Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Mengenal IKJ – Institut Kesenian Satu-satunya di Jakarta

Kenalan dengan IKJ – Di antara ribuan perguruan tinggi yang ada, hanya ada segelintir perguruan tinggi yang berfokus di bidang di bidang seni, salah satunya yaitu Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Bahkan, sejak kelahirannya pada tahun 1970 hingga saat ini, IKJ juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi seni yang ada di ibukota Jakarta, loh! Tak heran, IKJ juga berhasil meluluskan banyak seniman ternama yang karyanya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan mulai dari Iwan Fals, Mira Lesmana, hingga Hanung Bramantyo. 

Oleh karena itu, IKJ bisa menjadi pilihan yang tepat untuk calon mahasiswa yang ingin bergelut di bidang seni. Pendidikan di bidang seni rupa, pertunjukan, hingga film dan televisi tersedia di kampus satu ini. Selain itu, IKJ juga membuka pendidikan untuk jenjang diploma, sarjana, hingga magister. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa seni di IKJ? 

Agar semakin mengenal kampus seni satu ini, berikut kami rangkum informasi mengenai IKJ. Yuk, simak hingga akhir!

Sejarah IKJ

Kehadiran Institut Kesenian Jakarta (IKJ) berawal dari gagasan Ali Sadikin – yang akrab dipanggil ‘Bang Ali’ – selaku Gubernur DKI Jakarta yang menjabat pada masa itu (1966-1977). Menurutnya, Jakarta butuh fasilitas dan infrastruktur budaya sebagai pusat kesenian sebagai metropolitan internasional. Akhirnya, Pusat Kesenian Jakarta bernama Taman Ismail Marzuki bersamaan dengan Akademi Jakarta resmi terbentuk pada tahun 1968. Selanjutnya, Ali Sadikin mendirikan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) pada 26 Juni 1970. 

Selang satu dekade setelahnya, LPKJ berganti nama menjadi Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada tahun 1980 yang dibina oleh Yayasan Institut Kesenian Jakarta (YIKJ). Hingga tahun 1989, IKJ hanya memiliki 2 fakultas yang kemudian dipecah menjadi 3 fakultas yaitu Fakultas Film Televisi, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Seni Rupa. Selanjutnya, IKJ membuka Sekolah Pascasarjana dengan program studi baru pada tahun 2009. 

Hingga saat ini, IKJ sudah memiliki 12 program studi yang juga sudah terakreditasi, nih. Sebagai perguruan tinggi swasta, pengelolaan IKJ kini diserahkan kepada Yayasan Seni Budaya Jakarta (YSBJ). IKJ juga saat ini masih melaksanakan kegiatan akademiknya di tempat yang sama yang beralamat di Komplek Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73 Jakarta Pusat.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Bidang Seni? Ini Dia Kampus yang Membuka Jurusan Seni

Visi dan Misi IKJ

Visi

Menjadi perguruan tinggi seni yang bermartabat di bidang seni urban dan industri budaya dan kompetitif di tingkat nasional dan global pada tahun 2045.

Misi

  1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang bermutu untuk kemajuan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta untuk kemaslahatan masyarakat
  2. Menghasilkan lulusan yang mandiri dan kompetitif di tingkat nasional dan global
  3. Menciptakan dan mengembangkan karya seni urban dan industri budaya untuk kemakmuran bangsa

Fakultas dan Program Studi di IKJ serta Akreditasinya

Berikut daftar pilihan program studi yang dibuka di Institut Kesenian Jakarta yang mencakup beragam bidang seni, yaitu: 

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain

  • S1 Seni Rupa Murni (A)
  • S1 Kriya Seni (B)
  • S1 Desain Interior (B)
  • S1 Desain Produk Mode dan Busana
  • S1 Desain Komunikasi Visual (A)

2. Fakultas Film dan Televisi

  • D3 Film & Televisi (A)
  • S1 Televisi dan Film (B)

3. Fakultas Seni Pertunjukan

  • S1 Seni Teater (B)
  • S1 Seni Tari (Baik)
  • S1 Seni Musik (B)
  • S1 Etnomusikologi (B)

4. Sekolah Pascasarjana

  • S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni (B)

Baca juga: 5 Rekomendasi Kampus DKV Terbaik di Indonesia

Jalur Masuk IKJ

Setiap tahunnya, IKJ membuka penerimaan mahasiswa baru secara mandiri melalui 4 gelombang yang diperkirakan dimulai pada bulan Februari hingga Agustus. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman PMB IKJ untuk setiap fakultas. Biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa D3 dan S1 sebesar Rp500.000, sementara bagi calon mahasiswa S2 sebesar Rp1.000.000. 

Selain persyaratan dan Materi seleksi juga berbeda-beda untuk setiap fakultas, sebagai berikut:

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain

  1. Motivasi/penelusuran Tes Potensi Akademik dan Minat
  2. Pemahaman Program Studi di Seni Rupa
  3. Portfolio Karya
  4. Wawancara (Jabodetabek luring, luar Jabodetabek daring)

2. Fakultas Film dan Televisi

  1. Motivasi/penelusuran Tes Potensi Akademik dan Minat
  2. Wawancara

3. Fakultas Seni Pertunjukan

  1. Portofolio Video Karya
  2. Wawancara

4. Sekolah Pascasarjana

  1. Wawancara
  2. Kelengkapan persyaratan akademik dan administrasi

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang perlu kamu tahu. Kamu tertarik kuliah di jurusan yang mana, nih?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.