pengumuman SIMAK UI 2024
Sumber: https://www.ui.ac.id/tentang-ui/

Pengumuman SIMAK UI 2024 Sudah Keluar, Ini Link dan Cara Cek Pengumumannya

Pengumuman SIMAK UI 2024 – Pengumuman hasil Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) akhirnya sudah keluar kemarin, Jumat (26/07/2024) pukul 16.00 WIB. Pengumuman ini menandakan berakhirnya rangkaian SIMAK UI 2024, setelah pendaftarannya yang sudah berlangsung sejak bulan Juni lalu.

Seleksi masuk UI ini membuka pendaftaran untuk jenjang Diploma 3, Sarjana Terapan (D4), Sarjana (S1), Magister, Profesi, Spesialis dan juga Doktor. Lalu bagaimana cara melihat pengumuman SIMAK UI 2024 ini?

Bagi kamu yang sudah mengikuti ujian SIMAK UI 2024 kemarin, pasti penasaran dengan hasilnya kan? Jadi langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses pengumumannya, bisa menggunakan smartphone atau PC.

  1. Kunjungi laman resmi SIMAK UI di https://penerimaan.ui.ac.id/
  2. Masukkan nomor ujian kamu
  3. Pilih jalur Simak
  4. Klik Tombol “lihat” untuk melihat hasil kelulusan
  5. Hasil ujian SIMAK UI 2024 kamu akan ditampilkan

Untuk peserta yang dinyatakan lolos, wajib melakukan daftar ulang dan menyelesaikan proses administrasi yang diperlukan sebagai bentuk konfirmasi peserta menerima pernyataan tersebut dan resmi menjadi mahasiswa UI. Bagi yang melewatkan tahap ini, peserta akan dianggap mengundurkan diri.

Baca juga: Jurusan Teknik Lingkungan di Indonesia: Materi, Mata Kuliah, Kampus dan Prospek Kerjanya

Syarat Daftar Ulang Simak UI 2024

Karena pengumuman sudah keluar, peserta yang dinyatakan lolos diwajibkan segera melakukan pendaftaran ulang, dan wajib melampirkan dokumen-dokumen berikut yang sudah discan dan disatukan dalam format pdf, antara lain:

  • Kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) atau kartu keluarga (KK).
  • Ijazah, surat keterangan lulus (SKL) yang ditandatangani oleh kepala sekolah, maupun surat verifikasi dari UI. Untuk peserta yang merupakan lulusan luar negeri, dokumen kelulusannya harus disesuaikan, dengan surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
  • Kartu Indonesia Sehat (KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan (jika sudah memiliki).
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku (jika ada).
  • Mengunduh surat pernyataan dan ditandatangani di atas materai Rp 10.000. 

Baca juga: Masih Banyak yang Bingung, Istilah Gap Year dan Semi Gap Year Artinya?

Lalu peserta juga harus memperhatikan hal-hal berikut saat mengisi formulir pra-registrasi mahasiswa baru UI 2024:

  • Pastikan nama yang digunakan saat mendaftar sama dengan yang tertera di ijazah
  • Isikan alamat lengkap rumah sesuai dengan 3-KTP atau KK yang terdiri dari: nama jalan, nomor rumah, dan juga RT/RW. Kamu bisa mengetikkan kata kunci untuk menemukan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  • Tuliskan alamat email aktif untuk menerima informasi yang berkaitan dengan registrasi.
  • Masukkan nomor ponsel aktif
  • Masukkan tempat lahir kamu (kabupaten/kota) sesuai dengan yang tercantum di akta kelahiran atau KK.
  • Unggah scan dokumen e-KTP atau KK
  • Download dan cetak surat pernyataan sebagai mahasiswa UI, dan tanda tangan di atas materai Rp 10.000 yang ditempelkan di surat pernyataan tersebut, lalu unggah hasil scan dari surat pernyataan tersebut
  • Masukkan nomor ijazah atau SKL
  • Unggal scan Ijazah atau SKL
  • Masukkan nama sekolah atau perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah
  • Bagi yang memiliki asuransi kesehatan, isikan nomor kartu asuransi kesehatan dan unggal file kartu, termasuk BPJS Kesehatan
  • Tekan tombol Simpan untuk mengunggah dan mengakhiri proses daftar ulang mahasiswa baru UI 2024
  • Cetak bukti pra-registrasi untuk mencetak ringkasan.

Persiapan Pendaftaran SIMAK UI Periode Mendatang

SIMAK UI menjadi jalur seleksi yang ramai pendaftarnya, dan setiap tahunnya selalu memiliki keketatan seleksi yang tinggi di setiap pilihan jurusannya. Tentu semua peserta menaruh harapan besar, dan harus bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya yang tidak bisa diremehkan.

Nah, Indonesia College menjadi lembaga bimbingan belajar untuk persiapan menghadapi SIMAK UI dan seleksi UI termasuk PTN lainnya dengan matang. Kamu akan mendapatkan materi lengkap dan sesuai dengan yang akan diujikan. Kamu juga akan mendapat Tryout progresif, dan pembelajarannya diajarkan oleh Tentor profesional berpengalaman di bidangnya.

Jadi tunggu apa lagi, jangan sampai terlambat untuk mempersiapkan diri demi lolos di UI maupun PTN lainnya. Kamu bisa konsultasi dulu dengan CS kami di sini, secara gratis. Demikian informasi seputar Pengumuman SIMAK UI 2024, ikuti terus informasi penting lainnya di sini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.