kuliah kedokteran belajar apa saja?

Pengen Jadi Dokter, Tapi Kuliah Kedokteran Belajar Apa Saja Ya?

Kedokteran Belajar Apa Saja? – Sebagai peminat ilmu kedokteran, kamu pasti penasaran kira-kira nanti apa saja yang akan dipelajari saat sudah menempuh pendidikan? Karena seperti yang kita tau, jurusan ini jadi jurusan yang terbilang bergengsi dan seleksinya lebih ketat.

Tidak heran juga kalau prospek kerjanya bagus bahkan tawaran gajinya tinggi. Tapi juga tanggung jawabnya besar karena akan sering bertaruh dengan nyawa manusia. Nah, kira-kira apa saja sih yang dipelajari saat kuliah kedokteran?

10 Hal yang Akan Dipelajari Saat Kuliah Kedokteran

kedokteran belajar apa saja?

Selain terkenal butuh biaya besar, kuliah kedokteran juga harus menjalani banyak sekali rangkaian praktik dan waktu kuliahnya cukup lama. Kamu dituntut untuk bisa menguasai beberapa hal ini untuk memaksimalkan kemampuan saat praktik nanti:

1.    Anatomi

Pertama yang pasti akan dipelajari adalah mengenai anatomi tubuh manusia. Kamu akan mengenal bagian-bagian tubuh manusia baik yang ada di luar maupun di organ dalam tubuh. Selain itu kamu juga harus paham bagaimana fungsi dari masing-masing bagian dalam tubuh itu.

2.    Kardiovaskuler

Selanjutnya kardiovaskuler akan mengajarkan kamu untuk mengenal cara kerja organ jantung dan juga pembuluh darah dalam tubuh yang merupakan bagian vital manusia. Maka dari itu semua calon dokter harus menguasai hal ini.

3.    Reproduksi

Kamu yang anak IPA pasti sudah sering mendengar kata reproduksi. Betul, reproduksi ini adalah sistem perkembangbiakan pada manusia untuk menghasilkan individu baru. Selain itu, kamu akan mempelajari gangguan atau penyakit yang bisa terjadi di saluran reproduksi manusia.

Baca juga: Ini Dia 5 Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia

4.    Respiratori

Lalu ada saluran pernapasan yang juga sangat penting dan sangat dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Kamu akan mempelajari sistem pernapasan mulai dari hidung sampai paru-paru. Bagaimana tubuh mendapatkan oksigen sampai dengan mengeluarkan karbondioksida.

5.    Ilmu Bedah

Sebagai seorang dokter juga tidak akan jauh-jauh dari operasi bedah. Tapi memang tidak semua profesi dokter akan diajarkan ilmu bedah ini, kecuali dokter bedah, dokter gigi dan dokter hewan yang memang wajib menguasai.

6.    Ilmu Penyakit Dalam

Selanjutnya kamu juga akan mempelajari mengenai penyakit dalam. Tentu proses pemeriksaannya agak rumit, maka dari itu kamu akan diajarkan juga cara pengobatannya dan obat yang tepat untuk menyembuhkannya.

7.    Gastrointestinal

Proses pencernaan tidak boleh dilewatkan oleh calon dokter. Kamu harus paham bagaimana proses makanan yang masuk, kemudian dicerna oleh organ, lalu bagaimana bisa berubah menjadi energi dan proses pembuangannya.

8.    Metabolisme dan Energi

Masih ada lagi yang wajib kamu kuasai untuk menjadi dokter. Kamu harus paham proses metabolisme dalam tubuh dan juga perubahan energinya. Kamu juga akan diajarkan bagaimana usia, jenis kelamin dan genetika bisa menyebabkan perbedaan dalam proses metabolisme tubuh.

9.    Biologi Seluler

Setelah semakin paham bagaimana organ-organ dalam tubuh, kamu juga akan mempelajari sel-sel dalam tubuh yang jauh lebih rumit. Bagaimana sel-sel akan berkelompok dan berkembang untuk nantinya bisa menjadi jaringan. Lalu dari jaringan akan menjadi organ, dan menjadi makhluk hidup.

10. Genetika

Generika sendiri adalah ilmu yang mempelajari bagaimana proses penurunan gen pada manusia. Ada kromosom, DNA, RNA, Plasmid, Episom sampai dengan elemen tranposabel yang akan menurun ke keturunan selanjutnya.

Selain 10 hal di atas tentu masih banyak hal lain yang akan kamu pelajari selama menempuh pendidikan kedokteran. Tapi setidaknya pembahasan di atas menjadi inti yang menjawab pertanyaan kuliah kedokteran belajar apa saja?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.