jurusan kuliah di IPB

5 Jurusan Kuliah di IPB yang Tidak Ada di Kampus Lain, Apa Saja?

Jurusan Kuliah di IPB – Institut Pertanian Bogor menjadi salah satu perguruan tinggi ternama yang memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Ada beragam pilihan jurusan yang disediakan di kampus ini, dan hampir semuanya berfokus pada ilmu pertanian dan kehutanan. Nah, sudah tahu belum kalau di IPB ada jurusan kuliah yang tidak ada di kampus lain? Kira-kira jurusan apa saja yang hanya ada di IPB?

Jurusan Kuliah di IPB yang Tidak Ada di Kampus Lain

jurusan kuliah di IPB
Sumber: IPB

Setidaknya ada 5 jurusan yang hanya ada di IPB dan belum ditemukan di kampus lain. Berikut di antaranya:

1.    Biokimia

Jurusan pertama adalah jurusan biokimia, yang saat ini sudah sudah mendapatkan akreditasi Unggul berdasarkan Keputusan LAMSAMA No. 089/SK/LAMSAMA/Akred/S/IX/2023.

Mahasiswa jurusan ini dididik untuk menguasai prinsip dasar dan metode ilmu biokimia dan aplikasinya di bidang kesehatan, pertanian, industri dan juga lingkungan. Lulusannya akan memiliki wawasan keilmuan tinggi dalam merumuskan dan juga menerapkan konsep dasar ilmu biokimia melalui penelitian laboratorium. Selain itu mahasiswanya akan memahami prinsip dan prosedur analisis biokimia dalam proses metabolisme dan karakterisasi biomolekul.

2.    Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Jurusan ini akan mempelajari pengolahan sumberdaya dan lingkungan dari perspektif teori ekonomi dan mengkaji dampaknya bagi masyarakat secara keseluruhan, baik untuk pelaku itu sendiri maupun penerima dampaknya. Jurusan ini akan mengembangkan 3 bidang keilmuan, yaitu Ekonomi Pertanian, Ekonomi Sumberdaya, dan Ekonomi Lingkungan.

Lulusan jurusan ini berpotensi menjadi analis, perencana, asisten peneliti, dan sociopreneur di bidang ekonomi pertanian, sumber daya dan lingkungan yang sangat fleksibel untuk melamar kerja di  banyak instansi atau perusahaan nasional/internasional.

Program Studi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB sudah terakreditasi Unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 11543/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/X/2021.

Baca juga: Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Universitas Gadjah Mada, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

3.    Ilmu Keluarga dan Konsumen

Program studi ini masuk dalam Fakultas Ekologi Manusia dan sudah terakreditasi Baik berdasarkan Surat Keputusan dari BAN-PT No. 933/SK/BAN-PT/Ak.P/S/III/2024

Program studi ini mengembangkan ilmu keluarga dan konsumen, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumberdaya manusia.

Jurusan ilmu keluarga dan konsumen ini terdiri dari 3 bidang keilmuan, yaitu: Ilmu keluarga, yang berfokus pada perkembangan ilmu keluarga yang bertujuan untuk ketahanan fungsi keluarga sebagai institusi sosial. Ilmu Perkembangan Anak, yang membangun keilmuan dan teknologi yang relevan untuk tumbuh kembang anak secara holistik, melibatkan perkembangan fisik-motorik, sosial-emosi, kemampuan kognitif, dan moral karakter untuk menciptakan generasi yang berkualitas.

Terakhir ilmu konsumen dan ekonomi keluarga, yang mengembangkan perilaku keluarga dan pengalokasian sumberdaya yang dimiliki berdasarkan prinsip ilmu konsumen dan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Baca juga: 15 Pilihan Prodi Amikom Yogyakarta dan Akreditasinya

4.    Meteorologi Terapan

Program studi ini masuk dalam Departemen Geofisika dan Meteorologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Untuk kamu yang ingin mempelajari lebih dalam seputar atmosfer dan hidrosfer yang berkaitan dengan gejala alam cuaca, iklim, dan juga daur hidrologi akan cocok untuk mengambil jurusan ini. Mahasiswanya akan belajar aplikasi ilmu meteorologi terapan untuk perencanaan pertanian, pengelolaan sumber daya alam, penanggulangan bencana dan juga perlindungan lingkungan.

Program studi Meteorologi Terapan IPB sudah terakreditasi Unggul dengan berdasarkan SK LAMSAMA No. 016/SK/LAMSAMA/Akred/S/III/2023.

5.    Statistika dan Sains Data

Terakhir ada jurusan statistika dan sains data yang sudah terakreditasi Unggul berdasarkan SK No. 12193/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XI/2021.

Lulusan jurusan ini disepakati bisa diandalkan dan cepat beradaptasi untuk menjawab kebutuhan dan tantangan kerja yang dihadapi. Mahasiswanya mendapatkan proses pembelajaran yang baik dan berkualitas, sehingga mendukung mahasiswanya menjadi lulusan yang berkompeten di bidangnya.

Demikianlah 5 jurusan kuliah di IPB yang tidak ada di kampus lain. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memilih sala satunya? Yuk tingkatkan peluang masuk kampus impian dengan bimbel di Indonesia College! Kamu akan dapat materi lengkap akurat yang mirip dengan aslinya, diajarkan oleh tentor profesional di bidangnya. Segera ambil kesempatan ini di sini dan dapatkan harga khusus, terbatas.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranBimbel KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.