Ini Dia Tata Cara Pendaftaran Politeknik Penerbangan Surabaya 2020/2021 yang Sesuai Dengan Sipencatar Ikatan Dinas Kementerian Perhubungan RI

Salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh lulusan jenjang SMA/SMK/MA adalah Politeknik Penerbangan. Dimana Politeknik Penerbangan atau Poltekbang adalah perguruan tinggi yang khusus menyediakan program studi penerbangan, dalam hal ini untuk mencetak pilot pesawat.

Nah, dari sekian banyaknya Poltekbang yang tersebar di seluruh Indonesia, yang paling diminati adalah Poltekbang Surabaya. Mengapa demikian? Sebab, Poltekbang Surabaya berada di bawah naungan langsung Kementerian Perhubungan. Dengan demikian, tentu perguruan tinggi ini mampu mencetak generasi yang lebih unggul, lebih dari itu dapat ditempatkan di perusahaan milik negara ataupun swasta.

Selain itu, perguruan tinggi yang memiliki nama awal Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau ATKP ini, beralamat di Jl. Jemur Andayani 1 No 73 Surabaya – 60236. Sedangkan visinya ialah  “Menjadi Lembaga pendidikan dan pelatihan penerbangan kelas dunia yang profesional dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di industri jasa penerbangan nasional maupun internasional”

Nah, sebagai Poltekbang yang profesional dan berbasis Nasional, maka Politeknik Penerbangan Surabaya menyediakan beberapa program studi, yakni:

  1. Teknik Navigasi Udara (TNU)
  2. Teknik Bangunan dan Landasan (TBL)
  3. Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)
  4. Teknik Pesawat Udara (TPU)
  5. Lalu Lintas Udara (LLU)
  6. Manajemen Transportasi Udara (MTU)
  7. Komunikasi Penerbangan (KP).

Tertarik untuk masuk ke Poltekbang Surabaya ini? Karena, perguruan tinggi ini berada di bawah naungan langsung Kemenhub, maka bagi Anda yang akan mendaftar, harus memenuhi syarat sesuai ketentuan Kemenhub. Dalam hal ini diatur dalam Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. 

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Ini dia hal penting yang harus Anda siapkan mulai sekarang untuk masuk ke Poltekbang Surabaya!

Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan untuk per Jurusan

  1. Program Studi D-III TPU atau Teknik Pesawat Udara, persyaratan untuk ijazah kelulusan:
    1. SMU/MA (IPA),
    2. Paket C (IPA)
    3. SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia) Teknik Elektronika, dan Teknik Telekomunikasi.
  2. Program Studi D-III MTU atau Manajemen Transportasi Udara, persyaratan untuk ijazah kelulusan:
    1. SMU/MA (IPA/IPS)
    2. Paket C (IPA)
    3. SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Otomotif, Teknik Telekomunikasi, Manajemen Bisnis dan Pemasaran, Perhotelan, Akuntansi serta Keuangan.
  3. D-III TBL (Teknik Bangunan dan Landasan), persyaratan ijazah kelulusan:
    1. SMA/MA (IPA)
    2. Paket C (IPA),
    3. SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia),Teknologi Pesawat Udara, Teknologi Konstruksi dan Properti (kecuali Bisnis Konstruksi dan Properti), Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, dan Teknik Telekomunikasi,.

Persyaratan Pendaftaran

Selain wajib memenuhi persyaratan ijazah kelulusan tersebut, Anda juga wajib memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditentukan oleh Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Adapun persyaratan pendaftarannya yakni:

