PEP Bandung negeri atau swasta

Jadi Kampus Pertambangan, PEP Bandung Negeri Atau Swasta?

Banyak yang menanyakan, PEP Bandung negeri atau swasta? PEP Bandung merupakan singkatan dari Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung yang lahir di era Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang merancang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (RPPV) dalam jangka waktu 2015-2019.

Tujuan pendiriannya adalah untuk mempersiapkan tenaga yang kompeten, terampil, memiliki jiwa entrepreneur baru dan juga untuk memutuskan mata rantai kemiskinan di Indonesia. Pertambangan di Indonesia sendiri menjadi aset berharga yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Maka dari itu masyarakat harus bisa mengelolanya dengan baik dengan kemampuan yang memadai.

Jadi PEP Bandung Negeri Atau Swasta?

Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung bukan merupakan perguruan tinggi negeri maupun swasta, bukan juga perguruan tinggi kedinasan. Karena PEP Bandung ini merupakan Perguruan Tinggi Kementerian Lain (PTKL) yang berada di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sering dikira sebagai perguruan tinggi kedinasan, tapi nyatanya PEP Bandung ini adalah PTKL non kedinasan. Namun politeknik ini memiliki program unggulan yang mana akan memberikan program kompetensi untuk mahasiswa sesuai dengan program studi dan kebutuhan industri. Selain itu PEP juga menerapkan program magang selama 1 tahun pada semester 5 dan 6 di perusahaan tambang di seluruh Indonesia bagi seluruh mahasiswanya, dengan harapan lulusannya nanti bisa siap terjun langsung di dunia kerja.

PEP Bandung menerapkan kurikulum pendidikan dengan perbandingan praktik dan teori adalah 70 : 30, yang artinya mahasiswa akan mendapatkan praktik lebih banyak dibandingkan teori. PEP Bandung tidak menyediakan asrama untuk para mahasiswanya. Jadi masing-masing mahasiswa terutama yang tempat tinggalnya jauh harus memikirkan tempat tinggalnya sendiri.

Baca juga: Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak: Mata Kuliah, Kompetensi, Profil Lulusan dan Kampusnya

Program Studi PEP Bandung

Tertarik masuk PEP Bandung? Politeknik ini membuka 3 pilihan jurusan yang merupakan penggabungan dari kegiatan pertambangan di Indonesia yang kaya akan mineral dan batu bara, berwawasan lingkungan dan memiliki nilai tambah. Berikut detail program studinya:

1.    D-III Teknologi Geologi

Program studi ini akan mengeksplorasi Geologi, Geofisika, Geokimia dan pemetaan untuk eksplorasi mineral yang sangat mendukung industri pertambangan. Jurusan ini juga akan mempelajari Hidrogeologi yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Jurusan ini banyak mempelajari bidang keilmuan IPA, maka dari itu syarat masuk jurusan ini adalah harus lulusan SMA jurusan IPA dan tidak boleh buta warna total.

2.    D-III Teknologi Pertambangan

Jurusan Teknologi Pertambangan ini akan berfokus pada eksplorasi, penambangan, dan pengolahan bahan galian. Seperti namanya, jurusan ini akan mengedepankan pertambangan yang berwawasan lingkungan. Artinya jurusan ini akan memiliki kemampuan untuk melakukan penambangan yang tidak merusak lingkungan.

Baca juga: Masih Jarang Ditemukan, Jurusan Administrasi Rumah Sakit Belajar Apa Saja di Perkuliahannya?

3.    D-III Teknologi Metalurgi

Terakhir adalah jurusan yang akan berfokus pada pengolahan, pemurnian mineral, dan juga pemanfaatan batu bara. Metalurgi ekstraktif akan memproses hasil tambang yang sudah didapatkan, yang diproses dengan pengolahan mineral, lalu diproses ekstraksi melalui pirometalurgi, hidrometalurgi dan elektrometalurgi sehingga menghasilkan logam murni.

Jurusan ini sangat diharapkan bisa mendukung kebijakan hilirisasi (pengolahan produk dari bahan mentah menjadi produk yang bernilai jual tinggi) mineral. Syarat masuk jurusan ini adalah lulusan SMA jurusan IPA dan SMK di bidang Kimia dan Keteknikan (Mesin atau Listrik) dan tidak boleh buta warna.

Jadi sudah jelas bukan dari pertanyaan PEP Bandung negeri atau swasta, didapatkan bahwa PEP Bandung adalah PTKL. Kamu mau masuk PEP Bandung atau Perguruan tinggi lainnya? Yuk maksimalkan persiapan masuk perguruan tinggi dengan bimbel Indonesia College. Kamu akan dapat materi yang sesuai dengan yang akan diujikan, dan dapat try out progresif. Ribuan siswa sudah berhasil lolos kampus impian, yuk konsultasikan dulu dengan CS kami dan dapatkan penawaran terbaik di sini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.