jurusan yang ada di PKN STAN

Daftar Jurusan yang Ada di PKN STAN, Apa Saja Syarat Masuknya?

Jurusan yang Ada di PKN STAN – Politeknik Keuangan Negara STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan yang selalu banyak diserbu pendaftar setiap tahunnya. Prospek kerja lulusannya sangat jelas menjanjikan, bahkan rata-rata lulusannya akan direkrut perusahaan-perusahaan besar bahkan di Kementerian dan Instansi Pemerintahan. Nah ada jurusan apa saja yang tersedia di PKN STAN?

Jurusan yang Ada di PKN STAN

Saat ini PKN STAN sudah memiliki 9 pilihan jurusan, yang semuanya merupakan program diploma. Berikut rincian jurusannya:

1.    Program Diploma IV

  • Akuntansi Sektor Publik: mempelajari penyusunan dan analisis laporan keuangan, audit internal dan eksternal, analisis transaksi keuangan dan sistem informasi, dan merumuskan kebijakan di bidang akuntansi. Tahun 2024, jurusan ini menerima 223 mahasiswa untuk jalur reguler, afirmasi kewilayahan dan juga pembibitan.
  • Manajemen Aset Publik: mempelajari analisis keuangan dan investasi, tata laksana keuangan satuan kerja, merumuskan kebijakan keuangan publik, dan tata kelola perpajakan dan kepabeanan. Tahun 2024 ini jurusan manajemen aset publik menerima 329 mahasiswa untuk jalur reguler, afirmasi kewilayahan dan juga pembibitan.
  • Manajemen Keuangan Negara: mempelajari pengelolaan aset, analisis kekayaan negara dan kelayakan bisnis, menilai bisnis dan properti, mengelola piutang dan pengadaan, serta tata laksana kegiatan lelang. Tahun 2024, jurusan ini menerima sebanyak 170 mahasiswa untuk jalur reguler, afirmasi kewilayahan dan juga pembibitan.

Baca juga: 7 Tips Lolos CPNS Ampuh yang Harus Kamu Terapkan

2.    Program Diploma III

  • Akuntansi
  • Kebendaharaan Negara
  • Kepabeanan dan Cukai
  • Manajemen Aset
  • PBB/Penilai
  • Pajak

Syarat Penerimaan Mahasiswa PKN STAN

1.Lulusan tahun 2022, tahun 2023 atau lulusan 2024 semua lulusan
pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kemdikbudristek atau Kemenag.

2.Nilai Peserta:

– Lulusan tahun 2022 atau tahun 2023: rata-rata nilai ujian di ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00;

– lulusan tahun 2024: nilai rata-rata pada Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00;

– bagi calon lulusan 2024 yang belum memiliki SKL: nilai rapor untuk
komponen pengetahuan pada semester 1-5 tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan saat pendaftaran ulang sudah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00;

– nilai di atas bukan hasil dari pembulatan.

3.Usia maksimal pada tanggal 1 Oktober 2024 adalah 22 tahun, usia minimal pada tanggal 1 Oktober 2024 adalah 14 tahun.

4.Memiliki Nomor Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes
(UTBK-SNBT) Tahun 2024.

5.Batas minimal nilai UTBK-SNBT untuk masing-masing jalur penerimaan adalah sebagai berikut.

    Jenis TesJalur RegulerJalur Afirmasi KewilayahanJalur Pembibitan
    Tes Potensi Skolastik/TPS600400450
    Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia550375450
    Tes Literasi dalam Bahasa Inggris500325375
    Tes Penalaran Matematika500375375

    6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan narkoba.

    7. Bagi pria, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

    8. Bagi wanita, tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan), kecuali karena ketentuan agama/adat.

    9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.

    10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
    pada tahun-tahun sebelumnya

    Demikianlah jurusan yang ada di PKN STAN dan syarat pendaftarannya untuk tahun 2024. Tertarik masuk STAN? Yuk maksimalkan persiapanmu dengan ikut bimbel di Indonesia College! Kamu akan dapat modul dengan materi super lengkap dan prediktif, dengan pembelajaran yang seru dan free try out progresif mirip BKN. Segera ambil kesempatannya dan dapatkan harga spesial terbatas di sini.


    Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

    Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.