perguruan tinggi negeri jurusan hukum

Jangan Asal Pilih Kampus Sebelum Tahu Perguruan Tinggi Negeri Jurusan Hukum Terbaik Ini!

Perguruan Tinggi Negeri Jurusan Hukum – Jurusan hukum masih jadi salah satu pilihan utama yang dipilih calon mahasiswa ketika memasuki dunia perkuliahan. Apalagi jika kamu tertarik dengan soal hukum yang berlaku di masyarakat dan negara kita. Dalam pembelajarannya, mahasiswa jurusan hukum akan belajar pasal-pasal, undang-undang dan kasus-kasus hukum. Tujuan dari adanya jurusan ini sendiri adalah untuk bisa mencapai keadilan.

Perguruan Tinggi Negeri Jurusan Hukum Terbaik

perguruan tinggi negeri jurusan hukum

Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2024, berikut beberapa kampus dengan jurusan hukum terbaik:

  1. Universitas Airlangga: QS World University 151-200
  2. Universitas Indonesia: QS World University 151-200
  3. Universitas Gadjah Mada: QS World University 201-250
  4. Universitas Padjadjaran: QS World University 251-300
  5. Universitas Brawijaya: QS World University 301-350
  6. Universitas Diponegoro: QS World University 351-370

Baca juga: Pengertian Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan 22 Daftar Kampusnya

Universitas dengan Jurusan Hukum Akreditasi A/Unggul

Lalu jika dilihat dari akreditasinya, 15 kampus ini sudah memiliki jurusan hukum dengan predikat A/unggul:

  1. Universitas Diponegoro : A
  2. Universitas Indonesia : A
  3. Universitas Padjadjaran : A
  4. Universitas Brawijaya : A
  5. Universitas Gadjah Mada : A
  6. Universitas Sriwijaya : A
  7. Universitas Udayana : A
  8. Universitas Hasanuddin : A
  9. Universitas Andalas : A
  10. Universitas Sumatera Utara : A
  11. Universitas Jenderal Soedirman : A
  12. Universitas Syiah Kuala : A
  13. Universitas Muhammadiyah Malang : A
  14. Universitas Negeri Semarang : A
  15. Universitas Islam Indonesia : A

Prospek Kerja Lulusan Hukum

Nah sudah tahu belum jurusan ini memiliki prospek kerja apa setelah lulus nanti? Berikut di antaranya:

1.    Pengacara

Tugas dan tanggung jawab seorang Pengacara adalah mewakili kepentingan hukum klien, dan berusaha menyelesaikan perselisihan dengan cara seefektif mungkin. Seorang pengacara juga akan menjadi konsultan dan menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung.

2.    Jaksa

Seorang Jaksa bertanggung jawab menghadirkan bukti yang memberatkan tersangka di dalam pengadilan pidana. Seorang Jaksa akan sering bekerja sama dengan polisi dan aparat hukum lainnya untuk bisa membawa tersangka ke pengadilan.

3.    Hakim

Profesi ini pasti sudah tidak asing, karena seorang Hakim akan sangat menonjol ketika di sidang pengadilan. Tugas dan tanggung jawabnya adalah menafsirkan dan menerapkan hukum untuk membuat keputusan tentang masalah hukum. Hakim juga akan menjadi pengawas dalam persidangan supaya kasus bisa diselesaikan dengan adil di bawah naungan hukum.

4.    Staf Legal

Siapa bilang lulusan hukum hanya akan bekerja di pengadilan saja. Kamu tetap bisa menerapkan kemampuan di bidang hukum kamu di perusahaan, dengan menjadi staf legal. Tugas profesi ini adalah mengurus hal-hal regulasi dan hukum di perusahaan, mulai dari mengurus perizinan, menjadi perwakilan dalam pengadilan, hingga memberikan nasihat hukum untuk perusahaan.

5.    Konsultan Hukum

Seorang Konsultan Hukum banyak dicari perusahaan dan lembaga-lembaga usaha untuk pengurusan legalitas. Konsultan hukum akan membantu klien untuk membuat keputusan hukum yang tepat, memahamkan klien akan masalah hukum yang rumit, dan memastikan kepatuhan terhadap hukum. Mereka juga memberikan saran dan solusi yang objektif sebagai pihak ketiga.‍‍

6.    Diplomat

Ingin bekerja di luar negeri dengan mengurus kepentingan negara? Profesi Diplomat bisa jadi pilihan, dengan tugas mengawasi hubungan internasional antara kedua negara mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia dan lingkungan.

7.    Notaris

Notaris menjadi profesi yang paling menjanjikan untuk lulusan hukum. Tugasnya membuat surat legal seperti untuk akta tanah, akta kepemilikan perusahaan, dan akta-akta lainnya. Kamu bahkan bisa bekerja dari rumah dengan menawarkan jasa kenotariatan.

8.    Staf HRD

Kalau kamu ingin bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi HRD yang tugasnya adalah mengkaji aturan perusahaan. Contohnya menjelaskan ketentuan hukum dalam menggunakan BPJS dan benefitnya.

‍Jadi itu dia perguruan tinggi negeri jurusan hukum terbaik di Indonesia dan prospek kerja lulusannya. Nah, kalau kamu tertarik masuk kampus mana?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.