cara dapat beasiswa

Cara dapat Beasiswa Supaya Kuliah Gratis Sampai Lulus!

Cara dapat beasiswa – menempuh pendidikan perguruan tinggi banyak menjadi kendala karena faktor biaya, yang membuat orang-orang berprestasi jadi berhenti di tingkat menengah atas saja. Padahal banyak yang pantas mendapatkan pendidikan jenjang kuliah untuk memperdalam kemampuannya.

Nah, sebenarnya ada cara untuk bisa melanjutkan kuliah tanpa harus memikirkan biayanya. Karena sekarang ini sudah banyak sekali beasiswa dengan kuota yang cukup banyak untuk membantu siswa-siswa berprestasi dalam melanjutkan pendidikannya. Tapi bagaimana sih cara mendapatkannya?

Tips Dapat Beasiswa untuk Kuliah Gratis!

Cara dapat beasiswa kuliah

Baik pemerintah maupun swasta sudah banyak mengeluarkan kesempatan beasiswa full untuk kuliah gratis sampai lulus. Tapi ternyata masih banyak juga yang tidak tahu, atau bahkan menyepelekan karena mungkin terlalu rumit prosedurnya.

Baca juga: Simak, Berikut 5 Perbedaan S1 dan D4 yang Perlu Kamu Tahu!

Padahal untuk ribet di awal lebih baik untuk masa depan yang lebih cerah. Nah, berikut ada beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis untuk kamu!

1.    Lakukan Riset

Kamu bisa melakukan riset baik secara offline maupun online di Google, lho. Untuk secara langsungnya, kamu bisa mencari informasi pada pihak sekolah karena biasanya mereka akan selalu update dengan beasiswa supaya siswa lulusannya bisa berkuliah gratis.

2.    Cek Website Resmi Lembaga Pemberi Beasiswa

Kamu wajib update dengan perkembangan, mengingat beasiswa ini kuotanya terbatas dan bukan cuma kamu saja yang menginginkannya. Tapi sebelumnya, kamu wajib mengetahui kampus dan jurusan apa yang akan kamu ambil.

3.    Aktif Berorganisasi

Kamu wajib mengikuti ekstrakurikuler di SMA supaya bisa lebih unggul dibanding peserta pendaftar beasiswa lainnya. Dengan begitu pihak penyedia beasiswa akan lebih mempertimbangkan kamu. Kalau sudah terlanjur tidak ikut, kamu bisa berpartisipasi menjadi volunteer atau dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, serta mencoba aktif untuk mengikuti kegiatan.

4.    Pelajari dan Lengkapi Persyaratannya

Next, kamu bisa mencari tahu pernyaratan apa yang dibutuhkan dan pastikan untuk melengkapinya dengan ketentuan yang sesuai. Karena biasanya proses seleksi akan cukup ketat, jadi jangan sampai ada kesalahan supaya berpeluang lebih besar.

5.    Perbaiki Nilai Prestasi Akademik

Penerimaan beasiswa juga tidak sembarangan menerima orang yang beruntung saja. Mereka akan cenderung membantu siswa-siswi berprestasi dengan nilai yang mumpuni supaya beasiswanya tidak sia-sia. Ada lembaga yang menerapkan nilai minimal rata-rata 70.

6.    Kuasai Bahasa Inggris

Menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris juga bisa menjadi pertimbangan supaya bisa meloloskan kamu, lho. Apalagi kalau kamu berencana mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di luar negeri.

7.    Persiapkan Diri untuk Wawancara

Bukan cuma melamar kerja saja yang butuh wawancara. Mendaftar beasiswa juga rata-rata akan menerapkan seleksi berupa wawancara kepada seluruh kandidat untuk bisa lebih adil dalam memutuskan siapa yang paling pantas menerima beasiswa.

Kamu bisa mempersiapkan diri supaya bisa menjawab dengan lancar dan memberi kesan positif. Sebaiknya juga mulai latihan interview, terutama untuk kamu yang tidak terbiasa berbicara di depan banyak orang.

8.    Punya Visi untuk Mengabdi Kedepannya

Visi menjadi pandangan penting yang wajib kamu punya, karena beasiswa ini tujuannya untuk membantu siswa-siswi berprestasi untuk bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Alangkah baiknya lagi kalau kamu mau mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat dan negara nantinya.

Kamu harus memikirkannya matang-matang, serta menyampaikannya dengan mantap dengan jawaban yang konsisten dan tertata. Dengan begitu mereka akan menilai bahwa kamu orang yang ambisius dan tertata.

Jadi begitu informasi mengenai cara dapat beasiswa supaya kuliah gratis sampai lulus, ikuti langkah-langkahnya supaya berpeluang lebih besar ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.