Pasti Gampang Cari Kerja! Ini 6 Jurusan Bidang IT yang Prospek Kerjanya Menjanjikan

Jurusan Bidang IT – Di era digital sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang berfokus menciptakan teknologi dan solusi baru yang membuat kehidupan sehari-hari masyarakat menjadi lebih mudah dan efisien. Tentu dalam proses mewujudkannya, orang-orang IT akan banyak berperan.

Maka dari itu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak sekali pilihan jurusan bidang IT yang juga mulai berkembang di banyak kampus. Tentu ini menjadi langkah yang bagus untuk kamu yang memiliki karir cemerlang di masa depan, karena lulusan IT banyak sekali dibutuhkan perannya.

6 Jurusan Bidang IT yang Prospek Kerjanya Menjanjikan

jurusan bidang IT

Sekarang ini sudah banyak jurusan bidang IT yang dibuka di berbagai perguruan tinggi. Karena IT adalah bidang yang sangat kompleks, maka dari itu mulai ada perpecahan jurusan. Berikut jurusan-jurusan IT yang bisa kamu pilih:

1.    Ilmu Komputer

Pilihan pertama adalah jurusan Ilmu Komputer yang tentu akan mempelajari seputar ilmu komputasi, perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak (software), dan berbagai pemrograman komputer. Mahasiswa jurusan ini akan memiliki keterampilan dalam menyusun algoritma dan juga pemrograman untuk bisa mengembangkan aplikasi maupun perangkat lunak.

2.    Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer ini juga menjadi jurusan yang banyak diminati setelah masyarakat sadar akan kemajuan digital. Berbeda dengan jurusan Ilmu Koputer, jurusan ini akan mempelajari Ilmu Rekayasa Komputasi yang nantinya akan dipadukan dengan Ilmu Komputer dan Ilmu Teknik Elektro.

Mahasiswa jurusan ini akan belajar mengenai cara kerja komputer, dan akan memiliki keterampilan desain dan rekayasa sistem perangkat keras digital. Jaringan komputer, sistem embedded, mikrokomputer dan perangkat lain yang berbasis komputer juga akan termasuk dalam pembelajaran yang dipelajari.

Baca juga: 20 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

3.    Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi ini adalah jurusan yang akan mempelajari perpaduan Ilmu Komputer, Manajemen dan Bisnis. Jurusan ini akan mempelajari cara membuat dan mengoperasikan perangkat keras dan lunak tertentu supaya bisa berinteraksi dengan data. Mengumpulkan, menyaring dan mendistribusikan data juga akan dipelajari mahasiswa jurusan ini.

Perusahaan akan membutuhkan lulusan jurusan ini karena memiliki keterampilan dalam mengidentifikasikan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data, merancang sistem yang diperlukan oleh perusahaan, serta pemrograman dan teknologi komputer untuk mendukung suatu bisnis atau perusahaan.

4.    Teknologi Informasi

Selanjutnya ada juga jurusan Teknologi Informasi yang akan mempelajari solusi-solusi dalam teknologi komputer yang bisa diterapkan di berbagai bidang, mulai dari Pemerintahan, pendidikan, kesehatan, termasuk juga di bidang bisnis dan perusahaan.

Jurusan ini berfokus pada pemrograman dan pengembangan software atau aplikasi. Mahasiswanya akan memiliki keterampilan dalam mengimplementasikan data di sistem/teknologinya, pengembangan perangkat lunak, pengembangan sistem informasi berbasis cloud, AI dan lainnya.

5.    Manajemen Informatika

Jurusan Manajemen Informatika merupakan bidang IT yang akan mempelajari penggunaan teknologi, khususnya pada pengumpulan dan pengelolaan informasi untuk keperluan pengembangan bisnis.

Tujuan dari adanya bidang ini adalah agar bisnis dari perusahaan yang bersangkutan akan semakin efektif dan efisien. Mahasiswa jurusan Manajemen Informatika akan dibekali ilmu bisnis dan juga ilmu manajemen agar kalian bisa memahami apa yang sebuah bisnis butuhkan dan menerjemahkannya ke dalam pemrograman.

6.    Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Rekomendasi terakhir adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, yang akan berkutat dengan teknik dan prinsip dalam membuat software. Lulusannya akan terampil dalam desain dan analisis algoritma, pemrograman, dan penggunaan struktur data yang efisien, termasuk mengembangkan sistem informasi dan aplikasi. Jurusan ini tidak akan jauh-jauh dari Coding, Desain dan Algoritma karena ketiganya akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak.

Demikianlah 6 jurusan bidang IT yang bisa jadi referensi bagi kamu untuk memiliki masa depan yang menjanjikan. Kamu tertarik melanjutkan di jurusan mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.