Untuk Jadi Programmer Jurusan Apa yang Harus Diambil Saat Kuliah?

Programmer Jurusan Apa – Dunia teknologi sudah mengalami perkembangan pesat, bahkan sudah hampir melibatkan semua aspek. Maka dari itu semua orang harus bisa selalu beradaptasi, salah satunya dengan mempelajari bidang teknologi itu sendiri.

Di bidang tersebut ada profesi programmer yang memiliki peran penting dalam membuat aplikasi baru. Seorang programmer bertugas membuat sistem aplikasi dan juga mengembangkan aplikasi. Secara rincinya, tugas programmer antara lain meliputi:

  • Menganalisis kebutuhan.
  • Merancang dan memodelkan sistem seperti UML, flowchart, ERD 
  • Menulis kode program (HTML, CSS, Javascript dll).
  • Men-debugging
  • Menguji atau testing

Mengenal Singkat Seputar Programmer

programmer jurusan apa

Profesi ini berperan membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman, yang tentu tidak semua orang bisa menguasainya. Seorang programmer harus bisa memiliki skill menulis kode program (syntax) dan merancang sistem. Kode program tersebut seperti Jawa, Python, Javascript, PHP, dan lainnya.

Contoh produk yang dihasilkan antara lain adalah hal-hal yang biasa kamu gunakan sehari-hari, seperti web, aplikasi android, sistem operasi (Windows, Linux, iOS), dan lainnya yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang disusun oleh para programmer.

Namun seorang programmer tidak hanya membuat program komputer software saja, tapi juga hardware. Programmer juga ada banyak jenisnya, seperti:

  • Computer hardware programmer
  • Software programmer
  • Database programmer
  • Web developer

Nah untuk menjadi programmer, kamu juga perlu memiliki skill-skill tambahan seperti keterampilan debugging, kemampuan untuk berpikir logis, dan menguasai matematika (khususnya untuk materi aljabar) dan juga statistika  dasar.

Baca juga: Suka Olahraga? 7 Kampus Swasta yang Ada Jurusan Olahraga Ini Bisa Jadi Pilihan

Mau Jadi Programmer Jurusan Apa yang Harus Diambil?

Tertarik di bidang IT dan ingin berkarir sebagai programmer nantinya, jurusan kuliah apa sih yang harus diambil? Berikut beberapa pilihan yang bisa mengembangkan kemampuan kamu untuk menjadi programmer:

1.    Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer akan mempelajari seputar konsep dasar matematika dan ilmiah yang digunakan dalam program komputer. Mahasiswa jurusan ini juga akan merancang software dan hardware, mempelajari bahasa pemrograman, struktur data dan juga konsep artificial intelligence atau biasa dikenal AI.

2.    Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan di bidang IT selanjutnya adalah jurusan teknologi informasi, yang akan belajar seputar perencanaan, penerapan, konfigurasi dan juga perbaikan peralatan yang digunakan berkaitan dengan teknologi dan pengembangan perangkat lunak. Di jurusan ini kamu juga akan belajar seputar database management, cybersecurity, dan juga desain sistem informasi.

3.    Jurusan Sistem Informasi

Selanjutnya ada jurusan sistem informasi, yang merupakan bidang keilmuan penggabungan antara ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Mahasiswa jurusan ini akan belajar mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki oleh perusahaan. Nantinya dari situ akan merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Peran sistem informasi ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dan pengembangan perangkat lunak untuk bisa memenuhi keperluan perusahaan. Jadi akan ada perpaduan dengan manajemen perusahaan nantinya.

4.    Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Untuk jurusan RPL ini, memiliki fokus pada pengembangan, pemeliharaan dan juga pengoperasian perangkat lunak. Jurusan ini tidak hanya membuat, tapi juga memiliki fokus lebih pada pembuatan program yang bisa memecahkan masalah bagi penggunanya.

Mahasiswanya juga akan belajar cara mendesain dan melakukan analisis algoritma, untuk membuat program aplikasi yang berbasis mobile atau web. Dan yang paling penting, mahasiswanya akan belajar pengembangan sebuah sistem operasi dengan mengugunakan struktur data yang efisien dan akan mudah digunakan penggunanya nanti.

5.    Jurusan Cybersecurity

Programming menjadi dasar dari hampir semua sub di bidang IT, dan di bidang cyber security juga akan sangat dibutuhkan. Maka dari itu sudah pasti di jurusan ini kamu akan diajarkan secara mendalam seputar ilmu programming.

Kelebihan lainnya, selain kamu bisa berkarir menjadi seorang programmer nanti, kamu kemampuanmu juga akan sangat dicari oleh perusahaan bahkan lembaga negara untuk menjaga keamanan data perusahaan.

Jadi kalau kamu ingin menjadi seorang programmer, penjelasan tadi sudah menjawab pertanyaan untuk jadi programmer jurusan apa yang harus diambil. Bagaimana, sudah mantap untuk menjadi programmer?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.