Prospek Kerja Lulusan Polbangtan
Prospek Kerja Lulusan Polbangtan

Menjanjikan! Ini 5 Prospek Kerja Polbangtan Setelah Lulus

Prospek kerja lulusan Polbangtan – Sudah pernah kenal atau dengar tentang Polbangtan? Politeknik Pengembangan Pertanian (Polbangtan) merupakan perguruan tinggi vokasi yang ada di lingkungan Kementerian Pertanian dan dibina langsung oleh Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan). Seperti namanya, Polbangtan membuka berbagai program studi di bidang pertanian yang harapannya akan melahirkan generasi muda yang kompeten di sektor pertanian. Saat ini, sudah ada 7 Polbantan yang tersebar di beberapa wilayah, yaitu:

  1. Polbangtan Medan
  2. Polbangtan Bogor
  3. Polbangtan Yogyakarta Magelang
  4. Polbangtan Malang
  5. Polbangtan Gowa
  6. Polbangtan Manokwari
  7. PEPI Serpong

Sebagai negara agraris, Indonesia dikenal menyimpan peluang emas di bidang pertanian yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kalau kamu punya ketertarikan untuk bergelut di sektor pertanian, berkuliah di Polbangtan bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Setelah lulus kuliah, para lulusan Polbangtan juga punya peluang kerja yang tak kalah menarik. 

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa ditekuni setelah lulus dari Polbangtan, simak sampai akhir, ya!

Prospek Kerja Lulusan Polbangtan

1. Bertani

Saat kamu sudah banyak dapat ilmu pertanian selama kuliah, pastinya kamu punya keinginan untuk menerapkannya secara langsung, bukan? Meskipun tidak banyak dilirik oleh anak muda, menjadi seorang petani dan fokus di kebun atau ladang ternyata punya peluang yang tak kalah menjanjikan.

Sebagai petani millennial, kamu juga bisa mengaplikasikan berbagai inovasi dan teknologi pertanian untuk mendukung kegiatan bertani kamu. Kalau bukan anak muda, siapa lagi yang bakal meneruskan dan membawa Indonesia untuk bisa mandiri di sektor pangan dan pertanian? 

Baca juga: Apa Saja Sekolah Kedinasan di Bawah Kementerian Pertanian?

2. Wirausaha

Pernah dengar atau bahkan menggunakan aplikasi Sayurbox atau TaniHub? Ya, mereka adalah salah satu contoh dari banyak startup di bidang pertanian yang sedang digandrungi belakangan ini. Selain menjadi distributor produk hasil tani, masih banyak lagi ide bisnis yang bisa kamu kembangkan di sektor pertanian.

Mulai dari membuat aneka olahan dari produk pertanian, membuka usaha agrowisata, sampai menyediakan kebutuhan pertanian itu sendiri. Dengan strategi dan eksekusi yang matang, bisnis di bidang pertanian dijamin bisa bawa cuan yang menjanjikan buat kamu!

3. Karyawan Swasta atau BUMN

Pilihan lainnya untuk kamu yang ingin bekerja di dunia tani namun belum tertarik untuk bekerja atau berbisnis sendiri adalah dengan menjadi karyawan di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, baik itu swasta maupun BUMN/BUMD. Ada banyak pilihan perusahaan yang bisa kamu pilih, seperti PT Pertanian Nusantara, PT Sinar Mas Agro, PT Astra Agro Lestari, PT BISI International, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa bekerja sebagai insinyur atau ahli pertanian, peneliti, operator produksi, hingga konsultan.  Dengan menjadi karyawan di sebuah perusahaan, kamu juga akan punya jenjang karir yang jelas dengan pendapatan yang stabil.

4. Pegawai Negeri Sipil

Sebagai lulusan Polbangtan, peluangmu untuk menjadi menantu idaman dengan bekerja sebagai PNS atau ASN di lingkungan Kementerian Pertanian juga tak kalah besarnya, loh!. Kamu bisa mengisi berbagai formasi di berbagai unit kerja atau lembaga pertanian seperti Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian, Balai Karantina Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan, hingga Dirjen Perkebunan.

Umumnya, Kementerian Pertanian banyak membuka formasi sebagai penyuluh pertanian. Di formasi ini, kamu akan banyak berurusan dan memberikan penyuluhan atau pelatihan langsung khususnya ke petani. Gimana, kamu tertarik ikut seleksi CPNS di Kementan?

Baca juga: Mengenal Jurusan Agroteknologi, Program Penting di Industri Pertanian

5. Eksportir Pertanian

Hasil tani Indonesia ternyata bukan hanya dinikmati di dalam negeri saja. Saat ini, dengan semakin terbukanya pasar internasional, eksportir pertanian pun punya peran penting dalam memperkenalkan kekayaan hasil bumi kita ke pasar global. Selain bikin bangga, karir sebagai eksportir pertanian juga bisa membuka peluang bisnis yang menggiurkan.

Jadi, buat yang suka tantangan dan punya sense bisnis yang kuat, coba deh jadi eksportir pertanian. Who knows, mungkin produk buatan kita bakal jadi favorit di luar negeri!

Setelah melihat berbagai peluang kerja yang menarik ini, ternyata menekuni karir di bidang pertanian juga tidak kalah menariknya, bukan? Yuk, bantu majukan pertanian Indonesia dengan terjun langsung di bidang satu ini!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.