Materi PPPK 2023
Materi PPPK 2023

Apa Saja Materi PPPK 2023? Calon Guru Wajib Cek!

Materi PPPK Guru 2023 – Setelah lama menanti, pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2023 kembali dibuka mulai 20 September – 9 Oktober 2023. Tahun ini, Kementerian PAN-RB membuka sebanyak 572.496 formasi untuk calon ASN baik di lingkungan Pemerintah Pusat maupun Daerah. Selain itu, formasi yang dibuka pada tahun ini juga utamanya ditujukan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khususnya PPPK guru di tingkat daerah sebanyak 296.084 formasi.

Mekanisme mengenai seleksi PPPK untuk jabatan fungsional guru di instansi daerah tahun 2023 juga sudah diatur melalui Keputusan Menteri PAN RB No. 649 Tahun 2023. Mekanisme ini ditujukan bagi peserta seleksi dengan formasi kebutuhan khusus ataupun kebutuhan umum yang terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Bagi kamu yang juga akan mengikuti seleksi PPPK guru, simak rincian materi seleksi PPPK guru 2023 berikut, yuk!

Jadwal Seleksi PPPK Guru 2023

Berdasarkan informasi terbaru, terdapat penyesuaian jadwal pendaftaran bagi pelamar khusus dan umum pada seleksi PPPK guru 2023 sebagai berikut:

  1. Pendaftaran bagi Pelamar pada Kebutuhan Khusus: 20 September s.d. 3 Oktober 2023
  2. Pendaftaran bagi Pelamar pada Kebutuhan Umum: 4 s.d. 9 Oktober 2023
  3. Seleksi Administrasi: 20 September s.d. 12 Oktober 2023
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 13 s.d. 16 Oktober 2023
  5. Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 30 Oktober 2023 s.d. 2 November 2023
  6. Pengumuman Seleksi Kompetensi: 3 s.d. 6 November 2023
  7. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 8 November s.d. 2 Desember 2023
  8. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis 13 November s.d. 4 Desember 2023
  9. Pengumuman Kelulusan: 4 s.d. 13 Desember 2023

Baca juga: Apa Saja Tahapan Seleksi BUMN? Cek Infonya di Sini!

Materi Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2023

Setelah dinyatakan lulus pada seleksi administrasi, peserta seleksi PPPK guru akan melanjutkan tahapan seleksi kompetensi yang dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan  terdiri dari:

  1. Seleksi kompetensi teknis
  2. Seleksi kompetensi manajerial
  3. Seleksi kompetensi sosio kultural

Selain tiga seleksi kompetensi di atas, ada seleksi wawancara yang juga harus diikuti oleh peserta PPPK guru 2023. Seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosio kultural dilaksanakan dengan durasi waktu 120 menit, sementara bagi penyandang disabilitas selama 150 menit. Kemudian, wawancara dilaksanakan dengan durasi 10 menit dan 15 menit bagi pelamar penyandang disabilitas. 

Terdapat sejumlah 145 butir soal dengan nilai kumulatif paling tinggi 670 bagi seleksi kompetensi dan wawancara dengan rincian sebagai berikut:

1. Seleksi Kompetensi Teknis

Seleksi kompetensi teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Pada seleksi kompetensi teknis, akan ada 90 butir soal dengan nilai paling tinggi sebesar 450. Nilai ambang batas seleksi kompetensi teknis berbeda untuk setiap jabatan atau formasi yang berkisar antara 150 – 220 sesuai dengan lampiran Keputusan Menteri PAN RB berikut. 

Pembobotan nilai bagi seleksi kompetensi teknis berbeda pada pelamar kebutuhan khusus dan kebutuhan umum. Bagi pelamar pada kebutuhan khusus, bobot jawaban benar paling rendah 1 dan paling tinggi 5 dengan soal yang tidak terjawab bernilai 0. Sementara, pada pelamar pada kebutuhan umum, bobot jawaban benar bernilai 5 dengan jawaban salah atau tidak terjawab bernilai 0. 

2. Seleksi Kompetensi Manajerial

Seperti namanya, seleksi kompetensi manajerial ditujukan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur. Materi kompetensi manajerial, meliputi:

  1. Integritas
  2. Kerja sama
  3. Komunikasi
  4. Orientasi pada hasil
  5. Pelayanan publik
  6. Pengembangan diri dan orang lain
  7. Mengelola perubahan
  8. Pengambilan keputusan

Pada bagian ini, terdapat 25 butir soal seleksi kompetensi manajerial yang akan dihadapi oleh pelamar. Nilai seleksi kompetensi manajerial akan diakumulasikan dengan seleksi kompetensi sosio kultural dengan nilai paling tinggi yaitu 180 dan ambang batas 117. Pembobotan nilai untuk seleksi kompetensi manajerial dengan jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan paling tinggi 4 dengan soal tidak terjawab bernilai 0. 

3. Seleksi Kompetensi Sosio Kultural

Seleksi kompetensi sosio kultural bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang beragam dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, emosi, dan prinsip. Harapannya, setiap pemegang jabatan dapat bekerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

  1. Kepekaan terhadap keberagaman
  2. Kemampuan berhubungan sosial
  3. Kepekaan terhadap pentingnya persatuan
  4. Empati

Seleksi kompetensi sosio kultural terdiri dari 20 butir soal yang diakumulasikan dengan seleksi kompetensi manajerial. Nilai kumulatif paling tinggi sebesar 180 dengan ambang batas senilai 117. Setiap jawaban benar pada seleksi kompetensi sosio kultural bernilai paling rendah 1 dan paling tinggi 4 dengan soal tidak terjawab bernilai 0.

Baca juga: Rekomendasi 5 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

4. Wawancara

Setiap peserta seleksi PPPK guru 2023 juga akan mengikuti seleksi wawancara untuk menggali informasi non kognitif untuk menilai integritas dan moralitas yang meliputi beberapa aspek, yaitu:

  • Kejujuran
  • Komitmen
  • Keadilan
  • Etika
  • Kepatuhan

Untuk seleksi wawancara, akan ada 10 butir soal dengan nilai paling rendah 1 dan paling tinggi 4 untuk setiap jawaban benar dan nilai 0 untuk soal yang tidak terjawab. Nilai paling tinggi untuk seleksi wawancara sebesar 40 dengan nilai ambang batas sebesar 24

Selain materi seleksi kompetensi teknis di atas, instansi daerah juga dapat melaksanakan seleksi kompetensi teknis tambahan sesuai kebutuhan dengan persentase penilaian paling tinggi 30%. Jika tidak ada, maka 100% penilaian akan disesuaikan dengan nilai kompetensi teknis di atas. 

Setelah mengikuti rangkaian seleksi kompetensi dan wawancara, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi jika memenuhi nilai ambang batas dan mendapat peringkat terbaik sesuai dengan kebutuhan jabatan/formasi yang dilamar. Jadi, persiapkan diri kamu semaksimal mungkin untuk seleksi PPPK guru 2023 ini, ya!

Butuh bantuan untuk persiapan seleksi PPPK guru 2023? Yuk, ikuti bimbingan seleksi CPNS dan PPPK bersama Indonesia College! Untuk konsultasi dan pendaftaran, hubungi kami melalui link berikut


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.