sekolah kedinasan yang dibiayai negara

Gratis! Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Dibiayai Negara Sampai Lulus

Sekolah Kedinasan yang Dibiayai Negara – Sekolah Kedinasan merupakan lembaga pendidikan di jenjang perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, baik Kementerian maupun non kementerian. Tujuannya adalah untuk mencetak calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkompeten di bidangnya.

Nah karena ditujukan untuk mencetak bibit-bibit ASN, sekolah kedinasan menawarkan pendidikan gratis yang bahkan memberikan jaminan pekerjaan setelah lulus nanti. Biaya pendidikannya ditanggung oleh pemerintah dengan melalui alokasi anggaran yang ditujukan untuk pendidikan dan pelatihan calon ASN.

Bisa dikatakan sekolah kedinasan ini merupakan investasi jangka panjang negara untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai kebutuhan instansi pemerintah. Namun tentunya seleksi masuk sekolah kedinasan ini tidak mudah, karena ada berbagai tahapan seleksi mulai dari administrasi, wawancara, psikologi, pengetahuan umum, sampai dengan seleksi fisik yang semuanya menggunakan sistem gugur.

Baca juga: H-2 Batas Waktu Pendaftaran CPNS 2024, Kecuali Kemenag dan Kemendikbudristek!

Keuntungan Sekolah Kedinasan yang Dibiayai Negara

sekolah kedinasan yang dibiayai negara

Sekolah kedinasan ini jadi lembaga pendidikan yang wajib kamu coba, karena ada beberapa keuntungan menarik untuk prospek kerja kamu di masa depan. Di antaranya:

1.    Biaya Pendidikan Gratis

Poin pertama seperti yang sedang dijelaskan, bahwa biaya pendidikannya akan ditanggung pemerintah. Hal ini berarti Taruna/Praja/Mahasiswa sekolah kedinasan tidak harus menghawatirkan soal biaya pendidikan sampai lulus nanti. Bahkan rata-rata sekolah kedinasan sudah menyediakan asrama sekaligus makan.

2.    Jaminan Pekerjaan

Lulusan sekolah kedinasan juga akan mendapatkan jaminan untuk langsung kerja dan ditempatkan di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah di seluruh wilayah Indonesia. Tentu jaminan pekerjaan ini sangat menguntungkan karena banyak sekali lulusan perguruan tinggi yang belum bisa mendapat pekerjaan.

3.    Kualitas Pendidikan Terjamin

Keuntungan lainnya, sekolah kedinasan rata-rata sudah memiliki fasilitas dan pengajar yang berkualitas unggul. Rata-rata sekolah kedinasan juga menjalankan jenjang pendidikan diploma yang menerapkan kurikulum praktik yang lebih banyak dibandingkan teoritis. Ini berfungsi agar lulusannya bisa lebih siap untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah.

4.    Jaringan Luas

Taruna/Praja/Mahasiswa sekolah kedinasan juga memberikan fasilitas jaringan relasi yang kuat dan luas, karena teman seangkatan biasanya akan diwajibkan untuk saling mengenal, bahkan dengan seniornya.

Baca juga: 10 Kampus Pelayaran di Indonesia Milik Kementerian Perhubungan, Semuanya Ikatan Dinas!

Daftar Sekolah Kedinasan yang Dibiayai Negara

Ada banyak pilihan sekolah kedinasan yang biaya pendidikannya gratis karena dibiayai oleh negara. Berikut daftarnya:

1.    Politeknik Statistika STIS

Polstat STIS menjadi sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyediakan pendidikan gratis dengan pola ikatan dinas. Terdapat 3 pilihan jurusan, yakni D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

2.    Politeknik SSN

Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN) merupakan sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Untuk pilihan jurusannya ada Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan juga Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

3.    PKN STAN

Selanjutnya PKN STAN yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Terdapat pilihan program studi Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Aset Publik. Lulusan sekolah kedinasan ini bisa diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di Kementerian Keuangan dan juga kementerian atau instansi pemerintah lainnya sesuai dengan kebutuhan.

4.    STIN

Sekolah kedinasan ini diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara, dengan jenjang pendidikan S1. Pilihan jurusannya ada Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen dan Ekonomi Intelijen. STIN juga memfasilitasi asrama, konsumsi, seragam dan jaminan diangkat CPNS setelah lulus.

5.    Poltekip dan Poltekim (sudah menjadi POLTEKPIN)

Dua sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Di tahun 2024 ini, Poltekip dan Poltekim melebur jadi satu dengan nama POLTEKPIN (Politeknik Pengayoman Indonesia). Berdasarkan kedua sekolah kedinasan sebelumnya, Poltekpin ini juga akan menerapkan program ikatan dinas untuk mempersiapkan calon ASN yang berkualitas.

6.    IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Untuk pilihan jurusannya antara lain D4 Studi Kebijakan Publik, D4 Politik Indonesia Terapan, D4 Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, prodi Pemerintahan Daerah, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik (MSDM-SP), prodi Keuangan Publik, dan prodi Teknologi Rekayasa Ilmu Pemerintahan.

7.    STMKG

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menjadi sekolah kedinasan di bawah BMKG. STMKG ini sudah menerapkan program ikatan dinas, dengan jaminan lulusannya akan diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di BMKG di seluruh Indonesia.

8.    Sekolah Kedinasan di Bawah Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan memiliki banyak daftar sekolah kedinasan yang menerapkan program ikatan dinas, yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Sekolah kedinasannya terbagi atas 3 matra, yaitu matra darat, laut dan udara. Berikut daftarnya:

  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
  • Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • Politeknik Pelayaran Banten
  • Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
  • Politeknik Pelayaran Barombong
  • Politeknik Pelayaran Sorong
  • Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara
  • Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Politeknik Penerbangan Makassar
  • Politeknik Penerbangan Medan
  • Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Politeknik Penerbangan Jayapura
  • Politeknik Penerbangan Palembang

Demikianlah daftar sekolah kedinasan yang dibiayai negara dan keuntungannya. Bagaimana, tertarik untuk masuk salah satunya? Maksimalkan persiapan masuk sekolah kedinasan dengan bimbel Indonesia College, yuk! Kamu akan dapat materi super lengkap yang mirip aslinya, dan try out progresif yang mirip BKN. Ribuan siswa sudah membuktikannya, pastikan kamu klik di sini supaya tidak ketinggalan dan dapatkan harga promonya.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.