jurusan kuliah langka di Indonesia

Mau Belajar yang Beda? Ini 10 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

Jurusan Kuliah Langka di Indonesia – Memilih satu jurusan kuliah di antara berbagai pilihan yang tersedia di perguruan tinggi bisa sangat membingungkan. Jurusan yang dipilih juga berperan penting sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja di masa depan. Setiap kampus biasanya menawarkan banyak jurusan, termasuk beberapa yang unik atau langka yang hanya ada di kampus tersebut.

Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

jurusan kuliah langka di Indonesia

Program studi atau jurusan kuliah sangat beragam, baik yang akan mempelajari secara umum maupun yang lebih spesifik. Namun, ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang langka di Indonesia, yang tidak bisa ditemukan di kampus lain, atau hanya ada di beberapa kampus saja. Berikut di antaranya:

1.    Astronomi

Jurusan astronomi baru ada di Institut Teknologi Bandung, yang akan mempelajari benda-benda langit, sistem tata surya, dan alam semesta secara keseluruhan. Mahasiswa jurusan ini juga akan memahami fenomena astronomi, seperti gerhana, pergerakan planet, bintang, galaksi, dan kosmologi.

2.    Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan ini berfokus di bidang ilmu sosial yang mempelajari aspek-aspek yang berkaitan dengan keluarga, konsumen dan manajemen sumber daya keluarga. Jurusan ini hanya terdapat di Institut Pertanian Bogor (IPB).

3.    Teknik Nuklir

Jurusan ini hanya bisa ditemukan di UGM, ITB dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) yang akan mempelajari ilmu inti atom menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir. Kamu akan belajar pemanfaatan energi, pengembangan teknologi, rekayasa, serta faktor-faktor keamanan dan keselamatan berkaitan dengan nuklir.

Baca juga: 20 Instansi Paling Banyak TMS dalam Seleksi Administrasi CPNS 2024

4.    Teknologi Batik

Pekalongan mendapat julukan kota batik, dan salah satu kampus unggulan yang ada di sana membuka program pendidikan Teknologi Batik ini sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia.

5.    Oseanografi

Jurusan ini pasti sudah bisa ditebak dari namanya, yang berfokus pada pemahaman dan penelitian seputar lautan. Contohnya geologi laut, biologi laut, fisika laut, kimia laut, dan konservasi sumber daya laut. Selain itu mahasiswa jurusan ini juga mempelajari fenomena laut, perubahan iklim, keanekaragaman hayati laut, dan bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan laut.

6.    Meteorologi

Selanjutnya jurusan yang mempelajari seputar cuaca dan iklim. Mahasiswa jurusan meteorologi mempelajari berbagai aspek atmosfer termasuk sifat fisiknya, dinamika, dan dampaknya pada bumi.

7.    Teknik Transportasi Laut

Jurusan ini hanya ada di ITB dan ITS, yang mempelajari seputar perencanaan, perancangan, dan pengelolaan sistem transportasi laut, termasuk kapal, pelabuhan, dan logistik maritim. Mahasiswa dalam program ini mempelajari berbagai aspek teknik, manajerial, dan operasional yang terkait dengan transportasi laut.

Baca juga: Untuk Jadi Programmer Jurusan Apa yang Harus Diambil Saat Kuliah?

8.    Rekayasa Nanoteknologi

Universitas Airlangga membuka jurusan Rekayasa Nanoteknologi di program Sarjana. Jurusan ini akan berkaitan dengan pengembangan dan aplikasi teknologi nanoskala, yang melibatkan manipulasi dan pemanfaatan materi di tingkat atom dan molekul guna menciptakan produk dan sistem baru dengan sifat-sifat yang unik.

9.    Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan ini hanya tersedia di Universitas Airlangga (UNAIR) yang masuk di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Mahasiswanya akan belajar mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas.

10. Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan ini mengkaji atmosfer antariksa dekat, seperti perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi. Lalu juga mengkaji tentang atmosfer antariksa jauh seperti interaksi antara Bumi dan Matahari serta planet-planet lainnya yang berada di dalam sistem Tata Surya.

Demikianlah pilihan jurusan kuliah langka di Indonesia yang mungkin bisa jadi pilihanmu. Bagaimana, tertarik mempelajari yang mana?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.