jalur mandiri UB 2024

Pendaftaran Jalur Mandiri UB 2024 Jalur Nilai Rapor dan Prestasi: Jadwal dan Persyaratannya

Jalur Mandiri UB 2024 – Pendaftaran seleksi mandiri Universitas Brawijaya 2024 sudah dibuka untuk jalur SMPD dan jalur Nilai Rapor & Prestasi. Kampus ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri unggulan di Malang, Jawa Timur yang sudah berdiri sejak 1963. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas untuk jalur Nilai Rapor & Prestasi yang bisa dimanfaatkan bagi kamu yang memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik.

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UB 2024 

jalur mandiri UB 2024

Pendaftaran jalur Nilai Rapor dan Prestasi, dilaksanakan dengan timeline sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dan Pembayaran Online: 3 Juni (18.00 WIB) – 15 Juni (15.00 WIB) 2024 bisa diakses di          https://admisi.ub.ac.id
  2. Pengisian Data Oleh Siswa: 3 Juni (18.00 WIB) – 15 Juni (23.59 WIB) 2024bisa diakses di https://admisi.ub.ac.id
  3. Proses seleksi untuk seleksi mandiri 2024: 16-23 Juni 2024
  4. Pengumuman Hasil Seleksi 24 Juni 2024 bisa diakses di https://selma.ub.ac.id
  5. Penetapan Biaya Pendidikan: 5 Juli 2024 bisa diakses di https://admisi.ub.ac.id

Jalur Nilai Rapor dan Prestasi

Seleksi Mandiri jalur Nilai Rapor dan Prestasi ini diselenggarakan khusus untuk program Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 & D4), dan diselenggarakan langsung oleh pihak kampus Universitas Brawijaya. Tujuannya sendiri adalah menjaring calon mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik.  Untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara online di laman https://admisi.ub.ac.id.

1.     Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dari sekolah terakreditasi yang dibuktikan sudah memiliki ijazah (bagi lulusan 2022 dan 2023);
  • Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA sederajat dan Paket C tahun 2024 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah, dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (foto terkena stempel) atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Ketika dinyatakan lolos WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) saat registrasi;
  • Bagi lulusan Sekolah Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUDRISTEK;
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Nilai rapor minimal rata-rata 75,00 di masing-masing semester di bidang pengetahuan semua mata pelajaran (mulai dari semester 1-5).

Baca juga: Sedang Menunggu Hasil Pengumuman SNBT 2024? Coba Lakukan 4 Kegiatan Berikut

2.     Persyaratan Khusus

Memiliki prestasi baik akademik dan atau non akademik dengan persyaratan sebagai berikut:

Prestasi Akademik:

  • Peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 atau setara pada tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi di bidang:
    • Olimpiade sains pada bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Ekonomi, dan bidang lainnya;
    • Lomba Kompetensi Siswa;
    • Lomba karya tulis ilmiah;
    • Lomba story telling bahasa internasional;
    • Lomba cerdas cermat;
    • Lomba atau kejuaraan lain yang terkait dengan mata pelajaran yang diselenggarakan lembaga yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. (Prestasi didapatkan selama masa pendidikan  SMA/SMK/MA/MAK, dibuktikan dengan sertifikat/piagam/surat keterangan yang menuliskan nama peserta dan telah disahkan oleh pihak berwenang (pihak penyelenggara atau sekolah).

Prestasi Non-Akademik:

  • Peraih juara 1, 2, dan 3 pada tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi, di bidang olahraga, kesenian, keterampilan, keagamaan. (Didapatkan selama pendidikan SMA/SMK/MA/MAK, dan terkurasi di PUSPRESNAS (https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi) dan dibuktikan dengan sertifikat/piagam/surat keterangan yang menuliskan nama peserta dan telah disahkan oleh pihak berwenang (pihak penyelenggara atau sekolah)).
  • Hafidz dan Hafidzah Al Qur’an minimal 5 Juz, dan penghafal Kitab Suci agama lain dibuktikan dengan sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan.

Bagi peserta yang memilih Program Studi S1 Seni Rupa Murni dan D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang disediakan.
  • Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang disediakan.
  • Satu sampai dua karya 2D (sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
  • Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, maka akan didiskualifikasi.

Demikianlah informasi seputar pendaftaran jalur mandiri UB 2024 yang sudah berlangsung sampai 15 Juni mendatang. Jadi bagaimana, sudah mempersiapkan diri untuk jadi mahasiswa UB 2024?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.