pendaftaran polinela

Pendaftaran Polinela Jalur Mandiri Masih Dibuka! Simak Jadwal dan Ketentuan Berikut

Pendaftaran Polinela –  Politeknik Negeri Lampung merupakan perguruan tinggi vokasi, yang saat ini sudah memiliki 5 jurusan dan 32 program studi di jenjang diploma 3, sarjana terapan dan pascasarjana (S2 Terapan). Saat ini, Polinela sedang membuka pendaftaran di jalur mandiri.

Jalur mandiri Polinela ini dilakukan dengan mekanisme seleksi tes UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) dan juga tes wawancara. Pendaftarannya dilakukan secara online, dan bisa diikuti oleh peserta lulusan SMA/MA/SMK sederajat dalam 3 tahun terakhir (2022, 2023, dan 2024) dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024.

Mekanisme Pelaksanaan Pendaftaran Polinela

Setiap peserta diperbolehkan memilih 3 program studi, dan urutan pilihan program studi tersebut akan menentukan prioritas program studi pilihan. Proses seleksi akan dilaksanakan secara objektif dan adil, dengan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri Lampung.

Dalam pelaksanaan seleksi mahasiswa baru Polinela, berikut mekanisme pendaftarannya:

  • Pendaftar melakukan proses pendaftaran secara online
  • Peserta mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
  • Peserta yang lolos seleksi UBTK wajib mengikuti seleksi Wawancara.
  • Peserta yang lolos seleksi wawancara wajib melakukan daftar ulang.

Lalu untuk pendaftarannya, calon peserta bisa melakukan pendaftaran di http://spo.pmb.polinela.ac.id, dan pilih jalur seleksi yang sesuai yakni jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Jalur Mandiri PTN dan PTS Masih Dibuka, Cek Informasi Berikut!

Ketentuan Umum

Berikut ini merupakan ketentuan umum, yaitu:

  • Peserta Jalur MANDIRI hanya diperbolehkan mengikuti UTBK satu kali
  • Hasil UTBK-MANDIRI hanya untuk seleksi pendaftaran jalur MANDIRI 2024.
  • Hasil seleksi MANDIRI 2024 merupakan hasil dari UTBK-MANDIRI, Wawancara dan kriteria lain sesuai dengan ketentuan Politeknik Negeri Lampung
  • Peserta yang telah mengikuti seleksi jalur SMBP-T dan tidak lulus dapat mendaftarkan diri pada jalur MANDIRI dan mencantumkan nomor pendaftaran jalur SMBP-T pada layanan yang disediakan pada saat registrasi data pendaftar. Dan dapat memilih akan mengikuti test UTBK-MANDIRI kembali atau menggunakan hasil test SMBP-T UTBK yang telah terekam di panitia untuk digunakan pada seleksi jalur MANDIRI.
  • Peserta yang telah mengikuti seleksi jalur SNBT (UTBK) dan tidak lulus dapat mendaftarkan diri pada jalur MANDIRI dan mencantumkan nilai SNBT-UTBK pada layanan yang disediakan pada saat registrasi data pendaftar. Dan dapat memilih akan mengikuti test MANDIRI-UBTK kembali atau menggunakan nilai SNBT-UTBK yang telah terekam di panitia untuk digunakan seleksi jalur MANDIRI

Persyaratan Pendaftar

Berikut ini merupakan persyaratan peserta pendaftaran, antara lain:

  • Memiliki Akun MANDIRI, pada Sistem Pendaftaran Online Politeknik Negeri Lampung.
  • Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2024 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau ijazah atau peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024). Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan:foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan Kepala Sekolah
  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 harus memiliki ijazah dan maksimal berusia 25 tahun (per 1 Juli 2024). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Tidak lulus jalur SNBP, SNBT, SMBP-PAN dan atau SMBP-T Tahun 2024 Politeknik Negeri Lampung.
  • Memiliki kesehatan prima sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Jadwal Pendaftaran Polinela 2024

NoKegiatanTanggal
1Sosialisasi dan Promosi (Panitia PMB)1 Des 2023 – 24 Juli 2024
2Pendaftaran Online24 Juni – 25 Juli 2024
3Seleksi Tes UTBK-MANDIRI *)29 Juli 2024
4Seleksi Tes Wawancara *)29 Juli 2024
5Pengumuman Hasil Seleksi31 Juli 2024
6Registrasi Jalur MANDIRI:
Registrasi Data Induk Calon Mahasiswa1 – 6 Agustus 2024
Verifikasi Data dan Penetapan Besaran UKT7 – 9 Agustus 2024
Pembayaran UKT12 – 16 Agustus 2024
Masa sanggah UKT12 – 16 Agustus 2024

Jadi selama pendaftaran Polinela jalur mandiri ini masih dibuka, persiapkan diri untuk mendaftar supaya tidak ketinggalan! Bagaimana, siap untuk menjadi mahasiswa Polinela?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.