7 Tahapan Skripsi Sampai Wisuda yang Harus Dilewati Mahasiswa

Tahapan Skripsi Sampai Wisuda – Skripsi menjadi tantangan akhir para mahasiswa S1 sebelum akhirnya lulus dengan gelar yang diambil. Banyak sekali mahasiswa yang merasa terbebani karena skripsi ini, bahkan tidak sedikit juga yang merasa skripsi sangat menjadi tekanan yang susah ditaklukkan.

Akibatnya ada mahasiswa yang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan sampai akhir tenggat waktu kesempatan kuliah dari perguruan tinggi.

Tahapan Skripsi Sampai Wisuda

Ada orang yang bisa mengerjakan skripsi dalam waktu yang cepat, tidak sedikit juga yang bisa menyelesaikannya dalam waktu yang lama. Kira-kira bagaimana tahapannya yang menjadikan banyak mahasiswa kewalahan dan pusing mengerjakannya?

1.    Mengajukan Judul

Tahap pertama adalah dengan mengajukan judul skripsi yang menjadi target fokus penelitian kamu. Biasanya ada minimal semester, minimal SKS yang harus ditempuh, dan juga lulus dari mata kuliah wajib seperti metodologi penelitian. Syarat lebih lanjut biasanya menyesuaikan fakultas dan kampus masing-masing.

2.    Membuat Proposal

Proses mengajukan judul biasanya ada yang langsung lolos ada juga yang harus mengganti. Setelah lolos nanti, kamu bisa membuat proposal sebagai gambaran pengantar penelitian yang kamu rencanakan nantinya akan bagaimana. Pembuatan proposal skripsi ini juga akan diawasi oleh dosen pembimbing yang sebelumnya sudah dibagian pada setiap mahasiswa.

Baca juga: Jurusan Manajemen Pemasaran dan Prospek Kerja yang Selalu Dibutuhkan!

3.    Seminar Proposal

Setelah mendapatkan Acc atau sudah disetujui, maka kamu bisa mendaftar seminal proposal sebagai tahapan awal. Biasanya di sini kamu akan mendapatkan banyak masukan apakah penelitian yang akan kamu lakukan nanti itu cocok atau perlu diganti.

Tidak jarang ada mahasiswa yang diminta untuk mengganti judul sekaligus mengganti fokus penelitian karena suatu hal. Contohnya karena judul sudah pasaran atau bahasanya kurang tepat.

4.    Penelitian

Setelah selesai seminar proposal dan hasil revisi sudah diacc dosen pembimbing, kamu bisa mulai melakukan penelitian. Penelitian ini prosesnya tergantung dengan jenis dan objek penelitian yang kamu pilih. Ada yang dengan melakukan observasi atau pengamatan, ada juga yang melakukan penyebaran angket, dan banyak lagi lainnya.

Proses ini mungkin jadi yang paling panjang, namun jadi proses inti. Kamu perlu melakukan penelitian dengan cermat supaya hasilnya pun bisa maksimal. Pastikan juga kamu memahami fokus penelitian kamu, jangan sampai memberikan jawaban yang melenceng, ya!

5.    Ujian Skripsi

Setelah bab 1-5 selesai, kamu bisa mendaftar ujian skripsi yang merupakan ujian akhir dari masa perkuliahan kamu. Di ujian ini kamu harus bisa memaparkan hasil penelitian yang selama ini sudah dilakukan.

Artinya, kamu harus paham betul isi penelitian tersebut. Dengan begitu kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji dan sekaligus bisa memegang teguh pendapat kamu.

6.    Yudisium

Yudisium adalah kegiatan penilaian yang dilakukan setelah selesai ujian skripsi. Di sini kamu akan mengetahui apakah ujian skripsi kamu lulus atau tidak. Selain itu kamu juga bisa sekaligus mempersiapkan wisuda, jadi biasanya kamu akan diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan.

7.    Wisuda

Terakhir adalah masa wisuda, dimana semua proses perkuliahan kamu selesai. Ini merupakan acara ceremonial atau perayaan dari kampus untuk para mahasiswanya yang sudah berhasil menempuh pendidikan dengan baik.

Untuk hal-hal yang menjadi beban selama pembuatan skripsi setiap orang biasanya berbeda-beda. Ada yang disebabkan karena dosen pembimbing yang susah dihubungi, revisi yang tidak selesai-selesai, dan banyak lagi lainnya. Jadi itu dia tahapan skripsi sampai wisuda, semoga skripsi kamu lancar ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.