cara beli e-meterai CPNS

Awas Salah! Ini Cara Beli E-Meterai CPNS dan Cara Pemakaiannya yang Benar

Cara Beli E-Meterai CPNS – Dalam pendaftaran CPNS tahun ini, setiap peserta diwajibkan membubuhkan e-meterai atau meterai elektronik dalam dokumen pendaftarannya. Tentunya e-meterai ini berbeda dengan meterai fisik yang ditempelkan langsung di dokumen. Karena pendaftarannya dilakukan secara online, dokumennya pun online maka digunakanlah meterai elektronik sebagai bentuk digitalisasi dengan nilai yang sama dan bisa dijadikan bukti dalam pengadilan.

Nah, sayangnya banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum mengetahui e-meterai ini dan di mana bisa membelinya serta bagaimana pembubuhannya. Padahal terdapat banyak dokumen yang wajib dibubuhkan e-meterai, di antaranya surat lamaran, surat pernyataan 5 poin, dan surat pernyataan keabsahan dokumen.

Bagaimana Cara Beli E-Meterai CPNS?

cara beli e-meterai CPNS

Saat ini sebenarnya sudah banyak sekali yang memperjualbelikan meterai elektronik secara online. Namun dalam pendaftaran CPNS yang bersifat resmi ini kamu juga perlu berhati-hati. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memfasilitasi masyarakat dengan membuka situs resmi pembelian e-meterai di https://meterai-elektronik.com.

“Website e-meterai mendapatkan jaminan dari Peruri yang telah dilengkapi dengan sistem refund dana bagi para calon peserta dengan kuota e-meterai yang tidak digunakan dalam satu invoice pembelian,” jelas Peruri.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Kampus Sebelum Tahu Perguruan Tinggi Negeri Jurusan Hukum Terbaik Ini!

Keunggulannya adalah layanan pelanggan yang responsif 24/7, website pembeliannya pun resmi dan terpercaya, dan sangat bisa dipastikan e-meterai yang didapatkan adalah asli. Lalu bagaimana cara belinya?

  • Buka link https://meterai-elektronik.com
  • Daftar akun dengan klik opsi “Daftar Sekarang”
  • Untuk membuat akun, masukkan data yang diminta seperti nama lengkap dan nomor Hp.
  • Buat password akun dan konfirmasi password, lalu klik “Lanjutkan”. Dan akun berhasil dibuat.
  • Jika sudah memiliki akun, login di laman https://meterai-elektronik.com, lalu pilih menu “Beli e-meterai”
  • Pilih jumlah meterai yang akan dibeli, lalu selesaikan dengan melakukan pembayaran sesuai metode yang tersedia
  • Jika pembayaran berhasil, e-meterai akan otomatis ditambahkan ke akun kamu

Untuk melihat jumlah e-meterai yang sudah dibeli, klik menu “Kuota e-meterai” dan pilih “Lihat kuota”. Kamu juga sudah bisa menggunakan e-meterai tersebut untuk dibubuhka di dokumen CPNS 2024.

Cara Menggunakan E-Meterai di Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

Penggunaaan e-meterai ini sangat mudah. Namun sebelumnya pastikan:

  • Dokumen berformat PDF.
  • Ukuran dokumen di bawah 800 KB sebelum dibubuhi e-meterai.
  • Letakkan e-meterai di sebelah tanda tangan, jangan menumpuk.
  • Jangan gunakan ponsel untuk proses pendaftaran atau pemasangan e-meterai.
  • Jangan mengubah format atau mengompres dokumen yang sudah dibubuhi e-meterai.

Baca juga: Pengertian Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan 22 Daftar Kampusnya

Nah untuk pembubuhan e-meterai di dokumen bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Tetap di laman https://meterai-elektronik.com, klik menu “Pembubuhan” dan klik pilihan “Pembubuhan Dokumen”
  • Klik “Upload Dokumen”, lalu unggah dokumen-dokumen CPNS yang akan dibubuhi e-meterai
  • Lalu bubuhkan e-meterai ke dokumen, sesuaikan posisi e-meterai agar tidak menumpuk dengan tanda tangan dan objek lainnya
  • Jika sudah, klik “lanjutkan”
  • Tunggu hingga selesai, lalu download dokumen yang sudah dibubuhi e-meterai.

Nah, kamu bisa mengunggah dokumen yang sudah dibubuhi e-meterai tadi di akun pendaftaran CPNS di https://sscasn.bkn.go.id/. Perlu diingat, jangan ubah ukuran file supaya e-meterai bisa terdeteksi.

Bagaimana, sangat mudah kan cara beli e-meterai CPNS dan cara menggunakannya di dokumen? Sudah siap untuk mendaftar CPNS? Yuk maksimalkan diri kamu dengan belajar di bimbel CPNS Indonesia College. Kamu akan dapat materi eksklusif dengan fasilitas try out progresif gratis yang mirip BKN, lho. Cek informasi selengkapnya di sini dan dapatkan harga spesialnya terbatas!

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.