syarat lamaran kerja
syarat lamaran kerja

5 Syarat Lamaran Kerja yang Wajib Dipersiapkan Fresh Graduate

Syarat lamaran kerja – Setelah lulus dari bangku kuliah, apa lagi hal yang harus kamu lakukan? Mayoritas dari kita tentunya akan mulai gencar mencari pekerjaan untuk ditekuni. Perjalanan seorang fresh graduate untuk mencari kerja juga bukanlah hal yang mudah karena persaingan kerja yang juga sangat ketat. 

Ada banyak pertimbangan dari perusahaan untuk merekrut karyawan, terlebih lagi untuk yang baru lulus dari pendidikan. Sebab itu, proses rekrutmen kerja seringnya juga terdiri dari beberapa tahap untuk menyeleksi setiap kandidat. Pada tahap awal, umumnya perusahaan akan menyeleksi kandidat pelamar kerja melalui berkas lamaran kerja yang dipersyaratkan. 

Untuk mempersiapkan diri, ini dia syarat lamaran kerja yang wajib kamu miliki untuk melamar kerja. Ada apa saja, ya?

Syarat lamaran kerja

1. Curriculum Vitae (CV) atau resume

Satu dokumen wajib yang biasanya diminta ketika melamar kerja adalah CV atau resume yang berisi daftar riwayat hidup. Dari dokumen ini, HRD bisa mengenal setiap pelamar berdasarkan informasi yang dicantumkan. Kamu bisa menuliskan riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, sertifikasi dan pelatihan, skill atau kemampuan, hingga penghargaan-penghargaan yang pernah kamu dapatkan sebelumnya.  

Meski sering dianggap sama, informasi yang dicantumkan pada resume umumnya lebih singkat dan padat dibandingkan dengan CV yang bisa ditulis lebih mendetail pada lebih dari satu halaman. Karena CV dan resume mencerminkan setiap kandidat di skrining awal, pastikan kamu menyusun dan menulis informasi dengan baik dan menarik, ya!

Baca juga: 15 Rekomendasi Kampus dengan Program Kuliah Ekstensi D3 ke S1

2. Portofolio

Portofolio adalah dokumen yang berisi kumpulan hasil karya atau proyek yang pernah kamu lakukan di pekerjaan sebelumnya. Meskipun biasanya diperuntukkan bagi kandidat yang telah berpengalaman, para fresh graduate juga bisa mencantumkan hasil karya yang pernah dikerjakan selama kuliah atau magang, loh. 

Portofolio bisa memberikan gambaran sekilas tentang kemampuan pelamar kerja yang bisa menjadi pertimbangan selanjutnya untuk menentukan apakah kandidat tersebut sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Portofolio biasanya diwajibkan untuk lowongan kerja di bidang digital dan kreatif seperti graphic designer, fotografer, content writer, UI/UX designer, dan masih banyak lagi. 

3. Cover letter

Saat mengirim lamaran kerja, khususnya lewat email, baiknya kamu tidak hanya mengirimkan CV/resume dan portofolio saja. Kamu juga bisa mencantumkan cover letter yang menjelaskan diri kamu secara singkat dan tujuanmu mengirimkan email. 

Di cover letter, kamu pun bisa menjelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan bidang yang akan kamu lamar. Dari sini, recruiter juga bisa menilai minat dan kesesuaian kamu dengan lowongan kerja yang dibuka. So, jangan lewatkan untuk dokumen satu ini, ya!

4. Ijazah dan transkrip nilai

Beberapa perusahaan juga biasanya mencantumkan ijazah dan transkrip nilai sebagai syarat lamaran kerja. Untuk syarat satu ini, umumnya hanya ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan terakhir saja yang perlu kamu kirimkan. 

Dokumen ini seringkali diminta sebagai bukti valid dari riwayat pendidikan yang sebelumnya kamu cantumkan di resume atau CV sebagai syarat administratif. Oleh karena itu, ijazah dan transkrip nilai yang diberikan biasanya harus sudah dilegalisir oleh instansi pendidikan terkait. 

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

5. Identitas diri

Syarat lamaran kerja terakhir yang wajib kamu persiapkan sebelum melamar kerja berupa identitas diri mulai dari pas foto hingga KTP. Untuk pas foto, pastikan kamu mencantumkan foto terbaru yang profesional dan jelas. Sedangkan, untuk KTP atau kartu identitas, kamu hanya perlu melampirkan jika diminta oleh perusahaan. 

Namun, kamu juga perlu berhati-hati dan memastikan bahwa perusahaan yang akan kamu lamar adalah perusahaan yang dapat menjaga data privasi dan identitasmu. Jangan sampai, kamu terjebak di lowongan pekerjaan palsu atau di perusahaan yang akan menyalahgunakan data privasimu. 

Selain 5 syarat lamaran kerja yang wajib disiapkan di atas, beberapa perusahaan juga bisa saja memberikan persyaratan lainnya seperti SKCK, sertifikat, hingga surat keterangan sehat. Persyaratan tertulis lain seperti minimal pengalaman hingga minimal IPK juga perlu kamu cermati sebelum melamar pekerjaan. 


So, perhatikan dengan baik setiap syarat yang dicantumkan oleh setiap perusahaan, ya! Tetap semangat, semoga kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan impianmu. 


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.