jurusan yang banyak praktik

Super Sibuk! Ini Daftar 10 Jurusan yang Banyak Praktikum

Jurusan yang Banyak Praktikum – Bosan dengan pembelajaran yang teoritis? Mungkin beberapa jurusan ini bisa jadi pilihan kamu supaya bisa lebih semangat menjalani perkuliahan. Metode praktikum sendiri dirasa lebih efektif bagi sebagian besar orang untuk bisa lebih memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Dengan begitu keterampilan mahasiswa juga bisa lebih unggul dan siap untuk terjun dalam dunia kerja setelah lulus nanti.

10 Daftar Jurusan yang Banyak Praktikum

jurusan yang banyak praktik

Pembelajaran praktikum yang dominan bisa dibilang lebih berhasil untuk diserap mahasiswa dibanding pembelajaran yang terlalu banyak teorinya. Berikut rekomendasi 10 daftar jurusan yang banyak praktikum:

1.    Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran sudah bisa dipastikan menjadi jurusan yang banyak praktikum selama pendidikannya. Sejak semester 1, mahasiswa jurusan kedokteran akan mulai dibiasakan dengan menjalani praktik-praktik seperti anatomi tubuh manusia untuk bisa mengenal bagian-bagian tubuh manusia beserta fungsinya.

Selain itu masih banyak lagi materi praktikum yang harus dijalani, dengan tujuan agar mahasiswa kedokteran bisa memahami teori-teori yang diajarkan mengingat dokter akan praktik langsung nantinya dengan menangani pasien-pasien dengan berbagai kondisi kesehatan.

Baca juga: Pendaftaran Sudah Dibuka! Berikut Informasi Seleksi Mandiri UNJ 2024 Jalur Ujian Tulis

2.    Biologi

Mahasiswa jurusan biologi akan banyak mempelajari seputar makhluk hidup, mulai dari tumbuhan, hewan sampai dengan mikroba. Jadi tidak jarang mahasiswanya akan praktik di lapangan seperti ke kebun, hutan, sungai, danau dan banyak lainnya. Mahasiswa biologi juga akan sering praktik di laboratorium untuk mempelajari organisme, melakukan eksperimen genetik, serta meneliti ekosistem.

3.    Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi akan memerlukan banyak praktikum untuk menganalisis komposisi makanan, menilai status gizi individu, sampai dengan mengembangkan rencana diet. Mahasiswa ilmu gizi akan mempelajari seputar makanan, kandungan gizinya serta bagaimana hubungannya dengan kesehatan manusia. Mahasiswa ilmu gizi wajib memahami hal ini, karena sebagian besar masalah kesehatan berasal dari makanan yang dikonsumsi.

4.    Farmasi

Masih dalam bidang kesehatan, jurusan Farmasi ini akan mempelajari seputar obat-obatan yang akan banyak membantu mengatasi kondisi kesehatan banyak orang. Tentunya mahasiswa farmasi tidak hanya mempelajari bagaimana cara membuatnya, namun juga mereka akan memastikan bagaimana reaksi obat terhadap tubuh.

Praktikum dalam jurusan farmasi akan membantu mahasiswa dalam memahami teori-teori yang diajarkan, supaya mahasiswa bisa mengukur bahan-bahan farmasi, membuat formula obat, dan termasuk menganalisis obat-obatan.

5.    Agroteknologi

Mahasiswa agroteknologi akan mempelajari ilmu tanah, agronomi, ilmu hama dan penyakit tumbuhan yang berhubungan dengan bidang pertanian, hortikultura dan budidaya perairan. Jurusan ini adalah perpaduan tepat kalau kamu suka pelajaran biologi dan teknologi. Karena mahasiswa jurusan ini akan mempelajari pemanfaatan teknologi supaya bisa berguna di bidang pertanian.

6.    Pertanian

Jurusan pertanian ini akan mempelajari seputar dasar-dasar keteknikan, pertanian, ekonomi, manajemen serta lingkungan. Dalam praktiknya, mahasiswa akan mempelajari aspek-aspek pertanian mulai dari pemilihan bibit, budidaya tanaman, sampai dengan pengelolaan keberlanjutan pertanian.

7.    Peternakan

Jurusan peternakan ini akan mempelajari seputar hewan ternak, mulai dari pemeliharaannya, pengelolaan, pengembangan teknologi di bidang peternakan sampai dengan pemasarannya. Mahasiswa peternakan juga akan mempelajari pengembangan penelitian dengan menggunakan bioteknologi. Selain itu, ilmu manajemen, teknik dan gizi akan didapatkan oleh mahasiswa jurusan ini.

8.    Kehutanan

Selanjutnya ada jurusan kehutanan yang akan mengajarkan mahasiswanya untuk melindungi, menyelamatkan, pengelola dan memanfaatkan hutan. Tentunya mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi teoritis, karena mahasiswa akan sering melakukan praktik di laboratorium termasuk juga praktik lapangan.

9.    Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan ini akan mempelajari seputar pengolahan bahan pangan supaya bisa menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Dalam praktiknya, mahasiswa akan mempelajari sortasi, pengawetan, pengemasan sampai dengan distribusi. Hal ini ditujukan agar mahasiswanya bisa memproduksi makanan dengan menjaga dan memastikannya aman dikonsumsi dan tetap memiliki kandungan gizi untuk dikonsumsi.

10. Teknik Industri

Terakhir, jurusan yang banyak praktik adalah jurusan teknik industri. Berbeda dengan jurusan sebelumnya yang akan berfokus pada produk pangannya, jurusan ini akan berfokus pada pengoptimalisasian kegiatan manusia, mulai dari tahap produksi, pengelolaan dan ekonomi.  Dalam praktiknya, mahasiswa jurusan ini akan mengikuti Praktek Program Komputer, praktikum fisika, perancangan teknik industri dan banyak lagi lainnya.

Jadi dari 10 daftar jurusan yang banyak praktik tadi, kamu kira-kira lebih tertarik melanjutkan ke jurusan mana? Jangan lupa untuk mempertimbangkan dengan minat dan kemampuan kamu, ya!

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.