  1. Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Usia maksimal calon taruna/ taruni yakni 23 tahun serta usia minimal yakni 16 tahun. Namun khusus untuk berikut ini:
    1. D-II PKB STTD, usia minimal calon taruna/ taruni 17 tahun;
    2. D-III LLU, usia minimal calon taruna/ taruni 18 tahun;
    3. D-lV LLU, usia minimal calon taruna/ taruni 17 tahun.
  3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan:
    1. Bagi Anda yang lulusan tahun 20l9 atau sebelumnya, maka harus mempunyai nilai rata-rata ujian tertulis dalam ijazah tak boleh kurang dari 7,0 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 1-10), atau 70,00 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 10-100), 2,8 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 1-4); atau
    2. Bagi Anda lulusan tahun 2020, maka harus mempunyai nilai rata-rata rapor dalam komponen Pengetahuan di 5 semester, yakni semester gasal dan genap pada kelas X dan XI, serta semester gasal pada kelas XII. Dalam hal ini, nilai tak boleh kurang dari 7,0 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 1-10) atau 70,00 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 10-100) atau 2,8 (jika dihitung menggunakan skala penilaian l-4).

      Selain itu juga atas ketentuan, yakni ketika melakukan pendaftaran ulang calon taruna/ taruni harus sudah dinyatakan lulus serta mempunyai nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah yakni tak kurang dari 7,0 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 1-10) atau 70,00 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 10-100) atau 2,8 (jika dihitung menggunakan skala penilaian 1-4).
  4. Calon Taruna/Taruni harus memiliki tinggi badan minimal, bagi pria 160 cm sedangkan bagi wanita 155 cm. Namun khusus untuk berikut ini:
    1. Program studi D-III PKP minimal memiliki tinggi badan 165 cm, baik pria ataupun wanita;
    2. Program studi D-IV Penerbang pria minimal memiliki tinggi badan 165 cm, sedangkan wanita minimal memiliki tinggi badan 163 cm;
    3. Program studi D-III OBU tinggi badan pria minimal 165 cm, sedangkan tinggi badan wanita minimal 160 cm.
  5. Berbadan sehat, yakni tidak cacat fisik atau mental
    Terbebas dari HIV/AIDS dan bebas narkoba;
  6. Calon Taruna atau bagi pria, tak boleh memiliki tato atau bekas tato, serta tak boleh ditindik atau memiliki bekas tindik pada telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali jika disebabkan karena ketentuan agama adat;
  7. Calon Taruni atau bagi wanita, juga tak boleh bertato atau memiliki bekas tato, serta tak boleh bertindik atau memiliki bekas tindik pada anggota badan lainnya kecuali pada telinga, dan itu hanya 1 pasang telinga kanan dan kiri
    Penglihatan harus tajam dan normal, serta tidak boleh menderita kelainan buta warna baik parsial ataupun total;
  8. Tidak sedang terancam atau dalam masa hukuman pidana yang disebabkan karena melakukan kejahatan;
    Belum atau tidak pernah diberhentikan sebagai Taruna / Taruni dalam lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan atau Perguruan Tinggi lainnya secara tak hormat;
  9. Bersedia untuk menaati dan menghormati semua peraturan yang ditetapkan dalam Pola Pembibitan;
  10. Bersedia untuk diberhentikan secara tak tidak hormat, bila terbukti melakukan tindakan kriminal seperti mengkonsumsi dan/atau menjual belikan narkoba, melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual, serta melakukan tindak kekerasan seperti perundungan, perkelahian, pengeroyokan, pemukulan, dll),
    Dinyatakan gugur, jika terbukti melakukan pemalsuan identitas atau berkas dokumen;
  11. Bersedia untuk menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni dengan materai 6000 Rupiah;
  12. Khusus untuk program studi di STTD, calon taruna/ taruni bersedia untuk mengikuti pendidikan pada kampus yang telah ditentukan oleh STTD sesuai pada program studi yang diikuti;
  13. Memiliki Surat Elektronik I e-mail yang masih aktif.
    Khusus untuk Program Studi D-III PKP, hanya untuk yang berjenis kelamin pria saja;

Alur Pendaftaran

Secara umum, alur pendaftaran Poltekbang Surabaya harus mengikuti alur pendaftaran sesuai ketetapan Sipencatar Dephub, yakni dengan tahap berikut ini:

