fakultas kedokteran president university

Kenalan dengan Fakultas Kedokteran President University, Ini Syarat dan Tahapan Pendaftarannya

Fakultas Kedokteran President University – President University membuka fakultas kedokteran dengan dorongan bahwa lokasi President University ini berada di kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, yakni di kawasan Jababeka. Tentunya dengan lokasinya yang strategis ini akan membawa dampak positif bagi para lulusan Fakultas Kedokteran Presuniv.

“Banyaknya perusahaan yang ada di kawasan ini sekaligus akan membuka lapangan kerja bagi para lulusan,” kata Rektor President University (Presuniv) Chairy.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), total jumlah pekerja di seluruh Indonesia saat ini sudah mencapai 135 juta orang. Lalu untuk Kabupaten Bekasi memiliki jumlah penduduk mencapai 3,2 juta jiwa, dan hampir 47% atau sebanyak 1,7 juta orang di antaranya merupakan pekerja. Bagi para pekerja, isu kesehatan dan keselamatan kerja menjadi sangat penting.

Pendidikan di Fakultas Kedokteran President University

President University menerapkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai pengantar bahasa perkuliahan. Lalu untuk pendidikan jenjang Sarjana Kedokteran, akan ditepuh dalam waktu 4 tahun atau 8 semester. Dan untuk jenjang tahap Profesi Dokter harus menempuh masa pendidikan selama 2 tahun atau 4 semester. Untuk satu tahun akademik dalam perkuliahan terdiri dari 2 semester.

President University juga menerapkan program asrama yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru selama 1 tahun pertama, dengan tinggal di Managed-Student Housing, kluster khusus Pavilion Kedokteran.

Ada juga program Pre-University, yakni program matrikulasi dengan pendidikan bahasa Inggris dan pembinaan karakter, dan program orientasi mahasiswa baru. Lalu ada program Pertukaran Mahasiswa Internasional, President University sudah bekerja sama dengan 53 Internasional Partnership University. Dan ada program CLC (Culture Language Center), yang merupakan pengembangan kompetenti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea dan lainnya.

Baca juga: Bingung Lanjut Kuliah di Mana? Ini 10 Kampus Terbaik di Sumatera Versi Webometrics 2024

Syarat Pendaftaran Fakultas Kedokteran President University

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Lulusan SMA/MA sederajat dengan ijazah maksimal 3 tahun terakhir (2022, 2023 dan 2024)
  3. Bagi lulusan SMA/MA atau yang setara jurusan IPA
  4. Melampirkan ijazah yang berlaku, atau sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan Kelas XII dari sekolah peserta yang memuat informasi jati diri dan foto terbaru peserta dan dibubuhi cap yang sah.
  5. Nilai Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia dan Biologi minimal 80+.
  6. Melampirkan bukti hasil TOEFL ITP test dari Lembaga resmi yang diakui.
  7. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan:
    1. Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit (Pemerintah maupun Swasta)
    2. Tidak buta warna total maupun parsial
    3. Tes Hepatitis B
    4. Bebas Narkoba menggunakan 6 parameter, yaitu Amphetamine (AMP), Metamphitamine (MET), Cocaine (COC), Ganja (THC), Benzodiazepine, dan Morphine (MOP).
    5. Khusus calon mahasiswa yang berdomisili Jabodetabek wajib melakukan pemeriksaan Kesehatan poin a, b, dan c di Fakultas Kedokteran President University.

Tahapan Seleksi Fakultas Kedokteran President University

Tahapan Seleksi yang harus dilalui oleh calon mahasiswa baru President University ada 3 tahap, yakni:

  1. Tahap Seleksi Administratif (Online)

Upload Nilai UTBK (Jika ada) + Upload Rapor SMA/MA Jurusan IPA Kelas X, XI, XII dan masukan nilai rapor dengan (skala 10-100) pada setiap mata pelajaran;

  • Bahasa Indonesia;
  • Bahasa Inggris;
  • Matematika;
  • Kimia;
  • Biologi.

Peserta yang memiliki prestasi akademik/non-akademik dengan memiliki penghargaan di tingkat international, nasional, provinsi, kabupaten/kota (diselenggarakan oleh lembaga Pemerintah atau induk organisasi yang diakui oleh Pemerintah) dapat mengunggah sebagai pertimbangan materi evaluasi.

Peserta yang lolos tahap 1, maksimal pelunasan untuk ikut tahap selanjutnya adalah 7 hari kerja setelah menerima pemberitahuan lolos seleksi tahap 1.

  • Tahap Ujian Computer-based Test (Online)

Tahapan ujian ini dilakukan secara Online, dan dapat dilaksanakan kapan saja, dan dari mana saja. Jadi dipastikan jaringan internet peserta stabil. Untuk materi Tes terdiri dari:

  • Tes PUET, (English Test)
  • Tes PUAT, (Aptitude Test)
  • Tes PUAT+ (Tes pengetahuan Biologi, Fisika, Kimia, Khusus untuk calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran) Psikotest.

Syarat ujian CBT:

– Wajib pakai cermin sesuai arahan tim PMB, peserta yang mengabaikan ketentuan ini dianggap tidak lulus

Setelah peserta mendapatkan informasi lolos Tahap-2, peserta akan mendapatkan pemberitahuan terkait jadwal pelaksanaan seleksi Tahap-3. Jika tidak melakukan konfirmasi kehadiran Seleksi Tahap-3 dalam 1×24 jam setelah menerima pemberitahuan, maka peserta dianggap gugur.

  • Tahap Tes Kesehatan + Sesi Wawancara (Hybrid)

Peserta sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan:

  • Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit (Pemerintah maupun Swasta)
  • Tidak buta warna total maupun parsial
  • Tes Hepatitis B
  • Bebas Narkoba menggunakan 6 parameter, yaitu Amphetamine (AMP), Metamphitamine (MET), Cocaine (COC), Ganja (THC), Benzodiazepine, dan Morphine (MOP).
  • Khusus calon mahasiswa yang berdomisili Jabodetabek wajib melakukan pemeriksaan Kesehatan poin a, b, dan c di Fakultas Kedokteran President University.
  • Bagi calon mahasiswa berasal dari luar Jabodetabek, Tes Kesehatan dapat dilakukan secara mandiri di Rumah Sakit di lokasi asal kota*, dan hasil tesnya harap diupload, atau diperbolehkan datang ke Kampus President University untuk mengikuti Tes Kesehatan di Kampus (dengan perjanjian).

*Wajib melampirkan bukti hasil seperti pada poin a, b, c, dan d

Sesi Wawancara:

  • Peserta Domisili Jabodetabek: wajib mengikuti tahapan wawancara secara tatap mula di Fakultas Kedokteran President University
  • Peserta Domisili Luar Jabodetabek: mengikuti wawancara tatap muka, namun jika berhalangan dengan alasan yang jelas dapat difasilitasi melalui platform Zoom Meeting.

Demikianlah informasi seputar fakultas kedokteran President University dan syarat serta tahapan pendaftarannya. Untuk pendaftarannya bisa klik di sini. Semoga informasinya bermanfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.