Cara belajar anak kuliah yang efektif

Cara Belajar Anak Kuliah yang Efektif, Auto Jadi Mahasiswa Berkualitas!

[et_pb_section admin_label=”section”] [et_pb_row admin_label=”row”] [et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”]

Cara Belajar Anak Kuliah yang Efektif – Pembelajaran di perguruan tinggi cenderung berbeda dibandingkan dengan waktu sekolah. Banyak dosen yang menerapkan pembelajaran dengan mahasiswa yang akan menyampaikan materi dengan presentasi.

Hal ini bertujuan supaya mahasiswa lebih banyak membaca saat diberikan tugas, termasuk melatih mahasiswa untuk bisa berbicara di depan umum dan juga menjawab pertanyaan di depan umum. Tapi, nyatanya banyak sekali mahasiswa yang merasa kurang maksimal dengan pembelajaran tersebut.

Cara Belajar Anak Kuliah yang Efektif

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya lebih paham materi. Apalagi cara belajar setiap orang berbeda-beda.

1.    Fokus

Yang pertama, kamu wajib fokus saat jam kuliah dimulai. Perhatikan penyampaian dari teman-teman yang melakukan presentasi dan juga dosen yang biasanya akan ikut menyampaikan. Untuk di sesi akhir biasanya juga akan ada tanya jawab atau diskusi, bahkan debat.

Jadi kamu harus fokus supaya materi yang kamu ikuti bisa lebih maksimal dipahami. Kalau kamu belum memahami, kamu juga bisa menggunakan kesempatan untuk bertanya.

2.    Mencatat Poin Penting yang Disampaikan

Kemudian karena setiap harinya kamu akan mendapatkan materi baru, kamu bisa juga mencatat poin-poin penting dengan tulisan tangan. Dengan begitu kamu akan lebih mengingat, dan tersimpan dalam memori bahwa kamu pernah menulis poin penting ini saat dibutuhkan.

Baca juga: Apa Itu Tugas Akhir? Ini Perbedaannya dengan Skripsi

3.    Temukan Tempat yang Nyaman

Saat hendak memasuki kelas, pastikan juga untuk berangkat lebih awal untuk bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Bukan nyaman buat tidur atau ngobrol ya! Tapi nyaman untuk fokus memperhatikan pemateri dan juga dosen. Kamu bisa pilih bangku paling depan supaya terhindar dari godaan-godaan ngobrol bareng teman-teman.

4.    Manfaatkan Fasilitas Kampus

Setiap kampus pasti menyediakan fasilitas lebih untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Contoh yang bisa kamu manfaatkan adalah wifi dan juga perpustakaan. Kamu bisa menggunakan jaringan wifi untuk browsing hal-hal yang tidak kamu tahu saat di kelas.

Selain itu kamu juga bisa cari sumber referensi, seperti jurnal-jurnal untuk memperdalam pemahaman atau sekadar mengerjakan tugas. Jangan lupa juga untuk mampir ke perpustakaan untuk bisa belajar dengan tenang dan cari referensi cetak sebanyak mungkin.

5.    Baca Ulang Catatan di Waktu Luang

Mereview ulang hasil mengikuti perkuliahan seharian juga perlu, lho! Hal ini penting supaya kamu tetap mengingat pembahasan di kelas tadi dan juga lebih memahami materi yang disampaikan.

Dari kertas materi dan juga tulisan tangan mengenai poin-poin penting sebelumnya bisa kamu buka saat sebelum tidur. 20-30 menit rasanya sudah cukup untuk mengingat-ingat. Biasanya juga dari pertemuan sebelumnya akan ada pembahasan yang sesuai dan bersangkutan.

6.    Ajak Diskusi Mahasiswa Lain

Kalau belajar sendiri terasa membosankan, kamu juga bisa ajak teman satu geng kamu untuk mendiskusikan ulang materi yang sebelumnya. Barangkali ternyata ada yang kurang bisa dipahami, jadi akan saling melengkapi.

7.    Coba Jadi Asisten Dosen

Setiap kampus pasti akan ada dosen yang membutuhkan peran asisten dosen untuk membantu meng-handle kelas saat tiba-tiba berhalangan hadir. Kamu bisa ambil kesempatan ini supaya lebih memaksimalkan proses belajar kamu. Kamu bisa belajar langsung dengan dosen sebelum menyampaikan materi, lho!

8.    Ikuti Organisasi Mahasiswa

Mengikuti UKM atau unit kegiatan mahasiswa juga bisa membantu kamu mengasah keterampilan selama masa perkuliahan. Kamu bisa menjadi orang yang berpikiran lebih terbuka, bisa menyampaikan pendapat, bisa menghargai orang lain, berbicara di depan umum dan bisa melakukan perdebatan.

Nah kalau kamu kira-kira biasa pakai cara belajar anak kuliah yang efektif mana? Kalau belum coba, silahkan dicoba supaya perkuliahan kamu lebih maksimal ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

[/et_pb_text][/et_pb_column] [/et_pb_row] [/et_pb_section]