syarat pendaftaran STIS 2024

Jadwal Resmi Sudah Diumumkan! Ini Waktu dan Syarat Pendaftaran STIS 2024

Syarat Pendaftaran STIS – Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) sudah di depan mata. Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) ini membuka peluang sebanyak 355 kebutuhan saja untuk tahun 2024 ini. Di tahun 2023 lalu, STIS membuka 500 formasi kebutuhan. Dari semua kebutuhan tersebut, sebanyak 355 peserta yang lolos akan menjalani program ikatan dinas, 15 di antaranya dikhususkan bagi peserta Afirmasi wilayah khusus.

Jadwal Pendaftaran STIS 2024

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS direncanakan akan berlangsung mulai 15 Mei – 13 Juni 2024 mendatang. Informasi lebih update bisa cek langsung di website resmi STIS di https://spmb.stis.ac.id/.

Saat ini, STIS memiliki 3 pilihan progran studi, di antaranya adalah:

  • D-III Statistika
  • D-IV Statistika
  • D-IV Komputasi Statistik

Setelah diterima, mahasiswa STIS akan dibebaskan dari biaya pendidikan sampai dengan lulus dalam waktu yang sudah ditentukan, dan setelah lulus akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk lulusan program Statistika (D-III) akan mendapat gelar Ahli Madya Statistika (A.Md.Stat.). Kemudian nantinya akan diangkat dalam jabatan fungsional Statistisi Terampil golongan II//C.

Baca juga: Bisa Jadi Alternatif, Ini 6 PTN yang Membuka Jalur Mandiri dengan Nilai Rapor

Untuk lulusan program Statistika (D-IV) akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.), lalu akan diangkat dalam jabatan fungsional Statistisi Ahli Pertama golongan III/A. Terakhir, lulusan program Komputasi Statistik (D-IV) akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.), dan akan diangkat dalam jabatan Pranata Komputer Ahli Pratama golongan III/A.

Syarat Pendaftaran STIS 2024

Persyaratan Umum

  • Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan/lapangan), dan bebas narkoba
  • Tidak buta warna (total maupun parsial), bagi pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat), diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.
  • Siswa kelas 12 SMA/MA dan SMK/MAK atau lulusan di bidang keahlian Teknologi Informasi
  • Nilai Matematika (kelompok A/umum) dan bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d 400) di ijazah atau nilai rapor semester ganjil kelas 12
  • Usia peserta minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, terhitung per 1 September 2024
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS
  • Tidak sedang menjalani/terikat ikatan dinas dengan instansi pendidikan lain
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS
  • Setelah lulus pendidikan di Polstat STIS, peserta bersedia ditempatkan sesuai pilihn formasi penempatan saat pendaftaran dan tidak mengajukan pindah lokasi penempatan dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 tahun sejak diangkat menjadi PNS, kecuali dikarenakan kebutuhan organisasi

Khusus Afirmasi

Program afirmasi merupakan program yang diperuntukkan bagi orang asli Papua, yakni yang berasal dari rumpun Ras Melanesia dan terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua dan/atau orang yang diterima dan diakui sebagai Orang Asli Papua oleh Masyarakat Adat Papua (dibuktukan dengan Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Majelis Rakyat Papua setempat)

Sistem Seleksi

Tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru STIS antara lain:

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar
  • Psikotes dan Matematika
  • Kesehatan dan Kebugaran

Demikianlah informasi jadwal, tahapan dan syarat pendaftaran STIS 2024. Karena pendaftaran tinggal menghitung hari, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Semoga informasinya bermanfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.