Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta
Sumber: UPN Veteran Yogyakarta

Prospek Kerjanya Menjanjikan, Yuk Kenalan dengan Jurusan Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta

Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran merupakan perguruan tinggi negeri berbasis belanegara. UPN sendiri sudah memiliki banyak kampus di antaranya yang berlokasi di Jakarta, DI Yogyakarta, dan di Jawa Timur.  Masing-masing kampus sudah memiliki banyak pilihan jurusan, salah satunya untuk yang di UPNYK ada jurusan Teknik Perminyakan. Yuk cari tahu selengkapnya tentang jurusan ini!

Jurusan Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta

Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta
Sumber: UPN Veteran Yogyakarta

Teknik Perminyakan masuk dalam Fakultas Teknologi Mineral dan Energi di UPN Veteran Yogyakarta. Fakultas ini sendiri menjadi salah satu fakultas kebumian di Indonesia, yang memiliki berbagai pilihan jurusan di antaranya:

Sarjana (S1)

  • Teknik Pertambangan
  • Program Studi Teknik Geomatika
  • Teknik Geologi
  • Teknik Geofisika
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Perminyakan
  • Teknik Metalurgi
  • Teknik Geomatika

Magister (S2)

  • Magister Manajemen Bencana
  • Magister Teknik Geologi
  • Magister Teknik Perminyakan
  • Magister Teknik Pertambangan

Doktor (S3)

  • Doktor Teknik Geologi

Untuk jurusan teknik perminyakan, secara spesifik akan mempelajari perminyakan namun juga akan mempelajari seputar gas bumi, panas bumi, dan seluruh kondisi tentang bumi. Mahasiswanya akan belajar mengeksplorasi, memproduksi, dan juga mengelola sumber daya minyak dan gas bumi. Teknik geologi, perboralan dan juga pengelolaan reservoir juga akan kamu pelajari untuk mendapatkan pengetahuan seputar ekstraksi minyak dan gas yang efisien.

Dengan begitu nantinya mahasiswanya akan paham juga seputar proses pengolahan dan penyulingan minyak dan berbagai aspek teknis dan lingkungan terkait industri perminyakan, termasuk pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai manajemen dan pengeboran produksinya. Keterampilan yang akan dimiliki lulusannya adalah bekerja dalam mengeksplorasi sumber daya alam dan memainkan peran penting dalam industri energi global.

Kurikulum Jurusan Teknik Perminyakan

Penerapan kurikulum jurusan ini menggunakan kurikulum 2007 yang merupakan revisi dari kurikulum 2002 dan dilengkapi dengan RPS. Kurikulumnya pun dikombinasikan antara kurikulum nasional dan lokal, yang mencakup mata kuliah pilihan yang ditawarkan sesuai kebutuhan dan perkembangan keilmuan. Dengan begitu lulusannya juga dipastikan akan memiliki kemampuan unggul di bidang teknologi informasi.

Setiap mahasiswa akan dibebankan sebanyak 144 SKS yang harus ditempuh dalam waktu 8-14 semester untuk bisa mendapatkan gelar Sarjana. Selain itu UPNYK juga menerapkan syarat kelulusan yaitu dengan melaksanakan Kerja Praktik untuk mengetahui penerapan keilmuan Teknik Perminyakan di dunia nyata, Penulisan Komprehensif, serta menyelesaikan Tugas Akhir.

Baca juga: Yuk Kenalan, Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal UI Belajar Apa?

Sarana, Prasarana dan Fasilitas

Kegiatan akademik seperti pembelajaran dilakukan di gedung yang representatif dengan fasilitas yang baik dan lokasi yang mudah dijangkau di Jalan SWK 104 Lingkar Utara Yogyakarta. Gedung ini dilengkapi dengan sarana pendukung yang memadai.

Perpustakaan jurusan Teknik Perminyakan secara fisik terpisah dari Perpustakaan utama Universitas, dilengkapi dengan Sistem Informasi Perpustakaan berbasis komputer, ruang baca yang nyaman, dan mekanisme pelayanan yang mudah. Perpustakaan ini menyediakan koleksi buku yang cukup banyak, serta tersedia majalah, skripsi, dan jurnal (baik cetak maupun online). Mahasiswa juga dapat memanfaatkan Perpustakaan Pusat dan Perpustakaan Program Studi yang ada di lingkungan Universitas.

Prospek Karier

Lulusan Sarjana Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta memiliki prospek kerja di sektor swasta maupun BUMN dan internasional, bahkan di instansi pemerintah di bidang mineral, kebencanaan, dan lingkungan. Prospek kerja di bidang perminyakan juga sangat terbuka lebar. Berikut beberapa profesi yang menerima Sarjana Teknik Perminyakan:

  • Analis kontrol kualitas
  • Ahli teknik energi
  • Ahli teknik minyak bumi
  • Ahli tambang dan geologi
  • Spesialis kesehatan dan keselamatan kerja
  • Teknisi geologi dan perminyakan

Demikianlah penjelasan seputar jurusan Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan di jurusan Teknik Perminyakan ini?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.