Suka Olahraga? 7 Kampus Swasta yang Ada Jurusan Olahraga Ini Bisa Jadi Pilihan

Kampus Swasta yang Ada Jurusan Olahraga – Punya minat dan keterampilan di bidang olahraga? Kamu bisa melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan dengan jurusan olahraga yang sudah tersedia di banyak kampus, baik negeri maupun swasta. Mungkin peminat jurusan olahraga tidak sebanyak jurusan lain, tapi banyak juga orang yang menikmati olahraga baik untuk dirinya, dan menjadikan hal yang disukai itu menjadi kariernya.

Kampus Swasta yang Ada Jurusan Olahraga

kampus swasta yang ada jurusan olahraga

Selain melanjutkan pendidikan di kampus negeri, tidak sedikit juga yang langsung mantap untuk melanjutkan di kampus swasta karena kualitas pendidikannya yang tidak kalah, bahkan banyak yang lebih unggul. Nah, berikut rekomendasi kampus swasta yang buka prodi olahraga:

1.    Universitas Tangerang Raya

Kampus rekomendasi pertama adalah Untara yang membuka prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Prodi ini sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT dengan SK No. 10152/SK/BAN-PT/Ak/S/XII/2022. Profil lulusannya bisa menjadi Pendidik/Guru Olahraga, Pelatih, Entrepeneur, Analis Olahraga, Masseur Olahraga, Wasit/Juri, Personal Trainer, Jurnalis Olahraga.

2.    Universitas Muhammadiyah Jakarta

Untuk di wilayah Jakarta, UMJ bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencari kampus dengan jurusan olahraga. Prodi ini masuk dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, dengan nama prodi Pendidikan Olahraga. Mata kuliah yang akan kamu jumpai pun sangat beragam nantinya, mulai dari senam, sepak bola, voli, atletik, manajemen olahraga, organisasi dan sistem pertandingan olahraga, sampai dengan ilmu gizi dan juga psikologi olahraga.

Baca juga: Apa Itu Kelas Internasional? Ini Perbedaannya dengan Kelas Reguler

3.    Universitas PGRI Semarang

Untuk rekomendasi kampus di Jawa Tengah ada Upgris yang membuka prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program studi ini dibuka dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik keolahragaan di lingkungan sekolah.

Selama pendidikan,  mahasiswanya akan dibekali keterampilan manajemen dan administrasi olahraga, sport interpreneurship, massage, pembinaan kesegaran jasmani (physical fitness), pengembangan keterampilan (skill development), hingga kemampuan menjadi pelatih cabang olahraga.

4.    Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS juga menjadi salah satu kampus unggulan di Jawa Tengah yang membuka prodi S1 Pendidikan Jasmani yang sudah terakreditasi Unggul berdasarkan SK LAMDIK No. 248/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024. Dalam perkuliahannya, kamu akan belajar berbagai macam jenis olahraga, manajemen olahraga, kesehatan dan kebugaran, psikologi olahraga, hingga anatomi dan fisiologi tubuh manusia.

5.    Universitas PGRI Kediri

Selanjutnya ada program S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi atau Penjaskesrek. Dalam pembelajarannya, kamu akan mempelajari aturan dalam berolahraga, metode pengajaran olahraga, peningkatan fungsi fisik, nutrisi, strategi dan taktik. Pastinya tidak hanya pembelajaran teoritis yang akan kamu pelajari, melainkan praktik olahraga seperti renang, atletik, boli, basket dan juga sepak bola dengan fasilitas pendidikan yang tersedia.

6.    Universitas Pendidikan Mandalika

Di luar Jawa, ada UNDIKMA yang berlokasi di Mataram, Nusa Tenggara Barat yang didirikan oleh Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram. Bidang olahraga ini masuk di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat, dengan program S1 Pendidikan Olahraga dan Kesehatan yang sudah terakreditasi B.

7.    Universitas Teknokrat Indonesia (UTI)

Terakhir ada UTI yang membuka program studi Pendidikan Olahraga, dengan beberapa mata kuliah unggulan yang sudah disesuaikan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Akan ada mata kuliah teori dan praktik pendidikan jasmani, kesehatan dan keselamatan dalam olahraga, dan juga manajemen olahraga.

Sudah tersedia fasilitas memadai yang mendukung pembelajaran, seperti area olahraga yang luar dan terawat, bahkan ada laboratorium olahraga seperti laboratorium kesehatan olahraga dan laboratorium biomekanik.

Demikianlah 7 kampus swasta yang ada jurusan olahraga di Indonesia. Dari rekomendasi tersebut, mana yang kira-kira jadi pilihanmu?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.