jurusan agroteknologi kerja apa

Mau Masuk Agroteknologi? Lulusan Jurusan Agroteknologi Kerja Apa?

Jurusan Agroteknologi Kerja Apa – Dalam bidang pertanian, jurusan agroteknologi menjadi jurusan yang mempelajari tata cara penerapan teknologi untuk budidaya tanaman secara efektif dan efisien, meskipun di lahan yang kurang subur untuk ditanami. Tidak hanya itu saja, jurusan ini akan belajar cara mengelola suatu komoditas dari yang berbentuk bibit sampai yang berbentuk hasil dan diolah menjadi produk.

Mahasiswa jurusan ini akan mengenali tanaman dan tumbuhan, pangan atau hortikultura, dan juga proses menanam dengan baik dan mengolah hasilnya menjadi produk. Dalam proses tanam, kamu akan belajar evaluasi lahan kesuburan dan nutrisi tanaman, pemupukan, mikrobiologi dan lainnya.

Dalam faktor lingkungan juga akan mempelajari hama-penyakit dan gulma, agroekosistem atau ekologi dan lainnya. Lalu setelah menjadi hasil akan menerapkan ilmu bioteknologi, kewirausahaan, etika bisnis dan manajemen untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan aman.

Jadi Jurusan Agroteknologi Kerja Apa?

Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas, baik di bidang pertanian itu sendiri maupun di bidang lain. Berikut beberapa pekerjaannya:

1.    Peneliti

Dalam perkuliahannya, jurusan ini akan banyak mempelajari bisnis yang berkaitan dengan produksi pangan seperti produksi bidang pertanian. Nah dalam bidang industri pangan sendiri peneliti akan selalu dibutuhkan untuk menghasilkan produk baru maupun untuk meneliti keamanan dan kelayakan produk untuk dikonsumsi dalam masyarakat.

Baca juga: Kuliah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak: Mata Kuliah, Kompetensi, Profil Lulusan dan Kampusnya

2.    Konsultan Pertanian

Selanjutnya kamu juga bisa menjadi konsultan di bidang pertanian, yang akan bertugas memberi nasihat dan saran-saran di industri pertanian. Konsultan pertanian harus memiliki kemampuan dalam manajemen SDM dan juga pengelolaan keuangan dalam bidang pertanian. Selain itu karena seorang konsultan pasti akan memiliki banyak klien, maka kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mampu menjaga kerahasiaan klien.

3.    Dosen

Selanjutnya adalah dosen atau pengajar yang bisa berbagi ilmu seputar pertanian termasuk agroteknologi itu sendiri kepada para mahasiswa. Namun tentunya untuk bisa menjadi dosen, kamu harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi yakni S2 dan S3 bila diperlukan.

4.    Instansi Pemerintahan

Prospek kerja lainnya, lulusan jurusan ini juga masih terbuka lebar untuk berkarir di instansi pemerintahan, seperti di Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Badan Pusat Statistik dan banyak instansi pemerintahan lain atau juga di BUMN.

5.    Perusahaan Perkebunan dan Pupuk

Bekerja di perusahaan yang membuka bisnis di bidang perkebunan dan pupuk juga bisa menjadi pilihan, apalagi di Indonesia banyak sekali perusahaan di bidang perkebunan dan pupuk. Tugasnya bisa meneliti, merawat dan melakukan inovasi-inovasi untuk tanaman. Untuk posisinya sendiri bisa menjadi petugas manajerial atau juga petugas operasional perusahaan.

Baca juga: Masih Jarang Ditemukan, Jurusan Administrasi Rumah Sakit Belajar Apa Saja di Perkuliahannya?

6.    Jurnalis Agroteknologi

Untuk kamu lulusan agroteknologi yang memiliki kemampuan menulis dan berminat untuk membagikan ilmu untuk masyarakat luas, kamu bisa menjadi seorang jurnalis. Di era digital sekarang ini, prospek kerjanya cukup menjanjikan, bahkan kamu bisa membuat buku seputar Agroteknologi dari sudut pandang yang lain dalam bentuk buku cetak atau e-book.

7.    Entrepreneur

Pilihan lainnya adalah menjadi entrepreneur. Bagi kamu yang memiliki minat di bidang bisnis dan pemasaran cocok sekali menjadi entrepreneur. Kamu bisa memanfaatkan internet dan media sosial dalam pemasaran produk pertanian, seperti produk perkebunan, hortikultura, pangan, kehutanan, perbenihan, pestisida, usaha industri rumah tangga, pupuk dan sarana produksi pertanian.

Jadi pertanyaan lulusan jurusan agroteknologi kerja apa sudah terjawab, bukan? Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ini? Yuk maksimalkan persiapan masuk PTN dengan bimbel Indonesia College. Kamu akan mendapatkan modul berisi materi lengkap sesuai materi yang akan diujikan, dan dapat free try out progresif yang mirip BPPP. Yuk konsultasikan dulu dengan CS kami di sini dan dapatkan penawaran terbaiknya selagi masih tersedia.