Pendaftaran sekolah kedinasan 2022
Pendaftaran sekolah kedinasan 2022

Pendaftaran Dibuka 9 April, Berikut Jadwal dan Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 – Pendaftaran sekolah kedinasan 2022 akan segera dibuka. Dilansir dari laman Dikdin BKN, pendaftaran sekolah kedinasan dibuka pada 9 – 30 April 2022. Namun perlu diingat, kamu hanya bisa memilih satu Sekolah Kedinasan saja.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Apakah kamu berkeinginan untuk mendaftar sekolah kedinasan? Yuk, simak informasi Pendaftaran Dibuka 9 April, Berikut Jadwal dan Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 berikut ini.

Jadwal Penerimaan Calon Mahasiswa dan Taruna Tahun 2022

  1. Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan mulai 1 – 8 April 2022.
  2. Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka tanggal 9 – 30 April 2022.
  3. Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2022 (tentative/bisa berubah).
  4. Pelaksanaan Seleksi Lanjutan yang diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan.

Hal-hal yang Harus Disiapkan

Kamu wajib mengetahui ketentuan dan hal-hal terkait sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain.

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Rapor SMA/Sederajat
  • Pas Foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, unggah berkas, dan lengkapi biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  7. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  8. Peserta yang lulus akan mendapatkan kodebilling, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan.
  9. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  10. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Kementerian Perhubungan

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto dan pilih Sekolah Kedinasan.
  5. Lakukan pembayaran formulir pendaftaran, tata cara pendaftaran dapat dilihat di https://sipencatar.dephub.gp.id/pengumuman/15, dan simpan bukti pembayaran.
  6. Lengkapi nilai, unggah berkas dan bukti pembayaran formulir pendaftaran, kemudian cek resume.
  7. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  8. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  9. Peserta yang lulus verifikasi akan mendapatkan kodebilling, kemudian melakukan pembayaran.
  10. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan, jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  11. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  12. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.  
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah, unggah berkas, lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  7. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  8. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan.
  9. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  10. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Kementerian Dalam Negeri (IPDN)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah, unggah berkas, dan lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  7. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  8. Peserta yang lulus akan mendapatkan kodebilling, kemudian melakukan pembayaran.
  9. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  10. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Kementerian Keuangan (PKN STAN)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih Sekolah Kedinasan, isikan nomor peserta UTBK LTMPT, dan lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Peserta memilih prioritas spesialisasi di https://www.spmb.pknstan.ac.id.
  7. Verifikasi data dan berkas pelamar berdasarkan UTBK LTMPT oleh Verifikator instansi.
  8. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  9. Peserta yang lulus verifikasi melakukan pembayaran.
  10. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan, jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  11. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  12. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Badan Intelijen Negara (STIN)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih Sekolah Kedinasan, lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Peserta melanjutkan pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan di http://stin.ac.id.
  7. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  8. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  9. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan, jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  10. Lakukan pembayaran biaya tes CAT on the spot.
  11. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  12. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Baca juga Berbagai Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Daftar Sekolah Kedinasan

Alur Pendaftaran Badan Pusat Statistik (STIS)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Pelamar melanjutkan pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan di http://stis.ac.id.
  7. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  8. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  9. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan.
  10. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah, unggah berkas, lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  7. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  8. Peserta yang lulus akan mendapatkan 2 kodebilling (untuk pembayaran CAT dan tes seleksi Sekolah Kedinasan).
  9. Cek kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  10. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Alur Pendaftaran Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

  1. Peserta mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah, unggah berkas, lengkapi nilai dan biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Verifikasi data dan berkas pelamar oleh Verifikator instansi.
  7. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  8. Peserta yang lulus akan mendapatkan kodebilling, kemudian melakukan pembayaran.
  9. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem.
  10. Peserta mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.
  11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.