kuliah arsitektur

10 Rekomendasi Kampus Terbaik untuk Kuliah Arsitektur

Kuliah Arsitektur – Memilih jurusan arsitektur bisa dibilang pilihan yang bagus karena memiliki peluang karir yang sangat luas bahkan bisa sampai cakupan luar negara. Namun untuk kamu yang kamu melanjutkan pendidikan dengan jurusan arsitektur, pastikan juga untuk meningkatkan kemampuan matematika kamu.

Seorang arsitektur tidak hanya membuat desain bangunan dengan menggambar dalam selembar kertas saja, karena mereka akan membuat tata letak dan mengatur ketepatan dan kekuatan bangunan, sampai dengan mengembangkan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya.

Rekomendasi Perguruan Tinggi untuk Mempelajari Arsitektur

Untuk menjadi arsitektur yang hebat, kamu harus memulai dari pemilihan perguruan tinggi yang juga akan memaksimalkan pembelajaran kamu nantinya. Penyediaan kurikulum yang modern juga akan membantu kamu untuk bisa selalu up to date dengan perkembangan zaman, terutama dengan menggunakan bantuan teknologi. Berikut beberapa rekomendasi kampus terbaik:

1.    Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI menawarkan lulusannya untuk bisa langsung magang dan mendapatkan seritifkasi profesional. Untuk prospek kerjanya sendiri bisa di lingkup konstruksi menjadi arsitek, perancang interior dan juga pengawas pelaksanaan pembangunan.

Baca juga: Cara dapat Beasiswa Supaya Kuliah Gratis Sampai Lulus!

2.    Institut Teknologi Bandung

ITB menjadi salah satu kampus yang menyediakan program studi arsitektur tertua, karena sudah didirikan sejak 25 Oktober 1950. Kurikulum yang disediakan selalu diinovasi untuk membekali mahasiswanya mendapat ilmu yang terus berkembang.

3.    Universitas Gadjah Mada

Program studi arsitektur di UGM masuk ke dalam departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan. Mahasiswanya sudah disiapkan untuk memiliki daya saing internasional, kreatif dan tentunya bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial akan apa yang diperbuat (dalam bidang arsitektur).

4.    Universitas Diponegoro

Undip menerapkan beberapa prinsip agar lulusannya bisa memiliki pengetahuan tentang budaya, sejarah, teori arsitektur dan juga ilmu manusia yang memadai. Bertaraf internasional dan bisa memiliki kemampuan wirausaha dan inovasi untuk bisa memberikan hasil yang berbeda dan selalu menjadi yang terbaik.

5.    Universitas Bina Nusantara

Meskipun program studi arsitektur di Binus masih terbilang muda, tapi mereka sudah berhasil membimbing mahasiswanya untuk bisa langsung kerja setelah lulus nanti. Binus juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk memaksimalkan proses belajar mahasiswanya, seperti salah satunya diadakan studio desain arsitektur yang khusus agar bisa mengembangkan kreativitas.

6.    Universitas Brawijaya

1983 adalah tahun pertama Universitas Brawijaya ini mendirikan dan memulai perkuliahan untuk program studi arsitektur ini. Tidak bisa diragukan lagi kualitasnya, selain sudah terakreditasi BAN-PT, perguruan tinggi ini juga sudah bekerja sama dengan banyak lembaga seperti Imajiner Arsitek, Mata Air, Delution Architect serta banyak perguruan tinggi lain seperti ITB, Universitas Udayana dan banyak lagi lainnya.

7.    Universitas Islam Indonesia

Lulusan arsitek UII akan mendapatkan sertifikat keahlian arsitek (SKA-IAI) dan menggunakan kurikulum berstandar Korea Architectural Accrediting Board (KAAB), Canberra Accord di bawah UIA-UNESCO, dan Ikatan Arsitek Indonesia serta Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI). Untuk fasilitasnya pun sangat berstandar internasional.

8.    Universitas Udayana

Program studi arsitektur di Universitas Udayana cenderung dikatakan unik karena akan menjunjung tinggi dan berfokus pada arsitektur tradisional Bali. Hal ini disebabkan karena banyak ketertarikan dari jangkauan Internasional mengenai pariwisata dan budaya di Bali.

9.    Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya, meski UPI ini cenderung berfokus pada aspek pendidikan, namun untuk jurusan arsitektur ini UPI memberikan 2 pilihan, yakni Pendidikan Teknik Arsitektur dan juga Arsitektur itu sendiri. Untuk Teknik Arsitektur akan berfokus pada pengembangan disiplin ilmu pendidikan di bidang arsitektur.

10. Universitas Sebelas Maret

Pada tahun 1979, program studi arsitektur didirikan di UNS ini dengan tujuan untuk menyediakan SDM yang berkualitas dan bisa bekerja menjadi praktisi arsitektur, akademisi dan juga birokrat. Visinya sendiri adalah untuk mempersiapkan arsitek profesional dengan bertaraf internasional, serta mempertahankan budaya nasional dan kearfian lokal.

Semuanya sama-sama memiliki kualitas dan menjamin lulusannya meniti karir yang bagus. Nah, kalau kamu mau jadi arsitek profesional kira-kira mau kuliah arsitektur di mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.