SKD CPNS 2023

CPNS 2024 Dibuka Sebentar Lagi! Peserta Bisa Gunakan SKD CPNS 2023, Begini Ketentuannya

SKD CPNS 2023 – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa hasil tes SKD CPNS tahun sebelumnya bisa digunakan untuk periode selanjutnya. Jadi sertifikat yang berisi hasil tes SKD CPNS bisa berlaku sampai seleksi pengadaan PNS di periode berikutnya.

Pernyataan ini mengacu pada Keputusan Menteri PANRB Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Pengadaan PNS Tahun 2023. Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Nanang Subandi memastikan bahwa kebijakan tersebut masih berlaku bagi peserta CPNS 2023 yang akan mengikuti seleksi CPNS 2024.

Dalam Diktum Kesembilan dan Kesepuluh Kepmenpanrb 651/2023, yang berbunyi: “Nilai SKD yang diperoleh oleh peserta seleksi pengadaan PNS Tahun 2023 berlaku sampai dengan seleksi pengadaan PNS 1 (satu) periode berikutnya. Dalam hal peserta seleksi pengadaan PNS mengikuti seleksi (dalam hal ini SKD) pada periode berikutnya, maka nilai SKD pada periode sebelumnya dinyatakan tidak berlaku.”

Penggunaan SKD CPNS 2023 Bersifat Opsional

Peserta Tes CPNS periode 2023 diberikan kesempatan untuk menggunakan nilai tes SKD CPNS 2023 di periode selanjutnya, namun ini bukan merupakan keputusan paten karena kesempatan ini bersifat pilihan. Jadi, peserta CPNS diperbolehkan menggunakan hasil SKD CPNS periode sebelumnya di seleksi selanjutnya, atau tidak.

“Peserta CPNS tahun ini bisa menggunakan hasil tes SKD CPNS 2023, dikembalikan pilihannya ke pelamar”, ucapnya pada Jumat (15/3/2024).

Nanang Subandi menyarankan agar hasil tes SKD CPNS yang akan digunakan di periode CPNS berikutnya harus memenuhi nilai ambang batas minimal di setiap materinya.

Baca juga: Resmi, POLTEKIM dan POLTEKIP Diganti Politeknik Pengayoman Indonesia

Cara Download Sertifikat Tes SKD CPNS

Peserta yang ingin menggunakan nilai tes SKD CPNS periode sebelumnya (tahun 2023) di seleksi 2024 nanti, pastikan untuk mengecek keaslian sertifikat SKD secara online di laman resmi SertifiCAT. Bagi yang belum mengunduh sertifikat, berikut caranya:

  • Buka laman https://sertificat.bkn.go.id/
  • Masukkan NIK sesuai KTP peserta
  • Masukkan Nomor Peserta
  • Pilih tipe seleksi dan masukkan Calon Pegawai Negeri Sipil
  • Terakhir, klik Unduh.

Sistem SertifiCAT akan memunculkan hasil SKD peserta berdasarkan data yang dimasukkan. Kemudian untuk memastikan keasliannya, peserta bisa menggunakan aplikasi Validator SertifiCAT yang bisa diunduh di Google Play Store.

Timeline Proses CPNS 2024

Berdasarkan paparan BKN, berikut jadwal linimasa proses CPNS:

  • Pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi: minggu ketiga Agustus – minggu kedua September 2024
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS: minggu kedua Oktober – minggu kedua November 2024
  • Pengumuman hasil SKD CPNS: minggu kedua November 2024
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Computer-Assisted Test (CAT) dan Non-CAT: minggu ketiga November – minggu ketiga Desember 2024
  • Pengumuman kelulusan akhir CPNS: minggu kedua – minggu ketiga Januari 2025
  • Usulan penetapan nomor induk: minggu ketiga Februari – minggu ketiga Maret 2025

Kesimpulan

Tahun ini, pemerintah memastikan kuota CPNS 2024 akan tersedia sebanyak 2,3 juta yang terdiri dari CPNS dan PPPK di instansi pusat dan daerah. Namun saat ini untuk formasi dan pengadaannya masih menunggu keputusan lebih lanjut.

Pemerintah tidak menggunakan mekanisme pemanfaatan nilai tertinggi milik peserta di skema ini. Bila peserta peserta memilih menggunakan nilai dalam sertifikat SKD periode sebelumnya, maka nilai tersebutlah yang akan dikompetisikan. Sedangkan peserta yang memilih untuk mengikuti tes SKD lagi, maka nilai sertifikat yang diinput akan gugur dan peserta akan bersaing di tes CPNS periode ini dengan nilai hasil tes SKD terbaru.

Suharmen mengujarkan, “Jadi kalau nilai SKD nya gunakan tahun sebelumnya lalu yang bersangkutan ikuti SKD lagi maka nilai SKD yang disertifikat gugur, maka yang bersangkutan akan ikut nilai SKD, jadi tidak ada memilih nilai SKD terbaik, pilihannya peserta ikut SKD atau tidak ikut SKD tapi gunakan sertifikatnya,”.

Jadi sudah jelas bukan mengenai penggunaan nilai SKD CPNS 2023 untuk periode tahun ini? Belum punya persiapan? Yuk maksimalkan dengan bimbel CPNS di Indonesia College! Kamu akan mendapat modul lengkap prediktif dan tryout progresif (CAT) yang mirip dengan BKN. Free konsultasi dan pendampingan SKB juga. Langsung chat CS kami di sini yuk untuk dapatkan penawaran terbaiknya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.