prospek kerja jurnalistik
prospek kerja jurnalistik

Berbagai Prospek Kerja Lulusan Jurnalistik di Era Digital

Prospek Kerja Jurnalistik – Seiring berkembangnya media pemberitaan, Jurusan Jurnalistik semakin diminati. Apalagi lulusan Jurnalistik sangat dibutuhkan perannya. Di era digital sekarang ini, makin banyaknya proses publikasi berita menjadi publikasi online.

Sebagai lulusan jurnalistik, kamu bisa memiliki prospek karir, di mana kreativitas, penulisan, komunikasi, dan keterampilan sangat dibutuhkan. Jika kamu ingin bekerja dalam bidang jurnalisme, sangat penting untuk membangun portofolio kerja dan mendapatkan sebanyak mungkin pengalaman yang relevan.

Jika kamu tertarik untuk mengejar karir di bidang jurnalisme, dibutuhkan keterampilan menulis dan komunikasi yang baik. Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di bidang jurnalisme, cek berbagai prospek kerjanya di bawah ini.

Mengenal Jurusan Jurnalistik

Di jurusan Jurnalistik, kamu akan mempelajari dan mengumpulkan informasi tentang urusan terkini, melalui wawancara dan penelitian, dan mempresentasikannya kepada publik. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai kode etik jurnalistik untuk diaplikasikan ketika bekerja nantinya.

Sebagai mahasiswa jurusan Jurnalistik kamu akan belajar berbagai hal bagaimana mencari, menulis, serta menyunting berita. Kamu akan lebih terkini terhadap perkembangan berita. Kamu juga harus memiliki kemampuan mengolah informasi, kreativitas, dan komunikasi yang baik.

Baca juga Yuk, Mengenal Apa Itu Jurusan Jurnalistik!

Prospek Kerja Lulusan Jurnalistik

Reporter

Reporter bertugas untuk menemukan informasi tentang peristiwa berita dan menyusunnya atau menyampaikannya dalam bentuk tulisan, surat kabar, video, atau majalah untuk radio, televisi, atau media lainnya. Jika ingin menjadi reporter, kamu harus menulis teks yang akurat dan informatif. Reporter bertanggung jawab dalam mengumpulkan informasi dalam bentuk teks, audio, atau gambar, mengolahnya menjadi bentuk yang layak diberitakan, dan menyebarkannya kepada publik.

Copywriter

Copywriting yaitu bertujuan untuk pemasaran. Pekerjaan seorang copywriter adalah menulis yang dapat meningkatkan kesadaran pembaca akan suatu merek (brand awareness). Tulisan-tulisan copywriter berdampak besar dan biasanya dipublikasikan di media sosial.

Content Writer

Content writer atau penulis konten biasanya menulis konten yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara pembaca dan merek/perusahaan/organisasi. Content writer menulis artikel yang lebih panjang, informatif, dan terstruktur dengan baik untuk dipublikasikan di situs website atau blog. Content writer juga dapat mengambil bagian dalam briefing konten kreatif dengan editor, ahli strategi konten, desainer, dan profesional lainnya.

Jurnalis

Jurnalis mengumpulkan informasi atau menyelidiki kejadian dan kemudian menyusun cerita berdasarkan informasi yang didapat. Jurnalis dapat menggunakan kata-kata, video, atau audio untuk menginformasikan kisah dan menemukan informasi yang mungkin tidak diketahui orang lain. Jurnalis dapat berspesialisasi dalam beberapa bidang, termasuk keuangan, olahraga, selebriti, dan budaya populer, serta politik.

Spesialis Media Sosial

Spesialis media sosial berfokus pada pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial perusahaan. Profesi ini akan melapor ke manajer media sosial dan bekerja sama dengan tim pemasaran digital untuk menghasilkan strategi pemasaran media sosial yang akan mempromosikan keterlibatan pelanggan dan kesadaran merek.

Travel Blogger

Travel blogger adalah profesi yang bepergian ke berbagai tempat, menulis tentang pengalaman mereka dan mempublikasikannya ke blog online. Jika kamu masih mahasiswa dan membutuhkan uang tambahan, dapat menggunakan blog perjalananmu untuk membagikan perjalanan di website atau Youtube untuk menghasilkan uang.

Editor

Editor bertanggung jawab atas tulisan, surat kabar, atau majalah. Selain itu, editor juga memutuskan apa yang akan diterbitkan dalam setiap edisinya. Editor memiliki tanggung jawab manajerial dan terkadang pembuatan kebijakan terkait dengan penulisan, kompilasi, dan revisi konten untuk perusahaan penerbitan atau untuk surat kabar, majalah, atau publikasi lainnya.

Public Relations

Public Relations (PR) memiliki tugas dalam berkaitan dengan pengelolaan bagaimana informasi tentang individu atau perusahaan yang disebarluaskan kepada publik, khususnya media. Tujuan utamanya adalah untuk menyebarkan berita atau peristiwa penting perusahaan, atau mempertahankan citra merek. Hubungan masyarakat dapat berbentuk dalam bentuk siaran pers perusahaan, konferensi pers, wawancara dengan wartawan, posting media sosial, atau tempat lainnya.

Itulah Berbagai Prospek Kerja Lulusan Jurnalistik di Era Digital. Di era digital sekarang ini, peran lulusan jurusan Jurnalistik sangat dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. Semoga artikel di atas bermanfaat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.