  1. Mendaftar terlebih dahulu dalam Portal SSCN BKN pada alamat sscasn.bkn.go.id agar memperoleh username dan password, yang akan digunakan ke proses selanjutnya, serta jangan lupa untuk mencetak tanda  bukti pendaftaran I
  2. Dengan username dan password tadi, kemudian gunakan untuk melakukan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub pada alamat sipencatar.dephub.go.id.
  3. Pastikan lengkapi data yang dibutuhkan serta mengunduh dokumen yang diperlukan. Serta jangan lupa untuk mencetak tanda bukti pendaftaran II

Tata Cara Poltekbang Surabaya sesuai Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tata cara pendaftaran Poltekbang Surabaya sesuai dengan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub:

  1. Penting! Calon Taruna/Taruni hanya diperkenankan untuk mendaftar dalam satu perguruan tinggi Kedinasan naungan Kementerian atau Lembaga saja. Sehingga apabila Calon Taruna/Taruni terbukti atau ketahuan mendaftar di lebih dari satu perguruan tinggi Kedinasan maka yang bersangkutan akan dinyatakan gugur;
  2. Sesuai alur pendaftaran, Calon Taruna/Taruni diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online terlebih dahulu melalui portal SSCN BKN pada alamat sscasn.bkn.go.id, dan cetak bukti pendaftaran I ini.
  3. Setelah itu, Calon Taruna/Taruni diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang dengan menggunakan tanda bukti pada pendaftaran I melalui Portal Sipencatar Kemenhub. Kemudian cetak tanda bukti pendaftaran II ini
  4. Semua berkas yang diajukan harus diunggah ke dalam sistem pendaftaran online melalui Portal Sipencatar Kemenhub ini dalam bentuk softcopy, yakni terdiri dari:
    1. Akte Kelahiran
    2. Pas Foto terbaru berlatar  belakang merah, dalam ukuran 4 x 6 cm atau 400 x 600 pixel
    3. KTP dan KK Calon Taruna/Taruni usia di atas 17 tahun, bila mencapai usia namun belum memiliki KTP, maka bisa menggunakan Surat Keterangan Kependudukan Sementara
    4. Surat Keterangan sebagai peserta Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah atau pejabat berwenang, untuk siswa SMA/MA/ SMK kelas XII.
    5. Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, sesuai lulusannya
    6. Surat Keterangan belum pernah menikah yang harus ditandatangani oleh Kepala Desa sesuai dengan domisili (asli)
    7. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang, yang menyatakan bahwa program keahlian serta kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan pada konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016)
    8. Tanda bukti pendaftaran I yang dihasilkan dari Portal https://sscasn.bkn.go.id dalam format file Pdf maksimal berukuran 500 kB).
    9. Surat Pernyataan Calon Taruna / Taruni yang bermaterai 6000 Rupiah. Untuk contoh suratnya bisa diunduh pada http://sipencatar.dephub.go.id
    10. Semua berkas, kecuali tanda bukti pendaftaran I, dalam format file JPEG / PNG dengan ukuran minimal 300kB dan maksimal 500 kB

Cara Login ke Website Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

  1. Buka alamat sipencatar.dephub.go.id terlebih dahulu
  2. Lalu klik tombol “Klik Pembibitan”. Ini hanya digunakan untuk login pertama sja, karena selanjutnya Anda harus klik menu “Login” yang ada di sebelah menu “Login Pembibitan”
  3. Gunakan username dan password yang diperoleh dalam Portal SSCN BKN untuk Login
  4. Lalu klik tombol “Login” yang berada di bagian bawah.

