semi gap year artinya

Masih Banyak yang Bingung, Istilah Gap Year dan Semi Gap Year Artinya?

Semi Gap Year Artinya – Dalam fase pergantian dari siswa menjadi mahasiswa, terkadang menyisakan orang-orang yang memutuskan untuk menunda untuk melanjutkan kuliah di tahun yang sama setelah lulus. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, contohnya karena keinginan untuk mengambil jeda atau karena belum berhasil diterima di kampus impiannya. Tapi dalam masa jeda ini, ada istilah yang biasanya dikenal dengan ‘gap year’ dan juga ‘semi gap year’. Sebenarnya apa arti dari kedua istilah ini?

Gap Year dan Semi Gap Year Artinya?

Istilah gap year bisa diartikan sebagai waktu jeda bagi lulusan baru SMA/SMK sederajat untuk tidak langsung melanjutkan kuliah. Nah, orang-orang gap year ini biasanya menggunakan waktu jedanya secara penuh dengan mempelajari materi-materi seleksi masuk perguruan tinggi, baik secara mandiri maupun ikut program bimbingan belajar.

Setelah mengetahui arti dari gap year itu sendiri, jadi semi gap year artinya apa? Jadi perbedaan antara gap year dengan semi gap year adalah bagaimana mereka mengisi waktu jeda tersebut. Kalau gap year, waktu jeda cenderung digunakan untuk fokus belajar mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk kuliah di tahun depan. Orang-orang yang gap year biasanya akan ikut bimbel, supaya kemampuan dan pengetahuannya tidak hilang percuma dalam waktu 1 tahun tersebut.

Sedangkan semi gap year akan cenderung digunakan dengan mengeksplorasi peluang baru, mencari tahu minat dan bakat diri, mencoba ikut magang, bekerja atau yang lainnya. Tentu hal ini lebih sulit dilakukan, karena mereka juga harus tetap menyisihkan waktu untuk tetap belajar untuk persiapan ikut seleksi tahun depan sambil beraktivitas utama lain.

Baik gap year maupun semi gap year, ketika kamu ingin melanjutkan kuliah di kampus impian dengan jalur SNPMB (SNBT) maka perlu kamu perhatikan bahwa jalur tersebut biasanya akan menerapkan batas maksimal tahun lulusan para pesertanya. Biasanya jalur tersebut menerapkan ketentuan peserta lulusan 3 tahun terakhir.

Baca juga: Jurusan Teknik Lingkungan di Indonesia: Materi, Mata Kuliah, Kampus dan Prospek Kerjanya

Kelebihan Gap Year dan Semi Gap Year

Dari segi kelebihan, orang-orang yang memutuskan untuk gap year atau menjeda waktu masuk dunia perkuliahan tentu bisa mempersiapkan diri dengan persiapan yang lebih matang. Tidak hanya dari bekal pengetahuannya saja, tapi juga secara kesiapan untuk menjadi mahasiswa dan juga pemilihan jurusan kuliah yang tepat, sesuai minat dan bakat, memiliki pilihan kampus cadangan serta mempertimbangkan prospek kerja demi masa depan yang menjanjikan.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, semi gap year akan menggunakan waktu jeda untuk memfokuskan diri dengan bekerja atau kegiatan utama lain, dan juga mempersiapkan diri untuk ikut seleksi masuk kampus tahun depan. Kelebihannya, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, teman baru bahkan menemukan minat baru baik untuk jurusan maupun pilihan kampusnya. Keuntungan lainnya jika kamu memutuskan untuk bekerja, kamu bisa mendapatkan bekal untuk membayar kuliah kamu sendiri.

Lolos Kampus Impian dengan Indonesia College!

Tidak sedikit lulusan baru yang terpaksa gap year dan semi gap year dengan berbagai sebab. Namun bagi kamu yang berada di situasi ini, kamu masih memiliki peluang besar untuk masuk kampus impian dengan persiapan maksimal di Indonesia College!

Indonesia College adalah lembaga bimbingan belajar khusus untuk persiapan masuk perguruan tinggi impian, yang bisa diikuti oleh siswa kelas 12 maupun gap year dan semi gap year. Kamu akan mendapat pilihan belajar 1 tahun ajaran dan dengan program intensif menjelang tes, dengan fasilitas super lengkap dan maksimal.

  • Program bimbingan lengkap
  • Konsultasi & pendampingan sampai akhir tahap tes
  • Pengajar profesional dan berkompeten di bidangnya
  • Modul dan materi lengkap akurat sesuai materi yang diujikan
  • Tryout progresif mirip aslinya
  • Tersedia fasilitas asrama bagi peserta dari luar kota

Indonesia College sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dengan ribuan peserta yang sudah berhasil lolos ke kampus impian. Selain itu ada banyak informasi seputar dunia perkuliahan seperti pembahasan gap year dan semi gap year artinya ini. Jadi, tunggu apa lagi? Konsultasi gratis dulu yuk di sini dengan CS kita buat dapat penawaran menarik sebelum kehabisan!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.