jurusan kuliah untuk bekerja di bank
Sumber: BCA

Gajinya Menggiurkan, Ini 8 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Kerja di Bank

Jurusan Kuliah untuk Kerja di Bank – Bekerja di bank menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati orang, meski persaingannya cenderung tinggi namun lowongan kerjanya juga cukup tinggi. Kenapa banyak orang yang tergiur untuk bekerja di perbankan? Alasan pertama tentu karena gajinya yang tinggi, selain itu karir di perbankan juga cukup menjanjikan.

Nah, Bank biasanya tidak hanya menerima lulusan S1 saja, karena lulusan SMA/SMK juga banyak dibutuhkan namun untuk posisi-posisi tertentu. Untuk lulusan S1, jurusan kuliah tertentu menjadi syarat wajib untuk beberapa posisi seperti accounting, IT dan Perbankan Syariah. Posisi lain yang ada di setiap perbankan antara lain ada teller, customer service, back office, sales sampai dengan administrasi.

Jurusan Kuliah untuk Kerja di Bank

jurusan kuliah untuk bekerja di bank
Sumber: Bank BNI

Untuk berkarir di perbankan, ada beberapa jurusan kerja yang banyak dicantumkan dalam persyaratan di lowongan pekerjaan perbankan, di antaranya:

1.    Akuntansi

Jurusan kuliah pertama adalah jurusan akuntansi yang tentu sudah kita kenal dengan ilmu hitung menghitung yang berkaitan dengan uang, mulai dari mengumpulkan, mencatat, mengklasikasi, menganalisis, sampai dengan membuat laporan keuangan yang sangat dibutuhkan di dunia perbankan. Lulusan jurusan ini juga cenderung lebih mudah diterima di dunia perbankan.

2.    Keuangan dan Perbankan

Untuk jurusan ini banyak tersedia di tingkat D3 dan D4, yang pembelajarannya akan berfokus pada keuangan terutama pengelolaan keuangan di sektor perbankan. Jenjang pendidikan diploma sendiri memang ditempa dengan tujuan agar lulusannya bisa masuk ke dunia kerja dengan kemampuan yang memadai, karena dalam perkuliahannya akan banyak praktik dan magang.

Baca juga: Kumpulan Contoh Soal CPNS 2024 dan Kunci Jawabannya

3.    Perbankan Syariah

Saat ini sudah banyak sekali bank yang menerapkan prinsip syariah, yang dalam pelaksanaannya banyak yang berbeda dengan bank konvensional. Karena menerapkan prinsip syariah berdasarkan hukum islam inilah, lulusan jurusan perbankan syariah dibutuhkan karena bisa lebih mengerti penerapannya.

4.    Ilmu Ekonomi

Jurusan ilmu ekonomi ini juga hampir seperti jurusan akuntansi yang tidak bisa lepas dari hitung-menghitung. Ilmu ekonomi ini juga memiliki dua pembagian yaitu ekonomi biasa dan ekonomi syariah. Nantinya posisi yang menerima jurusan ini ada teller, customer service dan juga analisis kredit yang bertugas menganalisis calon debitur yang mengajukan pinjaman ke bank.

5.    Manajemen

Jurusan selanjutnya adalah jurusan manajemen yang juga sangat dicari di perusahaan perbankan. Manajemen ini mempelajari pemasaran, keuangan perusahaan, sampai dengan manajemen sumber daya manusia yang bisa mengisi berbagai posisi di bank.

6.    Psikologi

Lulusan jurusan psikologi memiliki prospek kerja yang luas, salah satunya untuk menjadi HR Specialist yang banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan. Salah satunya adalah bidang perbankan. Tugasnya sendiri nantinya adalah mengelola karyawan, penggajian dan lainnya.

Baca juga: 15 Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2024

7.    Ilmu Komputer

Dunia perbankan juga akan membutuhkan bidang IT, dan jurusan yang dibutuhkan di bidang IT salah satunya adalah ilmu komputer untuk menjadi  salah satu programmer dengan menangani produk bank digital yang ada. Mereka juga biasanya akan dipekerjakan untuk mengelola website perusahaan.

8.    Hukum

Dunia perbankan juga sangat membutuhkan tim legal, yang tugasnya antara lain membuat akta perjanjian kredit, pengikatan kreditan, pencairan kredit, mengurus dokumen di notaris dan BPN serta banyak lagi lainnya. Maka dari itu lulusan jurusan hukum akan sangat dicari.

Jadi itu dia daftar jurusan kuliah untuk bekerja di bank. Bagi kamu yang punya cita-cita berkarir di sektor perbankan, jurusan tadi bisa jadi pilihan kamu.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.