Tahapan Seleksi

  1. Seleksi Tahap I, calon taruna. taruni melakukan pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II, dilanjutkan dengan mengikuti Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV, dilaksanakan Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V, dilaksanakan Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI, pelaksanaan Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII, dilaksanakan  Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII, ini hanya khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang saja, dengan melaksanakan Tes Kesehatan II, serta Tes Bakat Terbang

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi/Tes Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2020

  1. Pendaftaran melalui jalur pola pembibitan, yang dilaksanakan pada 9 sampai 30 April 2020
  2. Pendaftaran melalui jalur reguler, yang dilaksanakan pada 13 Mei sampai  Juni 2020
  3. Pengumuman peserta yang mengikuti SKD, yang dilaksanakan pada 10 Juni 2020
  4. Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) oleh peserta yang lulus SKD pada 13 sampai 17 Mei 2020
  5. Pengumuman peserta yang mengikuti Tes Akademik, yang diumumkan 21 Juni 2020
  6. Pelaksanaan Tes Akademik dan Psikotes, yang diselenggarakan pada 24-28 Juni 2020
  7. Pengumuman hasil Tes Akademik dan Psikotes, yang diumumkan pada 5 Juli 2020
  8. Pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesemaptaan dan Wawancara, yang diselenggarakan pada 9 – 12 Juli 2020
  9. Pengumuman hasil akhir, yang diumumkan pada 19 Juli 2020

Lokasi Tes

Sesuai dengan jenis perguruan tinggi milik Kemenhub yang Anda pilih, maka beberapa kemungkinan lokasi tes yang akan Anda laksanakan yakni:

  1. Satuan Kerja / UPT Badan Pengembangan SDM Perhubungan:
  2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, beralamat di Jl. Raya PLPI STPI Curug, Tangerang Telp. (021) 5982204-5 Ext.527
  3. Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, beralamat di Jl. Kayu Batu No. 6 Jayapura 99117, Po Box 1324 Telp. (09671541049
  4. Politeknik Penerbangan Surabaya, beralamat di Jl. Jemur Andayani I No. 73 Wonocolo Surabaya Telp. (031) 8410871
  5. Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Palembang, beralamat di Jl. Adi Sucipto, Talang Betutu Palembang Telp. (0711) 410930
  6. Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan Makassar, beralamat di Kampus II: Kel. Kecamatan Biringkanaya, Jl. Salodong, Untia, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90532
  7. Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi, beralamat di Komplek Bandara Blimbingsari, Jl. Agung Wilis, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi
  8. Dinas Perhubungan
  9. Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, beralamat di Jl. Prof. M. Yamin, SH No.76 Simpang Kawat, Jambi Telp. (O7a1) 60348
  10. Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, beralamat di Jl. Ruhui Rahayu I No 5 Balikpapan, Kalimantan Timur Telp. (0542) 876291
  11. Dishubkominfo Provinsi Kalimantan Barat, beralamat di Jl. Adi Sucipto Km. 9,2 Sungai Raya Telp. (0561), 721466
  12. Dishubkominfo Provinsi Sulawesi Tengah, beralamat di Jl. R.A Kartini No.35 Palu Telp. (0451) 422196
  13. Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur, beralamat di Jl. Palapa No. 17 Kupang Telp. (0380) 833691, 831321
  14. Dishubkominfo Provinsi Sulawesi Utara, beralamat di Jl. RE Martadinata No.35, Manado Telp. (0431) 867052
  15. Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, beralamat di Jln Sultan Hasanuddin, Kendari, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  16. Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, beralamat di Jl. Pattimura No. 21, Ambon, Maluku
  17. Dishubkominfo Provinsi Nusa Tenggara Barat, beralamat di Jl. Langko No. 49 Kota Mataram Telp. (0370) 633735, 637484
  18. Serta dinas perhubungan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia

Biasanya lokasi tes akan diberitahukan jika Anda telah melakukan pendaftaran.

Informasi Penting Lainnya silahkan cek di:

Untuk info penting tentang Poltekbang Surabaya, Anda bisa menghubungi sebagai berikut ini

  1. Website resminya pada alamat poltekbangsby.ac.id
  2. Datang langsung ke kampus di Gedung Utama Lt. 1, pada Hari kerja yakni pukul 08.00-15.00 WIB

Siap untuk masuk ke perguruan tinggi impian Anda? Pastikan penuhi semua persyaratan dan ikuti alur sesuai yang ditunjukkan.