apa itu masa sanggah CPNS

Apa Itu Masa Sanggah CPNS? Ini Jadwal dan Cara Melakukan Sanggah yang Benar

Apa Itu Masa Sanggah CPNS – Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS sudah mulai keluar sejak 14 September 2024 sampai dengan 19 September 2024 ini. Sesuai dengan Surat Plt Kepala BKN No. 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024, setelah pengumuman ini akan dilanjutkan dengan masa sanggah yang berlangsung pada 20-22 September, dan masa jawab sanggah pada 20-24 September 2024.

Nah, bagi kamu yang belum lolos dalam seleksi administrasi CPNS ini, kamu perlu mengetahui apa itu masa sanggah CPNS, karena kamu mungkin akan membutuhkannya.

Apa Itu Masa Sanggah CPNS?

apa itu masa sanggah CPNS

Masa sanggah ini merupakan kesempatan yang diberikan untuk pelamar CPNS yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) di pengumuman seleksi administrasi. Peserta CPNS yang dinyatakan tidak lolos akan mendapatkan waktu 3 hari setelah masa sanggah diumumkan.

Sanggahan ini sendiri hanya bisa diajukan jika pelamar yakin bahwa dokumen dan persyaratan yang sudah diunggah sesuai, dan keputusan yang diambil oleh instansi pada verifikasi tersebut salah. Kesalahan tersebut juga bukan merupakan bentuk kelalaian atau kekeliruan pelamar dalam mengunggah dokumen.

Dalam masa sanggah ini, setiap instansi akan kembali melakukan verifikasi ulang untuk peserta yang melakukan sanggah. Mereka akan melakukan pemeriksaan kembali kesesuaian persyaratan baik yang umum maupun khusus, dengan yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan dokumen persyaratan yang diajukan oleh pelamar. Jadi dengan begitu tidak ada pelamar yang merasa dirugikan dari hasil seleksi.

Untuk alasan sanggahnya harus diisi dengan benar, realistis dan tidak mengada-ngada sesuai berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya. Bagi pelamar yang menyadari ada kesalahan saat mengunggah dokumen persyaratan maka disarankan untuk tidak menggunakan fitur sanggah karena tidak akan mengubah hasil verifikasi.

Cara Melakukan Sanggah yang Benar

Saat membuka pengumuman hasil seleksi administrasi, akan muncul tampilan formulir sanggah yang berisi persyaratan yang tidak terpenuhi. Dengan itu, peserta yang tidak lolos akan mengetahui berkas mana yang menjadi penyebab tidak lolos seleksi. Jika dirasa berkas sudah sesuai, peserta bisa melakukan komplain dengan menggunakan fitur Ajukan Sanggah. Begini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka laman https://sscasn.bkn.go.id/
  • Login dengan Nomor Induk Kependudukan dan Password yang sudah didaftarkan, lalu masukkan kode CAPTCHA
  • Laman akan menampilkan hasil resume peserta
  • Gulir ke bawah untuk melihat hasil seleksi
  • Jika muncul tulisan “Mohon Maaf, Anda tidak lolos tahap administrasi karena…”, silahkan cek kembali penyebab tidak lolos tahap administrasi yang dijelaskan di sistem
  • Klik Ajukan Sanggah
  • Setelah itu laman akan menampilkan form sanggah yang berisi informasi syarat yang tidak terpenuhi, dokumen yang sudah diunggah pelamar, dan kolom isian alasan sanggah, cek kembali
  • Silahkan klik Lihat untuk melihat dokumen yang sudah diunggah di seleksi administrasi
  • Isikan alasan sanggah, contoh untuk kualifikasi pendidikan: Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan yang didaftarkan) sudah sesuai dengan persyaratan, mohon dicek kembali
  • Centang kotak disclaimer kesediaan menanggung akibat hukum jika isian yang dibuat tidak sesuai dokumen
  • Jika sudah, klik Akhiri Proses Sanggah

Setelah mengklik akhiri proses sanggah, akan muncul tampilan “Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan?”, jika sudah yakin silakan pilih “Iya” dan proses sanggah sudah berhasil diajukan.

Demikianlah penjelasan apa itu masa sanggah CPNS dan cara melakukan sanggah yang benar. Jadi jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan bagi kamu yang belum lolos. Nah setelah lolos administrasi, saatnya belajar untuk persiapan SKD dan SKB. Yuk maksimalkan dengan ikut bimbel CPNS Indonesia College, akan ada materi lengkap akurat dan try out progresif. Segera daftar di sini untuk dapatkan harga spesialnya.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.