Politeknik Pengayoman Indonesia

Resmi, POLTEKIM dan POLTEKIP Diganti Politeknik Pengayoman Indonesia

Politeknik Pengayoman Indonesia – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly meresmikan Politeknik Pengayoman Indonesia atau disebut POLTEKPIN, yang merupakan gabungan dari dua sekolah kedinasan sebelumnya di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yakni Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP).

Jadi sekolah kedinasan Poltekim dan Poltekip sudah tidak ada lagi, dan sudah resmi berubah menjadi Poltekip. Simak informasi selengkapnya yuk.

Peresmian Politeknik Pengayoman Indonesia

Poltekim dan Poltekip sudah resmi dileburkan menjadi Poltekpin, yang tujuannya adalah membentuk manajemen dan operasional di bidang pendidikan di lingkungan Kemenkumham yang efisien. Menkumham mengungkapkan bahwa pembentukan Poltekpin ini adalah bentuk solusi inovatif dalam menciptakan sistem hukum dan HAM yang lebih baik, lebih humanis dan lebih berdaya guna.

Menkumham juga mengatakan saat memberi sambutan di acara Peresmian Poltekpin di Auditorium Prof. Dr. Muladi yang berlokasi di Tangerang pada 8 Agustus 2024 lalu,  “Restrukturisasi kelembagaan dengan menggabungkan Poltekip dan Poltekim menjadi Poltekpin adalah langkah strategis untuk menjadikan pendidikan vokasi di bidang Pemasyarakatan dan Imigrasi lebih terarah dan terintegrasi,”

Poltekpin ini bertanggung jawab untuk melahirkan tunas muda Pengayoman sebagai SDM yang unggul, berkualitas dan profesional. Taruna/Taruninya akan dididik dengan ketajaman akademis, berpikir kritis, berintegritas dan memiliki kepedulian dalam hal HAM. “Saya percaya melalui pendidikan yang berkualitas, akan mampu membentuk karakter dan moralitas, sehingga dapat menciptakan perubahan positif dalam kehidupan bermasyarakat, dan membangun budaya hukum yang kuat”.

Baca juga: Tidak Mau Gap Year? Ini 7 PTS yang Masih Buka Pendaftaran Sampai Agustus

Program Studi Politeknik Pengayoman Indonesia

Politeknik ini akan membuka jurusan dan program studi baru, bahkan akan membuka program magister terapan dan doktor terapan, sebagai jenjang lanjutan sesuai dengan kebutuhan instansi. Penambahan program baru ini diharapkan mampu menjadi sumber rekrutmen dan peningkatan kompetensi.

Rencananya, Poltekpin selain akan mengadakan jurusan Pemasyarakatan dan Imigrasi juga akan diisikan dengan jurusan beru seperti Kekayaan Intelektual, Pembentukan Regulasi, Administrasi Hukum Umum dan Hak Asasi Manusia. Jurusan-jurusan baru ini diharapkan bisa mengembangkan talenta-talenta terbaik di lingkungan Kemenkumham.

Menkumham menambahkan, “Mari kita wujudkan Poltekpin sebagai lembaga pendidikan yang terdepan, yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang berkualitas, tetapi juga menjadi teladan dalam menerapkan nilai nilai keadilan, kemanusiaan, dan menjadi pengayom,”.

Dalam acara Peresmian Poltekpin kemarin juga dilangsungkan peresmian gedung Rektorat A bernama Prof. Yasonna Laoly, S.H., M.Sc yang merupakan salah satu legacy dalam masa kepemimpinan Menkumham selama dua peride, Ground Breaking Gedung Rektorat B Poltekpin, peragaan Pakaian Dinas Taruna Poltekpin, dan juga penyerahan Surat Pencatatan Ciptaan Mars, Hymne dan Logo Poltekpin.

Pembentukan Poltekpin ini menjadi bukti nyata komitmen Kemenkumham dalam menciptakan masa depan di bidang Hukum dan HAM di Indonesia yang cerah dengan menyediakan pendidikan yang bermutu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman juga menyampaikan bahwa dengan kehadiran Poltekpin ini bisa turut meningkatkan kualitas SDM di Kemenkumham Kalimantan Selatan dan juga masyarakatnya di wilayah Kalimantan Selatan.

Jadi dengan diresmikannya Politeknik Pengayoman Indonesia ini, diresmikan pula bahwa Poltekim dan Poltekim sudah tidak ada lagi. Bagaimana, tertarik untuk menjadi Taruna/Taruni Poltekpin? Yuk persiapkan diri dengan ikut bimbel di Indonesia College untuk menyiapkan bekal menghadapi seleksi penerimaan Poltekpin nanti. Kamu akan dapat materi lengkap termasuk Kesamaptaan/Binjasnya. Konsultasikan dulu dengan CS kami di sini yuk!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.