dan memahami cara kerja rontgen, USG maupun MRI. Hal-hal tersebut membutuhkan kemampuan mendiagnosis gelombang elektromagnetik dan juga sinar x yang akan mendeteksi keberadaan masalah di dalam tubuh manusia.

8.    Analis Medis

Jurusan ini dikenal juga teknologi laboratorium medis, yang akan berfokus melakukan penelitian di laboratorium. Contohnya meneliti penyakit manusia dengan melalui sampel darah, feses sampai dengan urine.

9.    Manajemen Rumah Sakit

Nah kalau jurusan ini, akan berfokus pada manajemen administrasi rumah sakit. Nantinya lulusannya akan banyak dibutuhkan untuk berperan menjaga kualitas pelayanan, mengawasi kinerja sumber daya manusia di rumah sakit maupun di fasilitas kesehatan lainnya.

10. Kesehatan Lingkungan

Jika kesehatan masyarakat berfokus pada masyarakat dan lingkup yang lebih besar, jurusan kesehatan lingkungan ini akan berfokus menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Mengingat saat ini tingkat pencemaran lingkungan sudah sangat tinggi, maka peran ahli kesehatan lingkungan ini sangat dibutuhkan untuk bisa mengendalikan hal tersebut dengan baik.

Jadi terjawab sudah apa saja jurusan kuliah kesehatan yang ada di Indonesia. Nah, bagi kamu yang tidak tertarik masuk kedokteran bisa pilih salah satu dari jurusan ini. Bagaimana, tertarik masuk yang mana?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.